Cara Merawat Jalak Suren Di Musim Hujan

Posted on

Cara Merawat Jalak Suren Di Musim Hujan

Cara merawat jalak suren di musim hujan – burung jalak suren merupakan bagian dari burung beo, jalak suren mempunyai kemampuan dalam menirukan suara manusia walaupun tak sepintar burung beo.
Jalak suren ini memang jadi salah satu jenis burung populer yang ada di indonesia yang sekarang ini lebih populer daripada jenis burung jalak lain dan kerap diikutkan dalam lomba atau kontes kejuaran.

Banyak sekali jalak suren terpopuler, akan tetapi di indonesia sendiri, jalak suren jawa merupakan jenis terpopuler. Di dalam memelihara jalak suren tersebut memerlukan cara pemeliharaan dengan lebih spesifik ketika musim hujan agar keadaan kesehatan dari jalak suren tersebut tetap fit ketika musim hujan itu. Ketika musim hujan, keadaan udara yang lembab bisa jadi tempat suburnya kuman dan bakteri penyakit yang dapat membahayakan burung jalak suren sendiri.

Keadaan tubuh jalak suren ini yang lembab pun dapat menurunkan kesehehatan burung dengan drastis sekaligus mengakibatkan kutu serta tungau dapat berkembang biak dengan cepat di tubuh burung. Berikut kami akan bahas mengenai Cara merawat jalak suren di musim hujan.

1. Mengubah jadwal mandi

Sama halnya merawat burung dara waktu musim hujan, merawat jalak suren pada musim hujan pun perlu dirubah tak sama halnya dengan memandikan burung ketika musim kemarau. Jika jalak suren kadang dimandikan menggunakan bak keramba yang isinya air penuh, maka selama musim hujan cukup diisi setengahnya saja. Hal ini tujuannya supaya burung tak sepenuhnya membasahi tubuh ketika mandi.

Baca Juga :   12 Cara "Sukses" Budidaya Udang Hias Bagi Pemula

Selain itu, bila jalak suren tak mau mandi, maka jangan sekali kali memaksakan diri pada burung ini sebab ia mempunyai insting tentang kebutuhan mandi. Cuaca mendung selama musim hujan jadi penyebab utama burung malas mandi.

2. Tambahkan pemanas aman

Menambahkan jenis pemanas aman ini diperlukan sekali selama musim hujan supaya keadaan burung dapat tetap hangat. Harus diperhatikan pula bila burung mempunyai sistem pernapasan sensitif sekali jadi jangan memakai pemanas yang memicu asap sebab bisa membahayakan dan mematikan burung.

Cara paling baik saat menghangatkan tubuh dari jalak suren untuk pengganti matahari ialah memakai lampu neon maupun lampu yang mempunyai kandungan ultraviolet selain ada kandungan vitamin D. Pemakaian lampu saat ini makin penting dijalankan di waktu malam hari karena suhu udara menjadi semakin dingin.

3. Perhatikan kelembabannya

Selain menjaga burung jalak supaya tetap hangat ketika musim hujan, kalian juga harus memerhatikan kelembabannya. Bila tingkat kelembaban minim sekali, maka dapat mengakibatkan kulit burung jadi kering, bulunya rapuh dan pernafasan akan maki terganggu. Cara mengatasinya ialah menambahkan pelembab elektronik serta diletakkan di sangkar burung.

4. Tambahkan ekstra fooding

Menambahkan pakan tambahan penting sekali dilakukan supaya kesehatan burung dapat terjaga secara baik dan menambah kehangatan bagi burung. Kalian pun dapat menambahkan 2 hingga 3 ekor jangkrik setiap pagi serta sore hari dan perbanyaklah porsi ulat hongkong dan krotonya.

5. Bersihkan kadang secara teratur

Memastikan kebersihan kandang ketika musim hujan pun akan mengurangi bakteri yang ada di dalam kandnag jadi jalak suren tak gampang terserang kuman. Seperti yang sudah kita tau bahwa ketika musim hujan maka keadaan udara serta kandang akan jadi lembab dan lebih kerap basah jadi membersihkan kandang perlu dilakukan secara rutin tiap hari.

Baca Juga :   Cara Menjinakkan Parkit Bagi Pemula Agar Jinak

6. Hindarkan dari pemakaian atap seng

Hindarkan pula memakai bahan seng bahan atap kandang sangkar buung karena dapat meningkatkan kadar stress di burung jalak suren. Hindarkan pula memakai seng untuk atap burung dan hindarkan peletakan kandang jalak suren yang dibawa seng sehingga memicu berisik.

7. Menjemur jalak suren

Menjemur jalak suren ketika musim hujan penting sekali untuk menjaga kesehatan burung. Ketika musim hujan, sinar matahari muncul jauh lebih sedikit daripada musim kemarau. Ketika nampak sinar matahrinya sebentar saja, namun segeralah untuk menjamur jalak suren supaya memperoleh matahari cukup.

8. Kerodong sangkar burung

Bila udara saat musim hujan sudah makin dingin, maka sangkar dapat dikerodong sepanjang hari guna mengurangi hawa dingin itu. Selain tersebut, tempatkanlah pula sangkar di lokasi hangat dalam rumah misalnya ruang tamu maupun ruang keluarga agar burung tetap hangat.

9. Pehatikan pakan dan minumnya

Pemberian minum dan pakan untuk jalak suren pun perlu diperhatikan selama musim hujan. Voer pun harus dilakukan pergantian tiap 3 hari sekali dan lebih bagus lagi bila diganti setiap hari. Sementara untuk air minumnya harus diganti selama setiap menggunakan sikat guna menghiangkan kuman serta bakteri menempel di wadah itu.
Hindarkanlah ekstra food yang sudah basi misalnya jangkrik maupun ulat hongkong yang sudah mati karena bisa meningkatkan risiko penyakit jalak suren.

10. Tambahkan multivitamin

Vitamin pun perlu diberikan saat musim hujan bila pemberian voer dan ekstra foof masih kurang cukup. Selain itu, pakan yang diberikan kurang bervarian, sehingga multivitamin pun dpat diberikan guna mencukup keperluan nutrisi jalak suren. Pemberian vitamin ini kadang dicampur air minum dan perlu diganti setiap hari.

Baca Juga :   2 Manfaat Mengeluarkan Lidahnya Pada Anjing Serta Karakteristiknya Lengkap

11. Perhatikan penempatan kandang

Walaupun kandang jalak suren dipindah dalam rumah, namun sat musim hujan ada kemungkinan areanya masih mempunyai sirkulasi angin kencang.

Cara merawat jalak suren di musim hujan ini memang memerlukan perhatiana ekstra. Seperti tingkat kelembaban yang makin meningkat akan membuat pertumbuhan bakteri subur jadi perlu diatas dengan baik. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah ilmu pengetahuan kalian.

Baca juga:

Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren

Jenis Bunga Yang Cocok Untuk Pot Gantung