6 Cara “Paling Mudah” Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul

Posted on

Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul

Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul – Kacang hijau adalah salah satu dari jenis tanaman palawija yang banyak dijumpai di daerah-daerah di Indonesia. Cara memilih bibit kacang hijau yang baik bisa dikatakan juga cukup mudah. Serta cara pengolahannya juga tidak sulit. Tentu saja, itu akan menjadi salah satu ladang bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Kacang hijau merupakan sumber pangan yang memiliki kandungan protein tinggi. Terutama pada bagian bijinya, banyak yang menyukai olahan dari biji kacang hijau. Biasanya bagian biji kacang hijau dimasak dengan cara direbus sampai lunak lalu ditambahkan gula merah dan santan setelah itu dikonsumsi manusia. Ada juga yang hanya memanfaatkan rebusan dari biji kacang hijau.

Banyak yang menggemari makanan dari olahan kacang hijau, mulai dari diolah sebagai bubur kacang hijau, kolak kacang hijau, ataupun sebagai isian kue lainnya. Dan tidak hanya anak kecil yang menyukainya, tetapi juga banyak orang dewasa yang menyukainya.

Pada dasarnya, cara memilih bibit kacang hijau yang baik memang cukup mudah, tetapi harus diperhatikan dengan baik dan dilakukan dengan benar. Hal ini sangat penting dilakukan karena bibit kacang hijau yang baik bisa menghasilkan tanaman yang baik juga. Untuk dapat menghasilkan dari penanaman kacang hijau yang berkualitas dan unggul tentu saja bibit yang di gunakan pun juga harus berkualitas. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh sekali terhadap jenis tanaman yang akan di harapkan.

Baca Juga :   8 Cara Budidaya Padi Ciherang Agar Hasil Melimpah

Di dalam menentukan bibit tanam kacang hijau yang baik, maka seorang petani atau pembudidaya terlebih dahulu agar dapat membeli bibit tersebut di toko bibit. Anda juga dapat melakukan pembibitan sendiri dari induk kacang hijau yang berkualitas unggul.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Bibit Kacang Hijau dari Hasil Pembelian Di Toko Bibit

Bibit kacang hijau ini dapat secara praktis dan mudah Anda peroleh dengan cara membelinya langsung di pasar. Atau Anda juga bisa membeli benih kacang hijau ini pada dinas pertanian terdekat. Selama proses membeli bibit, maka sebaiknya Anda dapat menanyakan langsung kepada para produsen atau penjual bibit kacang hijau tersebut.
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada saat membeli dan memilih bibit kacang hijau ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah kemasan bibit kacang hijau yang masih di segel utuh, kemasan benih dari kacang hijau ini juga menarik.
  • Pilihlah kemasan bibit kacang hijau yang tidak kadaluarsa atau expired.
  • Pada kemasan bibit kacang hijau ini tertera tulisan “bibit telah terverifikasi dari badan yang telah berwenang atau dinas pertanian atau bahkan dari kementerian pertanian Republik Indonesia”, itu artinya bibit kacang hijau ini juga harus mempunyai sertifikasi dan izin secara resmi.
  • Bobot bibit kacang hijau pada saat ini di bawa menggunakan tangan yang terasa agak berat dan hal ini juga menandakan bahwa bibit kacang hijau ini berkualitas.
  • Apabila memungkinkan, bibit kacang hijau ini dapat Anda lihat dari luar kemasan, pada umumnya bibit padi ini akan nampak gemuk-gembuk atau ideal dan nampak bersih.
Baca Juga :   5 Jenis Tanaman Merambat Yang Tahan Panas Beserta Penjelasannya

2. Ambil bibit langsung dari tanaman kacang hijau

Untuk bisa mendapatkan bibit tanaman kacang hijau yang baik, lebih baik Anda mengambil bibit tersebut langsung dari tanaman kacang hijau. Anda pilih tanaman yang baik dan sehat yang bisa diambil bagian bijinya sebagai bibit.
Di mana nantinya, biji kacang hijau tersebut akan dikeringkan, lalu akan diproses dengan cara tertentu agar bisa tumbuh kecambahnya.

3. Pilih bibit dengan masa pertumbuhan bibit seragam

Supaya tanaman kacang hijau dapat tumbuh dengan bersamaan dan semunya bisa memiliki kualitas yang baik, pilihlah bibit dengan masa pertumbuhan bibit yang seragam.
Hal ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengambil bibit dari tanaman yang sama. Apabila hal ini masih dirasa kurang, Anda bisa mengambil bibit dari tanaman kacang hijau yang berbeda-beda, tetapi memiliki masa pertumbuhan bibit yang seragam. Jika penasaran, ikuti cara tumpang sari jagung dan kacang tanah.

4. Pilihlah bibit kacang hijau yang berkualitas dan dari tanaman memiliki banyak akar

Agar tanaman kacang hijau bisa tumbuh dengan baik dan sehat, pilihlah bibit kacang hijau yang berkualitas dan dari tanaman kacang hijau yang memiliki banyak akar.
Hal ini penting karena tanaman yang memiliki banyak akar berarti tanaman kacang hijau tersebut sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Tanaman yang baik tentu kemungkinan besar, pasti akan menghasilkan bibit yang bisa tumbuh dengan baik juga.

5. Pilihlah bibit dari tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru

Anda tentu menginginkan bibit kacang hijau yang bisa menghasilkan tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru atau di berbagai jenis lingkungan. Untuk itu, Anda perlu pilih bibit kacang hijau dari tanaman yang dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru.

Baca Juga :   Cara Budidaya Spirulina Hasil Yang Menguntungkan

6. Tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Serangan hama dan penyakit bisa merusak dan menghambat pertumbuhan tanaman kacang hijau. Untuk itu, pilihlah bibit kacang hijau dari tanaman yang telah terbukti tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Demikian artikel kali ini mengenai penjelasan Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai menanam kacang hijau sebagai bisnis. Selamat berkebun.

Baca juga:

5 Jenis Pupuk Untuk Tanaman Lada Dan Penjelasannya

10 Tahapan Merawat DOC Ayam Broiler Agar Tidak Rugi