Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

Posted on
Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Burung Manyar dan Ciri Khasnya Terlengkap

Burung Manyar dan Ciri Khasnya – Di dunia ini terdapat begitu banyak jenis burung dengan ukuran yang beragam, mulai dari ukuran paling kecil hingga yang paling besar. Salah satu burung yang memiliki ukuran kecil yaitu burung Manyar. Manyar merupakan jenis burung pemakan biji-bijian (granivora) dengan habitatnya di are terbuka seperti padang rumput, rawa, tepi hutan, dan persawahan. Musim perbiakan dari burung ini dimulai pada bulan April hingga Oktober yang mana seekor pejantan dapat mengawini lebih dari seekor betina. Hal ini tergantung dari kesempurnaan sarang yang dibuat oleh pejantan. Para betina akan memperhatikan dan menyelidiki terlebih dahulu sarang burung jantan dan apabila burung betina tertarik maka perkawinan dapat terjadi.

Cara Hidup Burung Manyar dan Ciri Khasnya

Ciri Khas Burung Manyar

Di wilayah Asia Tenggara terdapat 4 jenis burung manyar yang tiga diantaranya dapat ditemukan di Indonesia, yakni tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (ploceus manyar), dan manyar emas (ploceus hypoxanthus). Di Negara Indonesia burung manyar dikenal sebagai burung yang termasuk ke dalam marga Ploceus anggota suku Ploceidae. Burung manyar ini memiliki bentuk sarang yang unik bahkan dalam bahasa inggris dapat disebut sebagai “weaver bird” atau burung penganyam.

Sarang burung manyar memiliki desain yang unik dilengkapi dengan “pintu tipuan” berfungsi untuk mengelabuhi pemangsa. Padahal pintu tersebut terlihat menganga dan pintu yang sebenarnya tersembunyi. Pemangsa yang masuk melalui pintu tipuan akan menemui jalan buntu dan tidak terhubung dengan telur atau anak burung. Bahkan sarang tersebut dapat mencapai berat sekitar 1 ton. Berikut ini penjelasan mengenai Burung Manyar dan Ciri Khasnya.

Baca Juga :   2 Jenis Burung Beo Di Indonesia dan Karakteristiknya Lengkap

1. Ciri khas dari burung manyar yang masih muda dapat dibedakan dari warna paruh yang coklat sampai degan warna kehitaman. Bulu pada bagian kepalanya berwarna semburat kekuningan.
2. Bulu pada punggung burung manyar didominasi oleh warna hitam. Sedangkan pada bagian dada berwarna kekuningan.
3. Bentuk tubuh burung manyar jantan umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan tubuh dari burung betina.
4. Burung manyar memiliki suara yang lebih khas jika dibandingkan dengan burung yang lain.

Burung manyar selalu hidup dalam berkelompok serta memiliki sifat gotong royong yang tinggi. Terutama pada saat membangun sarang pohon pada cabang pohon yang tinggi. Umumnya terdapat kurang lebih sekitar 300 pasangan yang dapat tinggal dalam satu koloni. Makanan utama dari burung ini berupa biji-bijian san serangga-serangga kecil. Pada umumnya mereka dapat berburu dan mencari makanan pada semak-semak serta pada pohon akasia bersuri. Tidak hanya memiliki sifat gotong royong tinggi, ternyata burung ini juga begitu protektif pada keluarga dan kawanannya.

Burung Manyar dapat juga disebut sebaagai burung pekerja keras. Hal ini karena urung tersebut akan menjalin dan menganyam rumput kecil untuk dijadikan sarang yang aman dan kuat agar dapat ditempati oleh keluarganya. Umumnya burung ini akan istirahat hanya satu jam dalam sehari, selanjutnya mereka akan terus menganyam sarangnya hingga bisa dan siap untuk ditempati. Sering kali burung ini juga disebut sebagai burung penenun yang dapat membangun sarangnya dengan indah dan unik.

Makanan Burung Manyar

Habitat Burung Manyar dan Ciri Khasnya dapat kita lihat secara langsung serta dapat ditemukan dipinggir hutan, rawa, hingga padang rumput serta tidak jarang berada di persawahan. Manyar juga sering digunakan sebagai burung piaraan karena memiliki kicauan yang merdu. Umumnya burung ini menyukai makanan berupa biji-bijian yang bisa di dapatkan di lahan pertanian yang luas dan hutan-hutan. Selain itu, tidak jarang jika burung ini memakan serangga-serangga kecil sebagai pengganti bijian.

Baca Juga :   6 Makanan dan Minuman "Terbaik" Untuk Kucing Kampung

Akan tetapi bagi anda apabila ingin memelihara burung manyar sebaiknya tambahkan ekstra food yang berfungsi sebagai makanan tambahan. Penambahan makanan ini bertujuan agar burung manyar dapat tumbuh dengan sehat serta memiliki kicauan yang merdu.
Agar kicauan yang dikeluarkan burung manyar merdu dan lebih berkualitas. Akan lebih baik jika anda memberikan makanan seperti, beras merah, gabah, kroto, belalang, dan ulat hongkong. Karena beberapa makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik bagi burung.

Kicauan Burung Manyar

Hanya sebagian orang yang ingin memelihara burung manyar. Hal ini disebabkan karena mereka tidak yakin apakah burung manyar dapat mengeluarkan kicauan yang merdu atau tidak. Namun, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya apabila burung ini dilatih dan diberikan nutrisi yang tepat akan memiliki kicauan dan suara yang merdu serta lantang. Sehingga burung ini dapat dibandingkan dan tidak kalah dengan burung aduan lainnya seperti kenari, gelatik, kacer, mozambik, dan atau blackthroat. Perlu anda ketahui bahwa burung ini ternyata sangat populer dengan keahliannya dalam menyanyikan nada yang begitu merdu. Hal inilah yang menyadi penyebabab beberapa orang saat ini mulai tertarik dan ingin memelihara burung manyar sebagai hewan peliharaan.

Melatih burung amnyar agar memiliki suara yang nyaring dan indah harus dilakukan perawatan yang tepatagar manyar dapat berbunyi dengan baik. Seperti halnya apabila ingin memasterkan burung manyar ini harus disesuaikan dengan burung yang cocok agar kicauan yang dikeluarkannya juga indah. Anda dapat memasangkannya dengan burung gelatik, ciblek, burung prenjak, ataupun burung kenari. Sehingga anda dapat mengikutkan burung manyar dalam acara lomba burung kicauan.

Demikian pembahasan mengenai Burung Manyar dan Ciri Khasnya serta hal-hal yang berkaitan lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung manyar tersebut agar menjadi burung yang dapat diikutsertakan dalam lomba burung kicauan.

Baca Juga :   10 Ciri, Cara Hidup Burung Cendrawasih dan Jenisnya Terlengkap

Baca juga: