4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah

Posted on

4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah

4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah – Durian merupakan nama buah yang paling populer di Indonesia. Bahkan buah durian ini juga telah dikenal hingga ke luar negeri karena memiliki aroma bau yang begitu khas. Tidak hanya itu, tampilan dari kulit buah ini juga membuat penasaran sebagian orang yang baru melihatnya. Di Indonesia banyak pihak yang telah membudidayakan buah durian sebagai peluang bisnis. Hal ini dikarenakan buah durian memiliki harga yang cukup tinggi pada saat-saat tertentu. Selain itu, menanam durian juga dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan mempunyai bibit durian.

4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah

Apabila tertarik untuk membudidayakan buah durian sebaiknya pilihlah bibit durian yang tepat. Bagi anda yang masih terbilang awam, memilih bibit durian yang mempunyai kualitas unggul mungkin akan sedikit kesulitan. Karena jika anda menginginkan buah durian yang baik, maka bibit yang akan anda tanam haruslah mempunyai kualitas yang unggul. Terdapat berbagai macam jenis atau varietas durian yang ada di Indonesia. Anda dapat dengan mudah memilih dan menentukan ingin menanam jenis durian yang bagaimana. Namun, sebelum memilih jenis bibit durian sebaiknya kita harus jeli sebelum memberlinya. Sebelum menentukan 4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah, berikut ini ciri-ciri bibit durian yang berkualitas.

Ciri Ciri Bibit Durian Berkualitas

  • Bibit durian haruslah terbebas dari penyakit yang terlihat dari fisiknya, baik dari batang ataupun daunnya.
  • Kondisi batang dan juga cabangnya akan terlihat kuat dan kokoh. Selain itu batang utama akan terlihat lurus, tegak dan tidak melengkung serta mempunyai banyak cabang disegala arah.
  • Bibit durian yang berkuaitas, setidaknya telaah berumur 6 bulan
  • Tinggi penempelan sekitar 10 cm dari pangkal leher batang
  • Bibit durian haruslah mempunyai tiggi yang optimal, yaitu sekitar 40 hingga 50 cm atau dapat juga disesuaikan dengann umurnya.
  • Diameter batang bibit durian setidaknya telah mencapai 1 cm hingga 1.5 cm.
  • Mempunyai banyak daun sedikitnya 8 – 10 helai daun.
Baca Juga :   Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis (Penanaman-Perawatan-Panen)

Cara Memilih Bibit Durian Berkualitas

Cara memilih bibit yang berkualitas dapat anda lakukan, dengan menentukan ciri-ciri seperti diatas. Selain itu anda juga dapat menentukan 4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Menentukan bibit durian

Pada umumya terdapat beberapa jenis durian yang unggul di Indonesia dan pada setiap jenisnya memiliki masa tanam yang bervariasi. Cepat atau lambatnya durian dalam berbuah tergaantung dari cara perawatannya dan jenis durian montong menjadi salah satu jenis durian yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Apabila anda memilih bibit durian yang berkualitas akan menghasilkan budidaya durian yang efektif dan memiliki peluang yang besar.

Selain jenis durian montong, ada banyak jenis durian yang dapat dengan mudah untuk cepat berbuah seperti durian bawor kaki tiga, durian kumbokarno, durian orange, durian sitokong, dan durian musang king. Dari masing-masing jenis bibit durian tersebut mempunyai kelebihann masing-masing. Selain itu, hasil panen durian akan ditentukan dari pemilihan bibit durian serta perawatan yang anda lakukan.

2. Melihat penampilan fisik

Sepeeti halnya penjelasan ciri-ciri bibit durian yang berkualitas di atas, anda dapat memilih bibit durian dengan melihat kondisi fisik dari pohon durian. Dengan melihat kekuatan dari pohon bibit durian tersebut, kondisi daun yang segar, mempunyai daun yang lebat, serta terhindar dari berbagai hama. Agar bunga durian tidak mudah rontok maka perlu dilakukan penyemprotan hama dan penyiraman secara rutin.

Bentuk dari pohon durian juga bervariasi tergantung dari jenis bibit durian tersebut. Bahkan bibit durian dapat dihasilkan dari biji maupun dari hasil cangkok. Selama masa perawatan jauhkan bibit durian dari berbagai macam hama serta gunakan berbagai macam pupuk buatan untuk mendukung pertumbuhan pohon durian.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Mengkudu Agar Berbuah Lebat

3. Mempelajari teknik tanam

Gunakan teknik tanam yang baik untuk mempercepat pohon durian berbuah da nada juga teknik pembuahan yang dilakukan di luar mudim panen. Teknik pemangkasan merupakan salah satu tekni yang dapat digunakan para petani durian di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat proses tumbuh buah dan menghilangkan berbagai hama yang ada di batang pohon durian. Jauhkan penanaman pohon durian dari pohon lain, agar pertumbuhan dari pohonnya tidak terlambat.
Kajian tentang teknik menanam pohon durian yang baik sangat penting untuk dipelajari karena dapat embantu perkembangan hasil panen.

4. Kekuatan bibit durian

Terdapat beberapa jenis pohon durian yang mempunyai kekuatan akar pohon yang lebih kuat dan mempunyai daya tahan lebih terhadap berbagai cuaca. Pohon durian yang akranya kuat pasti mempunyai daya tahan terhadap pupuk apapun. Karena penggunaan pupuk saangatlah penting untuk merangsang pertumbuhan pohon durian itu sendiri. Anda harus merawat pohon durian dan menghindarknnya dari serangan hama serta gulma.

Hama merupakan salah satu musuh terbesar dan sangat berbahaya bagi para pembudidaya durian. Apabila hama tersebut dibiarkan dapat menyebabkan kualitas buah tidak unggul dan akhirnya gagal panen. Pembasmian hama tersebut dapat anda lakukan dengan cara menyemprotkan cairan kimia diberbagai sisi yang banyak ditemukan hama dan bersihkan berbagai gulma yang ada disekitar pohon durian tersebjt agar pohon durian mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Nah, demikian pembahasan mengenai 4 Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah dengan mengetahui kualitas bibit yang lebih unggul dan dapat menghasilkan buah yang baik. Sehingga hasil panen dapat memberikan keuntungan yang besar bagi para pembudidaya. Semoga dapat meberikann manfaat dan infomasi bagi kita semua.

Baca Juga :   Cara Budidaya Jeruk Nipis Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Baca juga: