13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek

Posted on

13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek

13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek – Bebek adalah salah satu unggas yang banyak di pelihara selain ayam. Hewan ini dikenal mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan unggas yang lainnya. Meskipun demikian bukan berarti bebek tidak mengalami sakit. Bebek tetap bisa terserang penyakit, dan mungkin Anda adalah salah satu peternak yang sedang mengalaminya. Berikut ini beberapa cara pencegahan penyakit pada bebek:

1. Stress

Sebelum kalian mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit pada bebek maka kita perlu tahu pula keadaan yang sedang di alami. Salah satunya yang rentan terjadi adalah stress. Keadaan ini bisa disebut suatu cekaman yang di akibatkan oleh beberapa faktor pengganggu yang secara langsung mempengaruhi fisiologi tubuhnya. Contohnya adalah kebisingan, kurang kebebasan bermain di dekat air, sering berpindah-pindah tempat, dan pertukaran.
Cara pencegahannya adalah dengan menghindari segala gangguan yang memicu stress seperti menjaga lingkungan tenang dan nyaman. Sedangkan untuk obat stres sampai saat ini masih belum tersedia.

2. Kekurangan Vitamin A

Perlu diketahui bahwa pakan yang kurang akan nutrisi vitamin A mampu menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Ciri-ciri bebek yang kekurangan vitamin A adalah mudah mengantuk, kondisi kaki yang lemah, mata tertimbun oleh lendir warna putih dan mudah terkena infeksi. Selain itu, kurangnya vitamin A juga membuat penurunan bertelur bebek.
Cara pencegahannya adalah dengan memberikan pakan berupa jagung yang kaya akan vitamin A.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Siklus Hidup Jangkrik Yang Benar

3. Brooder Pneumonia

Penyakit ini biasanya rentan menyerang anak bebek yang masih lucu dan memiliki bulu-bulu halus. Brooder Pneumonia disebabkan oleh kotak mata atau pelingkar tripleks/seng yang terlalu padat, juga lampu pemanas untuk induk buatan yang kurang panas. Sehingga membuat anak bebek menjadi kedinginan dan pengap.
Cara pencegahannya adalah dengan melakukan kontrol kapasitas kotak atau pelingkar serta mengontrol tingkat panas pada induk buatan. Pencegahan ini juga dapat kalian lakukan dengan memberikan satu sendok soda dalam satu squart (1,136 liter) air minum selama 12 jam guna mengurangi penyebaran penyakit.

4. Rickets Duck

Sementara untuk rickets Duck atau disebabkan kekurangan vitamin D merupakan kondisi yang disertai kurang kalsium & fosfor. Keadaan ini dapat menimbulkan penyakit tulang bahkan dapat merapuhkannya.
Cara pencegahannya adalah memberikan pakan yang cukup mengandung mineral kalsium, fosfor da vitamin D. Tambahkan tepung tulang 2% ke dalam ransum bebek.

5. Antibiotika Dermatitis

Penyakit ini terjadi pada bebek karena penggunaan obat-obatan yang banyak mengandung antibiotika berlebihan. Akibatnya kulit menjadi kering , bulu rontok dan mudah patah, selalu gelisa karena gatal-gatal pada kulitnya.
Cara pencegahannya adalah dengan cara memberikan antibiotika seperlunya saja, jangan berlebihan. Selain itu berikan “laxative” (obat pencahar) ringan seperti “molasses” untuk memulihkan kondisi ternak anda.

6. Mycosis

Penyakit mycosis terjadi karena bebek secara tidak sengaja mengkonsumsi pakan yang telah basi atau telah jamuran. Makanan yang di konsumsi telah jamuran mampu membuat bebek keracunan dan membuat lesu.
Cara pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama pakan serta wadahnya, rutin mengganti pakan pada bebek agar tidak jamuran. Selain itu, pengobatan penyakit mycosis karena jamur dapat dilakukan dengan memberi antibiotika yang dicampurkan ke dalam air minum atau pakan.

Baca Juga :   9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

7. Botulism

Penyakit botulism atau limberneck pada bebek biasanya terjadi karena bebek telah makan bangkai. Contohnya adalah pemberian pakan seperti bekicot layu. Bangkai tersebut mengandung ulat berbahaya yaitu “clastrididium botulinium” yang memproduksi racun. Ciri-ciri yang bisa di kenali adalah leher bebek yang seperti tidak bertulang yang mengakibatkan lunglai hingga kematian.
Cara pencegahannya adalah dengan memelihara kesehatan lingkungan yang baik dan jangan memberikan makanan bangkai pada bebek. Berikan satu sendok minyak kelapa yang di campur pada air minum.

8. Keracunan Garam

Jangan salah, ternyata garam bisa menjadi faktor penyebab bebek sakit. Keracunan garam pada bebek terjadi saat air bebek atau kolam mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Biasanya hal ini sering terjadi pada ternak bebek di pantai.
Cara pencegahannya adalah dengan membuatkan kolam buatan yang berisi air bersih bebas dari kandungan garam.

9. Fowl Cholera

Kolera pada bebek disebut dengan penyakit Fowl Cholera. Penyebabnya adalah bakteri “Pasteurella Avicia”.
Cara pencegahannya adalah dengan menjaga kandang tetap kering, karena keadaan kandang yang basah serta lembab mampu menularkan dengan cepat. Selain itu perlu di lakukan juga vaksinasi Fowl Cholera. Tingkat awal dapat di berikan obat Choramphenicol, Tetracycline atau Preparat-preparat Sulfat.

10. Fowl Pox (Cacar)

Apa yang menyebabkan bebek terkena cacar? Penyakit yang mempunyai nama Fowl Pox ini terjadi oleh virus. Tanda-tandanya adalah dengan munculnya benjolan-benjolan pada bagian badan bebek yang tidak tertutup bulu seperti kaki dan kepala.
Cara pencegahannya bisa dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi yang disuntikan dibalik sayap bebek. Selain itu olesi kulit dengan yodium tingture (6-10%).

11. White Eye (Mata Memutih)

Penyakit mata putih atau white eye terjadi karena virus dan menyerang segala usia. Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan terramycin ataupun aureomycins dengan dosis 10 gram per 100 kg pakan atau 10 gram.

Baca Juga :   7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah

12. Coccidiosis

Penyakit coccidiosis menyerang semua usia bebek tandanya bebek mengalami penurunan nafsu makan. Cara mengatasi adalah dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan yang bisa di dapat dari toko penjual pakan hewan.

13. Coryza

Sebenarnya coryza adalah penyakit pilek pada bebek tetapi menular. Penanganan atau pencegahan yang paling efisien yaitu dengan menyuntikkan “Streptomycin Sulphat” secara individual dengan dosis 0,4 gram rendah.

Itulah pembahasan tentang 13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek yang bisa kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Ternak Burung Kolibri Wulung

10 Cara Budidaya Mentok Secara Intensif Dan Tips