16 Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia “Paling Mudah”

Posted on

Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia Termudah

Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia – Bunga Sakura atau Cherry Blossom merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur. Akan tetapi, sebagian besar dari tanaman ini juga berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Negara-negara beriklim dingin lainnya. Sedangkan di Indonesia yang memiliki iklim cukup hangat kemungkinan tumbuh dan berkembangnya bunga sakura akan sangat minim. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk dapat menumbuhkannya dan menanam bunga ini di Indonesia. Sehingga terdapat Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia.

Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia Termudah

Di Negara jepang apabila telah memasuki musim semi, maka bunga sakura akan mekar dan mereka akan mengadakan tradisi hanami atau ohanami sebagai tradisi untuk menikmati keindahan bunga sakura. Hal ini biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang untuk menarik minat penduduk serta wisatawan dari seluruh dunia. Pada umumnya tradisi tersebut diadakan di taman sakura Hokkaido dan Okinawa diselingi dengan piknik di bawah pohonnya. Selain menikmati keindahan dari bunga sakura, pengunjung juga dapat menikmati pesona kebudayaan Jepang yang lainnya. Kebudayaa tersebut mulai dari arsitektur kastil jepang, kolam ikan koi, dan dapat juga sembari menikmati segelas the matcha Jepang.

Ternyata jadwal mekar bunga sajura di Negara jepang tidaklah sama pada tiap-tiap daerah. Kemunculan bunga ini dapat dimulai di Okinawa pada bulan Januari, dan umumnya mencapai Kyoto dan Tokyo pada akhir Maret atau awal bulan April. Selanjutnya ini akan berlanjut ke daerah-daerah dataran tinggi dan ke utara, hingga tida di Hokkaido beberapa minggu kemudian yang akan bertepatan dengan hari libur golden week. Sementara di Indonesia sendiri meskipun beriklim hangat beberapa tanaman sakura juga dapat kta jumpai di daerah Ancol, Kebun Raya Cibodas, Kota Batu, serta dapat tumbuh sedara liar di Pulau Sumba.

Baca Juga :   8 Cara Mudah Menanam Bunga Pucuk Merah Dengan Stek

Terdapat beberapa jenis pohon sakuran yang pada umumnya dibudidayakan, yaitu Someiyoshino, yamazakura, yaezaki no aku, edohigan, hikanzakura, shidaarezakura, fuyuzakura, dan sato nishiki. Tidak semua jenis pohon sakura tersebut ditanam hanya untuk dinikmati bunganya. Namun, beberapa diantaranya dapat ditanam diperkebunan untuk dipanen buahnya. Apabila anda tertarik untuk menanam bunga ini dipekaraangan rumah anda atau di kebun, maka berikut ini Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia yang dapat anda jadikan panduan. Caranyapun juga mudah dan tidak terlalu sulit.

Menanam Dengan Benih Pohon Sakura Yang Muda

Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga sakura juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang harum dengan cara merendam daun dan bunganya di dalam air garam. Maka dari itu, berikut ini panduan lebih lengkap cara menanamnya:

  1. Menyiapkan peralatan berkebun, seperti cangkul, sekop dan lain sebagainya. Jangan lupa sediakan juga bibit bunga sakura yang dapat anda beli di toko online atau kebun bibit yang berupa biji pohon sakura muda.
  2. Pilihlah tempat menanam pohon sakura yang banyak mendapatkan sinar matahari serta dekat dengan sumber air agar mudah dalam menyiraminya. Perlu anda ketahui bahwa tanaman ini dapt tumbuh di dataran tinggi hingga dataran rendah dengan suhu 18-26 derajat celcius. Anda juga dapat menanamnya pada media tanam pot yang memiliki diameter minimal 40 cm.
  3. Apabila anda memilih untuk menanam benih bunga sakura muda, maka galilah luabang dengan kedalaman 50 cm dengan sekop atau cangkul. Kemudian beri pupuk kompos dan letakkan benih bunga sakura dan letakkan jangan sampai merusak akar-akarnya. Selanjutnya tutup lubang dan buatkaah gundukan tanah setinggi 7.5 cm.
  4. Selanjutnya sirami dan perhatikan pertumbuhan pohon bunga sakura muda. Anda juga perlu menjauhkan dari gulma agar mendapatkan nutrisi yang cukup dan pertumbuhannya tidak terganggu.
Baca Juga :   5 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Lily Casablanca Di Rumah

Menanam Dengan Biji Pohon Sakura Di Dalam Pot

Jika anda lebih memilih menenam pohon sakura di dalam pot, maka akan lebih mudah untuk memindahkan pohon sakura ke temoat lain yang anda inginkan. Apabila anda memulainya dari biji, lebih baik menanamnya terlebih dahulu di dalam pot untuk menghidarkan dari gulma dan dari guyuran air hujan, berikut ini langkahnya:

  1. Siapkan biji pohon sakura dengan kualitas yang terjamin.
  2. Kemudian rendam biji ke dalam segelas air selama satu hari satu malam, agar merangsang proses perkecambahan.
  3. Selanjutnya rendam biji tersebut ke dalam larutan fungisida selama 5 hingga 10 menit untuk menghindari tumbuhnya jamur.
  4. Siapkan media tanam dengan takaran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 2:1:2. masukkan media ke dalam pot yang berdiameter 40 cm.
  5. Buatlah lubang kecil dengan jari telunjuk, masukkan biji sakura kemudian tutup kembali.
  6. Letakkan pot di tempat yang lembab selama 1 bulan dan sirami sekali sehari.
  7. Jika telah mencapi tinggi 5 cm pindahkan bibit sakura ke teras rumah atau tempat yang anda kehendaki.
  8. Lakukan penyiraman satu kali sehari secukupnya atau jika media tanam sudah tampak mengering. Beri pemupukan sebulan sekali.

Dikarenakan Indonesia merupakaan Negara yang beriklim hangat, maka akan cukup sulit untuk menanamnya apabila tidak memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Jika semua bunga sakura telah gugur, anda harus melakukan defoliasi, yakni membuang daun yang sudah tua dari pohon agar dapat mendorong tumbuhnya bunga serta daun baru.
  • Potong ranting pohon setahun sekali, namun bukan pada batangnya karena tidak dapat tumbuh kembali.
  • Biarkan daun yang gugur disekitar poho sakura, karena dapat menjaga kelembapan tanah dan bisa memberikan nutrisi.
  • Hilangkan lumut apabila tumbuh pada batang pohon sakura karena dapat menghambat pertumbuhan pohon tersebut.
Baca Juga :   7 Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula "Paling Mudah"

Nah, itulah uraian mengenai Cara Menanam Bunga Sakura Di Indonesia yang dapat anda lakukan untuk mempercantik pekarangan. Bunga sakura hanya akan tumbuh sekali dalam setahun dengan bunga yang hanya bertahan selama kurang lebih 7 hingga 10 hari. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat.

Baca juga: