Panduan Lengkap Cara Budidaya Gambas Yang Menguntungkan

Posted on

Cara Menanam Tanaman Gambas Untuk Pemula

Cara Budidaya Gambas – Untuk kali ini kita akan membahas salah satu jenis sayuran yang tergolong minor atau kurang begitu dikembangkan. Nama sayuran tersebut yakni gambas. Meski bisa digolongkan ke dalam jenis sayuran minor, gambas ialah salah satu sayuran yang cukup digemari.

Cara Budidaya Gambas

Hal ini karena rasanya yang enak dan menyegarkan di perut, pohon gambas ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya saja daunnya yang sering dimanfaatkan untuk lalapan ataupun untuk diolah menjadi obat sakit demam.

Pemilihan Lahan Budidaya Gambas

Bagi kalian yang ingin membudidayakan gambas untuk urusan bisnis, maka sebaiknya kalian mempelajari teknik budidaya gambas secara sungguh-sungguh. Di sini kami akan coba sampaikan beberapa informasi pokok mengenai budidaya gambas sehingga para pembaca sekalian setidaknya akan tahu gambaran tentang budidaya tanaman gambas setelah membaca tulisan ini. Kita akan mengawali pembahasa ini dengan mempelajari lokasi bagi tumbuh kembang tanaman gambas.

Gambas bisa hidup subur baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Yang terpenting yakni bahwa tanaman ini dapat tumbuh subur dengan kondisi udara kering, namun tetap memerlukan cadangan air yang cukup untuk sepanjang tahun. Lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang gambas yakni daerah dengan suhu antara 18 derajat hingga 25 derajat celcius dan tingkat kelembaban udara pada angka 50 atau 60 persen. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan segala jenis tanah, namun agar hasil panen optimal, kita sebaiknya memilih atau mengolah tanah hingga memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik.

Tahap Pembibitan Gambas

Penanaman gambas bisa kita mulai dari proses pembenihan maupun menanam langsung bibit tanaman gambas yang sudah siap tanam. Proses pembenihan dilakukan dengan mengambil biji-biji gambas dari buah yang sudah tua “berwarna kecoklatan dan kering”, selanjutnya biji-biji tersebut dikeringkan dan bisa mulai disemaikan. Penyemaian biasanya dilakukan di dalam toples yang berisi arang maupun abu sekam.

Setelah bibit tumbuh dan memiliki 3-5 daun, yang prosesnya kira-kira memerlukan waktu sekitar 2-3 minggu, bibit bisa mulai ditanam di atas lahan yang sesungguhnya. Lahan tersebut pastinya harus diolah terlebih dahulu, kira-kira 2 minggu sebelumnya dengan dibajak dan dipupuk. Selain itu perlu juga dibuat guludan atau bedengan di atas lahan, setelah itu kita buat lubang-lubang tanam di atasnya dengan jarak tanam sekitar 35 cm persegi.

Cara Menanam Gambas

Cara menanam gambas cukup mudah, bibit yang telah dimulai tumbuh tinggal kita tanam saja didalam lubang-lubang yang telah disiapkan. Kemudian satu hal lagi yang penting mengenai cara tanam gambas yakni bahwa waktu yang paling tepat untuk menanam bibit-bibit tersebut yakni ketika musim hujan, setelah itu tanaman harus kita siram secara teratur.

Selanjutnya yang penting juga dalam proses perwatan tanaman yakni menyediakan media rambat karena tanaman gambas termasuk tumbuhan yang merambat. Rambatan tersebut bisa kita buat dari kayu-kayu maupun bambu yang telah dikerjakan sedemikian rupa, kemudian kita tancapkan di samping masing-masing pohon gambas, bisanya pemasangan media rambatan ini akan dilakukan ketika gambas telah berumur 2 minggu.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Gambas Yang Memiliki Banyak Manfaatnya dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga: