11 “Tahap” Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung agar Panen Melimpah

Posted on

Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung Supaya Panen Melimpah

Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung – Artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menanam ubi jalar dalam karung. Teknik dan cara menanam ubi jalar dalam karung ini selain praktis juga memberikan keuntungan bagi penanamnya.

Berikut ini beberapa tahapan cara menanam ubi jalar dalam karung yang harus kalian perhatikan yaitu sebagai berikut :

Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung Supaya Panen Melimpah

1. Persiapan Tanah Media Tanam Ubi Jalar

Syarat tanah yang baik untuk menanam ubi jalar adalah :

  • Tanahnya gembur
  • Mengandung unsur C organik yang cukup dan minim unsur nitrogen (N)
  • Tanah tidak mudah padat. Tanah yang paling bagus ialah tanah berdebu campuran pasir.

2. Pemberian Pupuk Awal

Dalam pemberian pupuk ini kalian harus berhati-hati. Jika sampai kadar nitrogen dalam tanah berlebih, maka nantinya tanaman akan tumbuh daun dan menjalar dengan sangat subur namun malah tidak berumbi karena terlalu banyak nutrisi Nitrogen yang justru digunakan tanaman untuk memacu pertumbuhan daun dan batang menjalarnya.

Hindari juga memberikan pupuk buatan yang banyak mengandung nitrogen seperti Urea, ZA, dan NPK. Kalian nanti bisa menggunakan pupuk seperti TSP, dan KCL untuk pupuk buatannya. Namun jika menurut kalian memang perlu tambahan pupuk berilah secukunya dan gunakanlah pupuk kompos atau butiran organik yang lebih minim nitrogen ketimbang pupuk kandang.

Baca Juga :   4 Cara Dalam Memilih Bibit Ubi Jalar yang Baik dan Unggul

3. Memasukkan Tanah Dalam Karung

Tanah yang sudah gembur dan diberi cukup pupuk organik lalu dimasukkan kedalam karung. Setelah itu karung bisa dilubangi pada bagian bawah dan samping yang mana berfungsi untuk lubang drainase iair nanti agar tidak menggenang dalam karung. Untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan, anda bisa menggunakan karung kecil (ukuran 10-15 kiloan) dengan diameter sedang.

4. Menyiapkan Pupuk Untuk Pembesaran Umbi

Pupuk yang akan diberikan untuk pembesaran umbi ini haruslah pupuk yang langsung bisa diserap umbi tanaman yakni pupuk yang sudah terurai dengan baik (bokashi). Disebabkan pembuatan bokashi yang memakan waktu, Anda bisa mempersiapkan ini diawal dengan langkah sebagai berikut :

  • Siapkan pupuk kandangnya (bisa dicampur kompos atau butiran organik) dan siapkan terpal untuk penutup nantinya
  • Larutkan 1/4 – 1/2 kg gula dalam seember air
  • Campurkan 500 ml EM4 dalam larutan gula tersebut lalu tutup dan simpan ditempat sejuk (minimal 24 jam)
  • Setelah 24 jam atau lebih, maka siramkan larutan EM4 dalam ember tersebut pada pupuk kandang secara merata (sambil dicampur aduk)
  • Tutup pupuk kandang dengan terpal dan diamkan hingga nanti saat pemupukan akhir untuk pembesaran umbi

5. Pembibitan Ubi Jalar

Pembibitan ubi jalar yang paling efisien dan praktis ialah pembibitan melalui batangnya. Caranya adalah:

  • Cari bibit unggul yang sehat dan berumbi besar dan juga banyak yaitu anda bisa mengechek di kebun ubi jalar yang biasanya hampir dipanen
  • Potong beberapa batangnya yaitu setiap batang sepanjang 15 cm
  • Sesuaikan banyak bibit dengan jumlah karung karena tiap karung hanya ditanami satu bibit ubi jalar
  • Kumpulkan dan ikat semua bibit tadi lalu letakkan ditempat rindang dan teduh.
  • Sirami bibit tersebut secara rutin tiap pagi hari dan biarkan semua daunnya rontok karena nantinya akan tumbuh daun baru lagi
  • Setelah satu minggu maka bibit siap ditanam dalam media karung.
Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Mangga Harum Manis Agar Berbuah Lebat

6. Penanaman Bibit Ubi Jalar Dalam Media Karung

Bibit yang sudah siap tanam tadi lalu segera ditanamkan. Gemburkan terlebih dahulu tanah bagian tengah karung lalu tancapkan 2/3 bagian bibit kedalam tanah. Perlu diingat bahwa sebaiknya tiap karung hanya ditanami satu bibit saja. Sebaiknya tanam bibit ubi jalar pada sore hari agar bibit tidak layu karena terik matahari saat siang.

7. Penyiraman Tanaman Ubi Jalar

Pada awal penanaman, penyiraman bisa dilakukan 7 hari sekali atau sesuai dengan kebasahan tanah. Gunakan gembor untuk menyirami ubi jalar dan lakukan penyiraman ubi jalar pada pagi hari agar air cepat tuntas. Lakukan penyiraman secukupnya saja.

8. Penyiangan Gulma

Karena ditanam dalam media karung, maka kalian akan minim melakukan penyiangan. Mungkin hanya sebulan sekali atau bahkan bisa lebih lama. Kalian cukup mencabuti rumput yang tumbuh disekitar tanaman ubi jalar tersebut.

9. Pemupukan Pembesaran Umbi

Cara pemberian pupuknya adalah sebagai berikut :

– Gali lubang disekeliling tepi karung sedalam 10-15 cm
– Isi lubang tersebut dengan pupuk yang sudah disiapkan diawal
– Tutup lubangnya lalu siram dengan air
– Pupuk yang sudah diuraikan akan cepet diserap akar, diolah dan disimpan dalam umbi.

10. Penanggulangan Hama dan Penyakit

Adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman ubi dapat menurunkan produktifitasnya. Hama dan penyait yang menyerang ubi jalar adalah cendawan patogen (menimbulkan scab / kudis), uret (memakan umbi dan membuatnya busuk), orong-orong (memakan umbi dan membuatnya busuk). Untuk pengendaliannya maka dari itu dibedakan dari jenis hamanya.

Pada cendawan patogen, kita bisa menggunakan fungisida tabur yang dicampur tanah pada saat penanaman bibit caranya dengan menyemprotkan dan mengkocorkan fungisida. Lalu pada hama uret dan orong-orong yang notabenenya dari golongan serangga, anda bisa mengendalikannya dengan cara menggunakan insektisida tabur yang di campur dengan tanah pada saat penanaman bibit atau dengan mengkocor insektisida pada area umbi.

Baca Juga :   Panduan Budidaya Salak (Salacca Edullis) Menurut Pakar Agroteknologi

11. Panen Ubi Jalar

Ubi jalar dapat dipanen setelah berusia 3,5 – 4,5 bulan setelah tanam (tergantung varietas). Kalian bisa langsung mencabut umbinya. Jika anda ingin menyimpannya terlebih dahulu, maka simpanlah pada tempat yang kering dan teduh tanpa dicuci terlebih dahulu. Hal ini agar tidak tumbuh tunas.

Itulah pembahasan tentang Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Panduan dan Cara Ternak Ayam Brugo Hutan Terlengkap

Cara Menanam Tomat Lumina F1 dari Mulai Perawatan Sampai Panen