Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh

Posted on

Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh

Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh – Mempunyai hewan peliharaan yang bisa dibawa kemana mana memang suatu hal yang menyenangkan. Karena kita tidak tahu kita akan pergi sampai berapa lama jika mudik tiba. Karena itulah, kita harus membawa hewan peliharaan dirumah supaya bisa tenang saat berlibur. Nah, salah satu hewan peliharaan yang banyak di pilih adalah kucing. Lalu bagaimana jika anda pergi selama beberapa hari dengan membawa kucing? Berikut ini ke Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh.

1. Gunakan mobil pribadi jika ingin pergi bersama kucing peliharaan

Saat kita melakukan perjalanan jauh bersama kucing, sebaiknya pakai kendaraan pribadi khususnya mobil daripada memakai kendaraa umum. Itu disebabkan pemakaian kendaraan pribadi tak beresiko hewan peliharaan kucing anda menganggu orang lain.
Disamping resiko gangguan pada orang lain, pemakaian kendaraan umum ketika berpergian dengan kucing juga dapat mengakibatkan kucing kita mengalami stress, bingung dan juga ketakutan. Anda bisa merawat kucing dengan manja supaya kucing menurut khususnya saat diperjalanan.

2. Bawa dokumen penting dari kepemilikan kucing

Jika anda membawa kucing bepergian, jangan lupa untuk membawa dokumen kepemilikan kucing dan dokumen penting terkait kucing lainnya. Misalnya saja bukti imuniasai, bukti rekam medis kucing, dokumen keterangan sehat sang kucing.
Persiapkan dokumen penting tersebut terutama bila anda mau melakukan perjalanan keluar negara atau kewilayah mana saja. selain itu, kucing peliharaan juga harus sudah divaksinasi guna menghindari dampak kucing yang tak divaksin.

Baca Juga :   Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

3. Persiapkan semua hal yang benar sebelum keberangkatan

Ada banyak sekali persiapan sebelum anda melakukan perjalanan dengan kucing kesayangan. Hal hal yang harus kita persiapkan diantaranya:

  • Persiapan pertama untuk kucing kesayangan ialah menyiapkan minuman dan makanan. Anda juga harus mengkalkulasi keperluan makanan maupun minuman selama dalam perjalanan. Lebih baik juga anda persiapkan vitamin bagi kucing supaya tidak hilang nafsu makannya.
  • Umumnya kucing yang dimasukkan ke mobil supaya tenang perlu dilakukan beberapa hal. Salah satunya ialah anda harus membawa kucing sesering mungkin bepergian naik mobil.
  • Anda juga bisa membawa beberapa mainan yang disukai kucing. Diantaranya kandang kucing, kasur kucing, tenda, alas, maupun lainnya.
  • Anda juga harus mempersiapkan obat mabuk sebagai obat penenang bagi kucing. Hal ini adalah langkah penting supaya kucing tenang didalam mobil. Pada saat kucing di ajak perjalanan jauh, dirinya mengalami stres, gelisah, serta tidak tenang. Disebabkan oleh kejenuhan selama dalam perjalanan. Setelah di berikan obat penenang dengan dosis yang tepat dari resep dokter agar perilaku kucing menjadi lebih tenang.

4. Rencanakan pemberhentian untuk beristirahat

Dalam perjalanan jauh, kita juga harus merencanakan tempat dimana nantinya harus berhenti untuk beristirahat. Tujuannya ialah mengurangi rasa letih
karena perjalanan jauh yang dilakukan. Baik itu bagi kucing maupun kita supaya tidak terlalu capek dalam perjalanan.

5. Buatlah kucing selalu merasa tenang

Supaya perjalanan yang dilakukan bersama kucing bisa berjalan lancar, sebaiknya selalu perhatikan serta jaga kradaan kucing supaya bisa tenang sampai perjalanan yang dilakukan sudah selesai.
Jika kucing peliharaan anda mulai menunjukan rasa gelisah, maka kita bisa menghentikan perjalanan dulu. Buatlah kucing menjadi jinak supaya dengan gampang kita buat dirinya tenang meskipun dalam perjalanan sekalipun.

Baca Juga :   Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

6. Hindari membawa kucing sendirian tanpa teman

Sebaiknya, kita membawa kucing dalam perjalanan bukan hanya satu kucing. Sehingga ada teman ketika kucing tersebut merasa stress. Anda bisa membawa temannya juga supaya lebih tenang dan tidak terlalu bingung saat diperjalanan. Sama dengan manusia, hewan kucing juga membutuhkan sosok teman ketika dirinya merasa susah dan gelisah.

Karakteristik Kucing

Nah, selain hal hal diatas, kita juga perlu tahu apa saja karakteristik sang kucing. Berikut ini ulasannya.

1. Kucing gampang gelisah atau disebut dengan Neurotic

Jenis kucing yang termasuk kedalam kategori neurotic pada dasarnya selalu gelisah, gampang curiga, pemalu, bahkan takut pada manusia khususnya orang asing. Bila ada tamu datang kerumah, jenis kucing ini langsung kabur. Sehingga bila kucing dirumah anda termasuk dalam kategori ini, maka siapkan banyak tempat persembunyian berupa kardus bekas.

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi atau disebut dengan Extraverted

Sebenarnya kucing termasuk kegolong hewan yang punya rasa ingin tahu cukup tinggi. Sementara kucing jenis ini memerlukan banyak stimulus disebabkan dirinya gampang bosan.
Bila dirinya merasa bosan, maka akan merusak apa yang ada disekitarnya. Jika hal ini terjadi, anda dapat mengajak kucing tersebut bermain atau menyiapkan permainan agar dirinya tidak bosan dengan keadaan tersebut.

3. Kucing juga suka mendominasi

Pada jenis kucing ini pada dasarnya akan merasa sangat berkuasa. Biasanya dirinya akan membuat kondisi rumah yang ada kucing lainnya menjadi tak terkendali. Itu karena kucing jenis ini suka mengambil yang menjadi milik kucing lain baik itu makanan, mainan, atau bahkan kotak kotoran sekalipun.

Jika dirumah anda memiliki kucing jenis ini, sebaiknya buatkan setiap kucing rumah yang diberi wadah untuk makan, minum, maupun tempat kotak kotoran yang tak sama. Lalu anda juga harus meletakkan peralatan tersebut di tempat berbeda. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan antara kucing satu dengan lainnya.

Baca Juga :   7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah

Nah, itulah beberapa Tips Membawa Kucing Perjalanan Jauh dan juga karakteristik yang dimiliki oleh kucing. Jadi, anda juga perlu mengenali setiap kucing yang anda miliki. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Budidaya Ikan Palmas

Cara Budidaya Ikan Black Molly