Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

Posted on

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

Ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda – walaupun terkesan menakutkan disertai bulu tubuhnya yang warnanya hitam, akan tetapi jalak kebo ini masih jadi pilihan pemelihara burung. Proses perawatannya pun mudah dan kicauannya ini lumayan bervariasi jadi sebagai alasan orang untuk menjatuhkan pilihannya di burung yang mempunyai nama latin acridotheres javanicus tersebut.

Untuk makannya kalian tinggal menyediakan jangkrik, voe, ulat hongkong, kroto, serangga dan buah-buahan misalnya buah pepaya. Jenis makanan yang umum serta mudah diperoleh dan juga tak mahal harganya.
Burung ini memperoleh nama jalak kebo sebab memang ia senang untuk bertengger diatas tubuh kerbau dan memiliki hubungan yang saling menguntungkan atau dikenal sebagai simbiosis mutualisme bersama kerbau. Dimana saat bertengger ini ia turut mencari serta memakan kutu yang terdapat di tubuh kerbau. Jalak memperoleh makanan sedangkan tubuh kerbau bisa menjadi bersih terhadap kutu yang mengganggu.

Karakteristik Jalak Kebo

Selain warnanya yang hitam keunguan ini ada bercak putih pula di bagian tubuhnya yang nampak jelas saat ia terbang. Selain tersebut ekor dan tunggirnya ini pun warnanya putih. Jalak kebo memiliki ukuran tubuh sedang yakni kurang lebih 25cm jadi tidak merepotkan maupun menyulitkan saat dipelihara. Burung ini pun bisa dikenali berdasarkan jambulnya yang pendek. Terkadang ia pun hidup dengan mengelompok kecil yang jumlahnya kurang lebih 4-6 ekor. Untuk menemukannya tak terlalu sulit sebab menyebar di asia tenggara, asia timur dan daerah kepulauan pada bagian barat indonesia.

Baca Juga :   10 Ciri, Cara Hidup Burung Cendrawasih dan Jenisnya Terlengkap

Jalak kebo tergolong burung pintar sebab ia dapat diajar maupun dilatih untuk berkicau dan menirukan sejumlah kata yang diucapkan oleh manusia. Oleh sebab itu suara jalak kebo yang sudah terlatih ini kerap dipakai suara masteran untuk burung lain. Baik dengan langsung maupun dengan cara merekamnya lebih dulu di perekam suara.

Jalak kebo yang sering dipelihara ialah yang kelaminnya jantan sebab bentuk tubuhnya yang nampak lebih tegap dan khususnya sekali sebab suaranya yang lebih bervariasi jadi lebih enak untuk didengarkan. Sebagian orang cenderung memilih jalak kebo jantan yang muda sebab mempertimbangkan fisiknya yang masih sehat serta bugar,bulunya ini masih terlihat kinclong dan pastinya harganya ini pun cenderung lebih murah sebab belum terlatih. Berbeda lagi jalak kebo yang sudah jadi dan suka berkicau yang kadang terjual dengan harga cenderung lebih mahal.

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

Bila kalian berencana untuk memelihara jalak kebo terutama yang jantan dan masih muda, berikut ini adalah Ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda :

1. Bentuk tubuh bulat panjang

Jalak kebo jantan mempunyai bentuk tubuh cenderung besar serta panjang, jadi saat dipegang ini akan berasa lebih berat serta berisi. Berbeda lagi dengan jalak kebo betina yang tubuhnya cenderung pendek.

2. Kloaka sedikit lebih menonjol

Jalak kebo jantan mempunyai kolaka atau saluran pembuangan feses dan urin yang terasa lebih menonjol daripada yang betina. Tonjolan tersebut bentuknya mirip dengan mengkrucut dan didaerah kloakanya ini ada sedikit bulu daripada betinanya.

3. Bentuk kepala nampak sedikit lebih kotak

Ciri lainnya yang dapat kalian perhatikan guna membedakan jalak kebo jantan serta betina ini ialah bentuk kepalanya. Kepala jalak kebo yang jantan kelihatan cenderung kotak daripada betina yang kelihatannya membulat.

Baca Juga :   6 Makanan dan Minuman "Terbaik" Untuk Kucing Kampung

4. Paruh cenderung panjang, kokoh dan tebal

Jalak kebo jantan pun bisa dikenal berdasarkan bentuk paruh yang lebih tebal, panjang dan kokoh. Berbeda dengan jalak kebo betina paruhnya ini cenderung pendek dan tipis.

5. Lebih aktif bersuara dan bergerak

Pergerakannya jalak kebo ini lebih aktif daripada betina. Demikian juga dalam hal suara maupun kicaunya. Sesudah jalak kebo jantan ini lebih aktif bersuara daripada betina. Sesudah kita bisa membedakan jalak kebo betina dan jantan maka bukan berarti kita sudah selesai tugasnya. Bagi kalian yang ingin memperoleh jalak kebo jantan dan masih muda maka ada sejumlah ciri berikut yang perlu diperhatikan.

6. Kaki tidka bersisik

Jalak kebo yang muda ini bisa dikenali berdasarkan yang masih bersih ataupun belum bersisik. Sisik tersebut tumbuh kadang di jalak kebo yang dewasa.

7. Warna kaki mudah dan nampak basah

Selain tidak bersisik bagian kakinya, jalak kebo jantan ini yang muda warnanya atau cerah serta terlihat basah. Bila sang ppenjual burung ini mengklaim jalak kebo jantan yang dijual masih mudah tetapi keadaan kakinya terlihat basah maka kalian harus hati-hati, bisa saja penjual ini membohongi kalian.

8. Corak kakinya bersih

Saat membeli jalak kebo kalian pun harus bisa melihat corak di kakinya apa masih bersih atau tidak. Bila coraknya bersih maka bisa jadi jalak kebo jantan ini masih muda.

9. Kukunya pendek

Hal lain yang perlu kalian waspadai ialah ketika membeli jalak kebo yakni kuku kakinya. Jalak kebo jantan muda ini kadang mempunyai kuku pendek walaupun hal lain sifatnya mutlak sebab jalak kebo jantan sudah dewasa pun dapat mempunyai kuku pendek bila rajin dipotong pemiliknya.

Baca Juga :   Cara Menjinakkan Anjing Galak Bagi Pemula

10. Paruh di bagian pangkal mulut basah

Kita pun bisa memperhatikan tubuh lain yakni paruhnya dimana jalak kebo jantan muda mempunyai paruh terlihat basah khususnya di bagian pangkal mulut.

Itulah tadi diantaranya Ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda. Dengan kalian memeprhatikan ciri diatas maka diharapkan tak salah dalam membeli dan memperoleh jalak kebo jantan yang benar masih mudah dan berbakat jadi lebih muda untuk dijinakkan serta dilatih dan juga tidak Cuma menghabiskan pakanannya saja. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

Tips Agar Ikan Nila Cepat Berkembangbiak