Cara Merawat Pohon Lohansung Besar

Posted on

Cara Merawat Pohon Lohansung Besar

Cara Merawat Pohon Lohansung Besar – apakah anda tahu yang namanya pohon lohansong? Pohon ini juga sering disebut dengan Buddhist Pine ataupun Kusamaki termasuk pohon hias unik. Nilai seni yang dihasilkan oleh pohon ini cukup indah sehingga banyak yang memilih untuk dijadika hiasan unik. Bahkan harga bonsainya bisa mencapai 1 miliaran rupiah. Pastinya anda penasaran dengan Cara Merawat Pohon Lohansung Besar dan juga bagaimana bentuk dan karakteristiknya. Langsung simak ulasannya dibawah ini.

Karakteristik Pohon Lohansung

Ketinggian pohon lohansung ini dapat mencapai sekitar 50 cm. Anda bisa menanam pohon ini di dalam pot berdiameter besar. Untuk mencapai bonsai yang berukuran besar, anda harus menunggu sampai 20 tahun lamanya.
Sebenarnya harga bakal bonsai lohansung ini sangat terjangkau hanya 50 ribu sampai 200 ribuan. Namun harganya akan naik bila sudah menjadi bonsai hingga jutaan rupiah. Sedangkan pohon lohansung juga ada yang pernah memenangkan kontes dan harganya mencapai 1 miliar. Karena itulah banyak yang membudidayakan tanaman ini baik untuk hiasan atau untuk dijual lagi.

Cirri khas yang di miliki oleh tanaman ini mirip dengan pohon cemara. Tapi karakteristik daunnya tidak sama. Karena pada daun pohon lohansung bentuknya memanjang dan ujungnya lancaip. Pohon maupun akar yang unik menjadikan pohon tersebut cocok untuk tanaman hias yang bernilai seni tinggi. Batang tanamannya berwarna gelap bertekstur kasar serta unik.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut "Panen Melimpah"

Jenis Jenis Pohon Lohansung

Terdapat 4 kategori tipe tanaman lohansung ini, diantaranya tanaman lokal yang pucuknya berwarna merah, lokal dengan pucuk warna putih, tanaman non local pucuknya warna merah putih, lalu non lokal berdaun bulat.

1. Jenis Lokal Pucuk Merah (pucuk muda)

Jenis pohon lohansung yang pertama ini ada di indonesia di hutan wilayah tertentu, Anda bisa memanfaatkan kayunya pohon ini untuk perabotan rumah tangga. Biasanya jenis ini ada di taman taman dan juga bonsai di pot.

2. Jenis Lokal Dengan Pucuk Putih (pucuk muda)

Nah, untuk jenis kedua ini lebih bagus lagi dari pada yang pertama. Pucuk daunnya berwarna putih dengan daun yang lebih kecil namun agak tebal. Sehingga jenis ini cocok sekali jika di bonsai. Setelah pohonnya tumbuh besar, maka kayunya juga bisa dijadikan untuk perabotan rumah tangga karena ketahanannya dan coraknya.

3. Jenis Luar (Taiwan) Pucuk Muda Putih

Selanjutnya juga lebih bagus dari yang sebelumnya. Tanaman ini asalnya dari Taiwan namun ada juga yang mengatakan jika asalnya dari korea. Daunnya juga lebih kecil serta berwarna putih ujung daunnya. Sementara daunnya berwarna lebih gelap daripada jenis 1 dengan 2 tadi. Warnanya hijau kehitam-hitaman untuk yang sudah tua.

4. Jenis Luar (Taiwan) Daun bulat

Nah, ini dia yang jadi incaran para penghobi tanaman bonsai. Sudah pasti tanaman yang jenis ke empat ini terbaik dari lainnya. Daunnya berwarna hijau muda sementara bentuk ujungnya bulat. Ukuran daunnya juga lebih kecil serta lebih tebal.

Spesifikasi Pohon Lohansung

Bernama ilmiah : Podocarpus macrophyllus
Berasal dari bibit : mencangkok
Iklim Tempat Tumbuh: dataran rendah – dataran tinggi
Membutuhkan Sinar Matahari : terus menerus
Ukuran Minimal Pot : memiliki diameter 60cm lebih
Media Tanamnya : Humus dan tanah
Maksimal Penyiraman : 2x dalam sehari
Memiliki Ukuran : 20-40cm
Memiliki Tinggi Tanaman : kurang lebih 3 meter berbatang dan berakar kecil
Jenis Pupuk : pupuk NPK Daun sebulan sekali

Baca Juga :   Panduan Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang, Perawatan Hingga Panen Melimpah

Cara Merawat Pohon Lohansung Besar

Bila anda mau membudidayakan pohon lohansung besar, maka berikut ini beberapa cara merawat pohon lohansung secara mudah. Agar tanaman yang anda tanam tumbuh subur, maka ikuti saja beberapa langkah dibawah ini:

  1. Pilihlah bakalan bonsai terbaik serta pilih jenis tanaman yang berumur panjang. Umumnya cara perkembangbiakannya dilakukan menggunakan metode mencangkok.
  2. Kemudian sediakan wadah tanamnya, baik itu pot bunga ukuran besar atau lainnya.
  3. Sementara media tanamnya ialah campuran antara tanah humus dengan kompos. Sehingga pastikan dulu tanah dengan kompos telah bercampur rata serta tak terlalu gembur supaya tanaman bisa tetap bernilai seni tinggi.
  4. Kemudian taruh tanaman lohansung besar pada tempat yang mendapat paparan sinar matahari yang cukup.
  5. Cara membentuk bonsai tanaman lohansung besar dapat dilakukan pakai lilitan kawat berdiameter 3 mm. anda harus hati-hati untuk melakukan ini supaya tak merusak tanamannya.
  6. Anda juga harus memangkas secara rutin supaya bentuk uniknya selalu terjaga. Karena, jika dibiarkan begitu saja, maka pohon lohansung besar jadi memanjang sehingga tak memiliki nilai seni. Bila Anda melakukan penggundulan secara total pada daunnya, daun baru muncul dengan ukuran lebih mungil dari sebelumnya.
  7. Anda juga harus melakukan pemupukan yang rutin supaya tanaman lohansung tetap memperoleh asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh subur. Untuk itu, pupuklah secara rutin, tidak boleh terlalu jarang ataupun keseringan sebab akan mengganggu pertumbuhannya.
  8. Penyiraman pohon dapat dilakukan dua kali sehari, pagi dan juga sore seperlunya.
  9. Agar tanaman terbebas dari hama, anda bisa menyemprotkan obat anti hama dengan rutin.
  10. Bila lohansung terkena penyakit, langsung potong ataupun buang bagian tanaman yang terkena penyakit supaya tak menyebar ke semua bagian lainnya.
Baca Juga :   12 Cara Mudah Menanam Kacang Tanah Hingga Panen "Berbuah Banyak"

Itulah pembahasan tentang Cara Merawat Pohon Lohansung Besar dan juga jenis jenisnya secara lengkap. Anda bisa memilih salah satu jenis pohon lohansung diatas untuk dibudidayakan dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Merawat Kura-Kura Brazil Dengan Baik dan Benar

Cara Memanjangkan Ekor Cupang Dengan Cepat