Cara Mencangkok Buah Tin Termudah

Posted on

Cara Mencangkok Buah Tin Termudah

Cara mencangkok buah tin termudah – buah tin adalah buah berpohon kayu yang kerap dikonsumsi masyarakat jawa tengah. Selain manfaatnya mengandung banyak vitamin, buah ini pun dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit, diantaranya :

1. Mengurangi sesak nafas
2. Membersihkan hati dan limpa kotor sebab gaya hidup jelek
3. Mengencerkan dahak khususnya untuk pilek dan batuk menahun
4. Mencegah kanker dan kencing manis terutama baru masuk tahap gejala awal
5. Membersihkan pencernaan tubuh

Namun sayang, buah ini susah dicari, sebab sulitnya berkembang dan ditanam memakai biji maupun buah. Jadi buah ini perlu cara lain untuk memperbanyaknya. Salah satu cara dari petani ini dengan mencangkok. Berikut ini ada tips Cara mencangkok buah tin termudah.

Mencangkok ialah cara memperbanyak buah tin. Perbanyakan ini agak mudah, akan tetapi membutuhkan kecermatan dan banyak latihan. Mencangkok buah tin dapat dijalankan bahkan tak memakai batang dikerat dan dapat keluar secara mudah.

Cara mencangkok tanaman dengan vegetatif yang dapat dilakukan ada beberapa cara, diantaranya :

• Kalian perlu memperhatikan jenis tanamnya, apa bagian tanamnya bisa dilakukan pencangkokan.
• Apakah indukannya sehat? Tidak ada jamur, hama dan khususnya penyakit yang menular/ menyebar disemua tanaman.
• Apakah jenis tanaman ini yang dicangkok adalah bibit yang bagus, seperti buahnya manis, lebat dan lain-lain.
• Perhatikanlah daerah tempat kalian mencangkok, apa sedang di musim hujan/ tidak sebab cuacanya bagus bila dicangkok di musim kemarau/ tidak mempunyai curah hujan tinggi.

Baca Juga :   5 Cara Merawat Pohon Mangga Yang Sedang Berbunga

Cara mencangkok buah tin

Berikutnya cara mencangkok buahnya, sebetulnya ada beberapa cara yang diterapkan :

1. Cangkok tertutup

Metode ini dengan menutup semua celah di plastik. Bahkan bila kalian dilana dimusim hujan namun potensinya merusak hasil cangkokan dan jadi busuk, caranya berikut ini :

• Siapkan semua alat dan bahan (misalnya tanah kompos kondisi lembab dan tak berair). Upayakan mengeringkannya dulu bila agak basah, sebab akan berbahaya bila basah. Lalu plastik es ukuran kecil hingga sedang, tali rafia dan cutter, rootup (hormon pemumbuh akar yang dapat kalian beli ditoko pertanian dan lumayan murah harganya.
• Pilihlah batang pohon sehat dan sesuai syarat mencangkok sebelumnya. Selain tersebut memilih batang lurus dan tak banyak cabangnya.
• Kerat bagian bawah ruas batang dengan panjang 1,5 ccm. Sesudah itu kalian olesi pasta rootup dan diamkan hingga mengering
• Masukkan plastik es
• Lalu ujung plastik ikat bagian bawah keratan cangkok
• Sesudah itu masukkanlah kompos tanah, jika tanah lumayan lembab maka tak harus disiram memakai air mengingat cangkok tak boleh kena air.
• Padatkan kembali media tersebut lalu ikat ujungnya dan tengah cangkok kuat. Perlu kalian ingat bahwa kalian jangan melubangi plastik cangkokan.
• Tutuplah cangkokan memakai plastik warna hitam/ memakai polybag. Sesduah itu ikat kuat ujung plastiknya supaya air tak masuk dicangkokan. Tujuannya lain untuk merangsang akar supaya tumbuh cepat.
• Sesudah usia 4 minggu cangkokan mulai tumbuh akar, sesudah itu baru dapat memindahkannya di tempat baru. Harus kalian ingat 1 bulan ini sebagai takaran cangkok berhasil/ tidak. Bila tidak tumbuh akar maka cangkokannya gagal.
• Setelah kalian tau tumbuh akar, lalu potong hasil cangkokan serta robek plastinya hati-hati.
• Pindahkan dipolybag isinya media tanah kompos dan sekam bakar menggunakan perbandingan 2:1. Sesudah itu sirami memakai alat penyemprot dan jangan menyiram langsung sebab tanaman jadi layu dan kaget. Bila sudah usianya 1 bln lebih kalian taruh bagian yang panas serta terbuka sebagai ujian ketahanan. Akan tetapi jangan lupa menyiraminya teratur dan rawatlah.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Nangka Agar Cepat Berbuah

2. Cangkok simpel lain

Ini adalah cara cangkok simpel lainnya :

  • Pilihlah indukan pohon yang cirinya batang masih muda dan hijau kulitnya supaya mudah berakar dan mudah dirangsang tumbuh.
  • Siapkan alat misalnya plastik es transparan dan cocopeat murni
  • Lalu kalian baluti batang menggunakan coocpeat yang sebelumnya terbungkus plastik transparan. Untuk detailnya cangkokan panjang 10-15 cm.
  • Sesudah itu kalian dapat mengikatnya di media cangkokan dipangkal dan ujungnya memakai tali rafia sebab mudah dipakai ikatannya dengan kencang akan tetapi tidak sulit bila dibuka. Mengingat cangkokan ini memerlukan oksigen dan bila diikat terlalu tertutup oksigen tidak dapat masuk.
  • Kalian dapat menyirami cangkokan tersebut melalui celahnya yang sudah kalian buat sebelumnya. Sesudah itu kalian tunggu dan diamkan selama 40 hari. Maka cangkokan dari hasil kalian tersebut akan siap untu dipotong serta dipidahkan di tempat yang normal mirip pot an polybag.

Kelebihan Mencangkok Buah Tin

Kelebihan dari pencangkokan buah tin ini antara lain :

1. Tanaman yang dihasilkan ini akan menjadi lebih kuat dan sehat
2. Selain itu, terutama metode tertutp cangkoknya dapat menghasilkan akar sehat akarnya dan juga banyak
Namun sayangnya, kelebihan yang kalian peroleh ini pun tetap ada kekuragannya dari pencangkokan. Yakni cangkok ini prosesnya lumayan lama dan tidak dapat mencangkok dengan jumlah yang banyak. Kalian perlu memakai indukan yang berbeda pula.

Nah, mungkin itu saja mengenai Cara mencangkok buah tin termudah. Mudah sekali kan mencangkok buah tin ini, mengenai keberhasilannya kalian pun perlu lebih banyak latihan dan memperhatikan apapun keperluan serta perawatan dari pohon buah tin yang baik bagi indukan dalam mencangkok ataupun tanaman hasil cangkokannya. Sebab dengan begitu kalian pun akan memperoleh hasil yang maksimal juga. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kaasih

Baca Juga :   Cara Budidaya Buah Tin Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Baca juga:

Cara Tumpang Sari Kacang Hijau Dan Jagung

Cara Menanam Bunga Nusa Indah Melalui Stek Batang