Cara Membuat Fermentasi Pakan Ayam Dari Sayuran

Posted on

Cara Membuat Fermentasi Pakan Ayam Dari Sayuran

Peternakan ayam menjadi salah satu hewan ternak yang secara ekonomis sangat menguntungkan mengingat kebutuhan akan ayam yang sangat tinggi di masyarakat. Dalam proses beternak ayam, pakan menjadi salah satu poin yang sangat penting untuk dapat dipenuhi dengan baik karena dapat menentukan bagaimana hasil dan kualitas ayam yang dihasilkan nantinya.

Salah satu jenis pakan yang memiliki banyak dampak positif dan manfaat yang dapat diberikan kepada ayam adalah pakan hasil fermentasi sayuran. Berikut penjelasan mengenai cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran yang dapat membantu menjadi salah satu pakan alternatif dalam penjelasan di bawah ini.

Manfaat Pakan Ayam Dari Fermentasi Sayuran

Seperti yang disebutkan diatas, pakan menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dengan baik dalam proses ternak ayam. Penyediaan pakan alternatif melalui proses tertentu seperti fermentasi terkadang dibutuhkan karena adanya beberapa kendala atau dampak positif yang dapat dirasakan. Berikut beberapa manfaat pakan ayam dari fermentasi sayuran diantaranya seperti :

  • Menjadikan pakan lebih memiliki nilai nutrisi yang jauh tinggi dibandingkan pakan ayam biasanya.
  • Menekan biasa pakan yang cukup tinggi ketika harus menggunakan pellet jadi karena sayuran yang digunakan dan bahan lain kebanyakan adalah limbah.
  • Menjadikan pakan ayam lebih awet disimpan dalam waktu yang cukup lama tanpa harus takut rusak.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Ayam Dari Sayuran

Seperti dalam penjelasan manfaat yang ada, pakan fermentasi untuk ayam dari sayuran dapat memberikan keuntungan lebih bagi peternak sehingga patut untuk dicoba dan dipelajari cara pembuatannya. Berikut ini beberapa langkah dalam cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran yang dapat dikatakan mudah diantaranya seperti :

  • Penyiapan bahan, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan fermentasi pakan ayam dari sayuran tersebut. Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya seperti Sisa sayuran yang dicacak kecil kecil, nasi aking, jagung giling, bekatul, konsentrat, ampas tahu, suplemen organic cair yang dapat dibeli di toko peternakan, serta air secukupnya.
  • Pencampuran bahan, setelah semua bahan yang dibutuhkan tersedia maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencampur keseluruh bahan tersebut secara merata dan perlahan. Pencampuran harus benar benar merata agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik pada semua bahan yang ada. Agar campuran merata maka sebaiknya lakukan dengan perlahan.
  • Simpan dalam wadah fermentasi, setelah semua bahan tercampur maka simpan dalam wadah fermentasi agar proses fermentasi berlangsung. Wadah yang digunakan dapat apapun mulai ember, bak, kantong plastik, maupun tong, asalkan wadah wadah tersebut tertutup dengan rapat.
  • Pemanfaatan pakan, pakan fermentasi sayuran dan bahan lain untuk ayam ini baru dapat dimanfaatkan setidaknya 3 hari agar proses fermentasi berlangsung sempurna. Pakan hasil fermentasi dapat digiling dan dikeringkan terlebih dahulu agar lebih awet.
Baca Juga :   Peluang Usaha, Cara Budidaya Sapi Potong Yang Menguntungkan

Baca juga tentang:

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat fermentasi pakan ayam dari sayuran yang dapat menjadi salah satu pakan ungulan bagi peternak ayam atau unggas lain sehingga dapat memberikan hasil ternak yang maksimal serta menguntungkan.