Cara Tumpang Sari Kacang Hijau Dan Jagung

Posted on

Cara Tumpang Sari Kacang Hijau Dan Jagung

Cara tumpang sari kacang hijau dan jagung – saat musim kemarau tiba, petani sudah biasa mengambil jalur menanam jenis tanaman kuat di musim kemarau. Sejumlah jenis tanaman khusus di musim kemarau adalah ubi, kacang hijau, kacang polong, cabe, jagung, kentang dll. Nah, dalam mengoptimalkan pemakaian lahan dan menjaring harga jual dari hasil panen, maka petani cenderung menerapkan sistem tanam tumpang sari.

Teknik dengan tanam tumpang sari ini jangan dilakukan sembarangan bila tak ingin mengalami kerugian besar. Jadi dalam dunia tumpang sari ini kita perlu mengenal sejumlah pasangan tanaman yang saling bersimbiosis serta mendukung satu dengan lainnya. Salah satu model tumpang sari ideal ini ialah tumpang sari kacang hijau dengan jagung. Berikut ini tips Cara tumpang sari kacang hijau dan jagung.

Jagung dan kacang hijau sama sama tanaman ideal yang ditanam diwaktu musim kemarau. Kacang hijau merupakan jenis polong-polongan yang akarnya mempunyai kemampuan untuk memfiksasi unsur nitrogen dan sebagai tempat hidup bakteri rizobium. Bila berpasangan dengan tanaman jagung yang notabenya mmebutuhkan nitrogen untuk kesuburannya pasti hasilnya baik sekali.

Akan tetapi, tetap saja diperlukan metode atau cara yang tepat dalam menjalankan tumpang sari kacang hijau dengan jagung. Ingatlah, jagung tumbuh tinggi menutupi permukaan tanah dibawahnya jadi dapat menghalangi sinar matahari untuk kacang hijau. Disini kami akan menjelaskan tentang cara tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini :

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Lidah Buaya Menggunakan Pot

1. Persiapan lahan tanam

Lahan tanam baik ini perlu digemburkan serta dipaparkan dari sinar matahari secara menyeluruh. Gemburkan lahan memakai cangkul/ mesin bajak kemudian biarkan terpapar sinar matahari 2 minggu supaya bisa membunuh patogen dalam tanah.
Buatlah alur calon bedengan. Taburkanlah pupuk organik atau pupuk kandang kemudian bentuk bedengan yang lebarnya kurang lebih 40-50 cm.
Bedengan tersebut kemudian dipotong untuk lubang tanam kacang hijau berjarak 15×15 cm antar lubang tanam yang kedalamannya kurang lebih 5 cm.

2. Penanaman kacang hijau

Kenapa harus kacang hijau dulu? Ingatlah bahwa kita membahas sejak awal kacang hijau dapat memfiksasi nitrogen dalam tanah yang nanti akan diperlukan tanaman jagung tersebut dengan tujuan supaya nanti jagung tidak tertutup dengan tanaman kacang hijau.

Kacang hijau ditanam lewat bijinya. Kemudian memilih varietas kacang hijau unggul dan tahan terhadap penyakit. Yang terkenal ialah varietaas kacang hijau vima. Kacang hijau ini mempunyai produktivitas tinggi dan toleran dari penyakit. Sehingga bisa meningkatkan hasil kalian nanti.

Pertama kalian rendam bijinya kacang hijau. Jangan lupa menambahkan kurang lebi 1 tetes auksin perliternya. Tunggu hanya beberapa jam saja lalu biji kacang hijau ini akan mengambang dan yang mengambang tersebut buanglah sebab tidak bisa tumbuh.

3. Perawatan tanaman kacang hijau

Biji kacang hijau yang tumbuh ini biarkanlah dulu sampai jadi daun sempurna. Di usia 10 hari sesudah tumbuh kalian dapat memberikan pupuk daun guna meningkatkan kesuburan tanaman kacang hijau. Pupuk daun ini kadang sudah terkandung unsur mikro dan makro yang lengkap disertai ZPT. Jangan pernah menjalankan penaburan pupuk urea maupun ZA yang fokus di unsur nitrogen. Hal tersebut mendorong pertumbuhan daun tanaman kacang hijau dan malah bisa menurnkan produktifitas polong kacang hijau sendiri.

Baca Juga :   Cara Merawat Pohon Lohansung Besar

Bila kalian ingin meningkatkan kacang hijau yang berkualitas kalian bisa menaburkan pupuk KCL walau ini hanya membutuhkan sedikit. Atau bila kalian melihat tanaman kacang hijau yang tumbuh subur maka kalian tak harus menambahkannya pupuk lagi. Tanaman kacang hijau dengan alami bisa mengumpulkan nitrogen serta menyuburkan tanam dengan kandungan nitrogen itu.

Panen kacang hijau ini termaasuk singkat yakni Cuma 60 hari sesudah ia tumbuh. Harus kalian ingat bahwa kalian akan menjalankan cara tumpang sari. Sehingga di usia 1 bulan sebelum masa panen kacang ini kalian harus membuat lubang tanam jagung di tepi bersama kacang hijau yang jaraknya kurang lebih 30 cm dengan kedalaman 5-10 cm. Tanamkan 2 biji jagung perlubang. Jagung tumbuh kurang lebih 5 hari lalu akan segera membesar sebab bisa menyerap nitrogen dari bedengan kacang hijau.

4. Panen kacang hijau serta perawatan jagung

Masa panen kacang hijau yakni polongnya yang telah menguning kering dan jangan biarkan hingga polongnya menghitam sebab akan mudah pecah bila disentuh. Kumpulkan polongnya dan jemur kemudian pukullah supaya pecah. Kulit serta biji kacang dapat terpisah secara layak/ manual dibantu kipas.
Kemudian bedengan bekas kacang hijau kalian bersihkan daun atasnya memakai sabit dan jangan mencabut akarnya. Pakailah tanah bedengan guna menggaruk akarnya jagung disebelahnya jadi bedengan bisa berpindah posisi di jagung. Jagung bisa tumbuh subur tanpa pupuk nitrogen.

Pakailah spasi antar bedengan jagung guna pengairan 10 hari sekali. Jagung bisa kalian panen sesudah usia 3,5 bulan dan kalian akan diuntungkan sebab tak harus memberikan pupuknya lagi dijagung.

Demikianlah uraian kita tentang Berikut ini tips Cara tumpang sari kacang hijau dan jagung. Kacang hijau dengan jagung ini sama sama jenis tanaman yang ideal bila ditanam dimusim kemarau. Mereka mempunyai kemampuan memfiksasi unsur nitrogen dan jadi tempat hidupnya bakteri rizoboium. Jadi ketika berpasangan akan menghasilkan kesuburan yang baik sekali dan hasilnya mantap. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dalam memaksimalkan budidaya tanaman kacang hijau bersama dengan jagung. Terima kasih.

Baca Juga :   Cara Merawat Tanaman Sukulen Serta Penanaman Terlengkapnya

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Nusa Indah Melalui Stek Batang

Cara Menanam Edible Flower Termudah