Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

Posted on

Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

Cara Ternak Burung Kolibri Wulung – Burung Kolibri merupakan salah satu hewan yang sangat dicintai oleh para pecinta hewan, sebab burung ini memiliki bulu yang cantik, indah serta menawan. Selain menjadi hobi untuk mengoleksinya, kolibri wulung juga bisa di jadikan ajang bisnis dengan cara beternak. Sudah banyak orang yang menggunakan waktu luang mereka dengan budidaya burung. Karena memang menjanjikan, beternak burung memberikan peluang penghasilan yang cukup banyak.

Sekarang ini sudah banyak perlombaan kicau yang di lakukan pada beberapa tempat. Artinya, kerja keras kalian di dalam berbudi daya burung nantinya tidak akan sia-sia. Kolibri Wulung merupakan spesies burung yang banyak sekali peminatnya. Burung ini juga di kenal dengan sebutan Kolibri Mancang atau Kaca. Jenis burung ini mempunyai kelebihan dengan karakteristik unik, yaitu dari segi penampilan yang sangat cantik mungil.

Selain itu juga, burung ini mempunyai suara khas sebagai bentuk anugerah kicaunya yang luar biasa. Kicauan burung ini berupa suara besetan atau crecetan dengan nada yang relatif keras. Pada waktu berkicau, burung kolibri wulung akan menurunkan sayapnya hingga setengah badan sembari dengan menggoyangkan badannya. Nah, untuk menjaga kesehatannya, kalian dapat memahami Cara Ternak Burung Kolibri Wulung berikut dengan seksama.

Baca Juga :   Mitos Memelihara Burung Kutilang Emas

Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

1. Pembuatan Kandang

Pertama yang harus di persiapkan adalah dengan menentukan pembuatan kandang. Tidak usah terlalu besar, asalkan tinggi kandangnya sudah umum dan cukup untuk lingkup burung tetapi jangan terlalu kecil. Biasanya kandang yang di buat mempunyai ukuran 75 cm X 75 cm X 100 cm. Sangkar burung ini biasa di jual di kios ternak, kalian bisa membeli dengan harga yang variatif. Mahal tidaknya harga kandang tergantung dari model unik atau tidaknya sangkar.

2. Pemilihan Induk

– Induk di pilih berdasarkan kesehatan sang burung, baik fisik atau jiwanya. Pastikan kalian telah memilih burung Kolibri Wulung yang tidak cacat, kalian bisa melihat dari setiap sisi tubuhnya.
– Kenali gerakan lincahnya, karena ini akan menjadi tanda bahwa burung kolibri wulung sehat sehingga kalian bisa memilihnya. Pastikan juga nafsu makan sang ternak cukup baik.
– Jenis burung yang banyak di pilih adalah jantan, sebab memang kemampuan kicaunya lebih bagus dari pada jenis burung betina. Akan tetapi pilihan betina juga berguna sekali untuk proses penjodohan untuk menghasilkan generasi berikutnya yang lebih baik dan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik lagi. Dengan begitu ada baiknya jika kalian memilih keduanya.

3. Pemberian Pakan

Seperti halnya burung lainnya, burung Kolibri Wulung juga makan voer yang di dampingi dengan asupan nutrisi dari pakan lainnya. Jadi, tidak setiap hari kalian harus memberikan pakan voer pada burung kolibri. Berikan serta ef seperti ulat hongkong, kroto sampai dengan jangkrik. Untuk pemberian jangkrik kalian bisa memberikannya empat ekor saja, jangan sampai terlalu banyak.

4. Pemberian Pakan Pendamping

Pakan pendamping diberikan dengan memperhatikan nutrisi yang ada di dalamnya. Biasanya, kolibri wulung menyukai buah pisang jenis kepok. Kalian bisa memberikannya sebagai asupan sampingan dari voer. Buah pisang kepok juga dapat membuat sang burung berkicau gacor.

Baca Juga :   12 Cara Membuat Kucing Akrab Dengan Kucing Lain

5. Ketersediaan Air

Memberikan pasokan air sesuai dengan kebutuhan, karena menjadi sumber hidup burung. Biarkan air selalu ada di sangkarnya yang di taruh pada wadah air. Setiap paginya, gantilah air dengan yang baru dan kemudian bersihkan wadahnya. Dengan begini tidak ada kotoran yang menempel dan burung akan terbebas dari bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada burung. Selain air, juga berikan burung Kolibri Wulung susu kental, madu atau pun air gula.

6. Ajak Bersiul

Cara mudah untuk melatih supaya burung Kolibri Wulung menjadi jinak yaitu dengan bersiul di depannya setiap pagi. Selain menjadi semakin akrab dengan kalian, bersiul juga membuat kolibri ingin melakukan hal yang sama. Artinya burung akan terdorong untuk melakukan kicauan mereka.

7. Dekatkan Masing-Masing Jenis Kelamin

Usahakan kalian mendekatkan burung dalam sangkar satu dengan lainnya yang berjenis kelamin beda. Dekatkan antara kolibri jantan dengan burung kolibri betina, agar sang burung tidak terlalu stress. Cara ini juga memudahkan kalian untuk membuat keduanya makin cocok, sehingga proses untuk menjodohkan semakin baik dan cepat.

8. Pemberian Vitamin

Fungsi pemberian vitamin ini adalah untuk menunjang kesehatan burung kolibri serta memberikan kekebalan tubuh. Kalian bisa membandingkan burung yang sama sekali tidak diberikan suplemen dengan burung yang telah di berikan suplemen. Tanpa vitamin burung rentan sakit sehingga angka kematian juga akan semakin bertambah banyak jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat. Harga dari vitamin ini cukup terjangkau dan kalian bisa membelinya di kios ternak yang menjual pakan burung serta kebutuhan lainnya.

9. Memandikan

Kalian bisa memandikan burung kolibri wulung setiap pagi hari pada jam 7 dan sore hari pada jam 3. Waktu-waktu tersebut adalah waktu yang efisien untuk menyegarkan tubuh burung kolibri. Selain akan terlihat bersih, memandikan burung juga senantiasa akan membuatnya terlihat terasa lebih segar bugar.

Baca Juga :   Teknik Budidaya Kerang Darah

10. Penjemuran

Penjemuran di lakukan setelah kalian memandikan sang burung. Adapun waktu yang pas untuk penjemurannya yaitu di jam 7 – 8 pagi. Karena cahaya matahari di jam tersebut akan memberikan pengaruh baik pada burung terutama dalam pemberian vitamin D.

Itulah pembahasan tentang Cara Ternak Burung Kolibri Wulung secara lengkap. Dengan mengetahui bagaimana cara ternak burung kolibri wulung ini, maka aanda bisa memulai dan persiapkan dulu dari sekarang. Terima kasih.

Baca juga:

10 Cara Budidaya Mentok Secara Intensif Dan Tips

Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh