Cara Memanjangkan Ekor Cupang Dengan Cepat

Posted on

Cara Memanjangkan Ekor Cupang Dengan Cepat

Cara memanjangkan ekor cupang dengan cepat – ekor cupang robek maupun rusak bisa tumbuh kembali jadi panjang. Dengan alami sendiri, ekor ini bsia tumbuh secara sendirinya. Akan tetapi ada sejumlah tips yang perlu kalian tau dalam mempercepat tumbuhnya sirip ekor cupang. Berikut ini Cara memanjangkan ekor cupang dengan cepat.

1. Ganti air setiap hari

Gantilah air setiap hari sebagai langkah awal mempercepat tumbuhnya ekor cupang. Kualitas air yang sudah terjaga kebersihannya bisa merangsang pertumbuhan ekor cupang rusak sampai jadi panjang lagi pergantian air tidak perlu dilakukan dengan menyeluruh, hanya sebagiannya saja.

2. Berikan antibiotik

Memberikan antibiotik dalam aquarium merupakan antibiotik alami bagi ikan, yakni daun ketapang kering yang bisa diletakkan langsung dalam aquarium. Daun ketapang menjaga luka dalam sirip supaya tidak dihinggapi bakteri serta menyerap penyembuhan. Daun ketapang ini pun bisa membuat pH air bsia menjadi normal, akan tetapi dalam pemberian daun ketapang bisa membuat air jadi lebih sedikit kekuningan. Pemilihan daun ketapang ini pun harus diperhatikan pua, sebab kualitas dari daun ketapang baik ini asalnya dari daerah pesisi pantai.

3. Memberi garam ikan

Memberi garam ikan menjadi penyeimbang osmosis untuk tubuh ikan. Garam ikan pun fungsinya bisa mempercepat penyembuhan dari luka sirip ikan. Untuk pengobatan sirip maka pemberian garam ikan pun bisa dijalankan dengan menakarkan 0,1% jumlah air. Maksdunya disini ialah hanya memerlukan 10 gram saja guna setiap liter air aquarium. Jangan pakai ikan dengan berlebihan sebab justru akan mendampak tak baik di ikan cupang.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Ikan Nilem Yang Menguntungkan

4. Pakan bergizi

Asupan bergizi dalam pakan pun dibutuhkan sekali guna memastikan ekor bisa tumbuh secara cepat. Sejumlah pakan ikan cupang ini yang baik akan diberikan kutu air dan jentik nyamuk. Kedua jenis tersebut pakan ini dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan cupang selama dalam proses pemanjangan ekor.

Harus membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 minggu akar ekor cupang untuk kembali panjang. Waktu penyembuhan ini akan menjadi lebih lama bila kerusakan sudah menjadi lebih parah sama halnya dengan patah tulang siripnya ekor. Selain demikian pun bisa diberikan metil biru yang bsia dibeki pada toko hias untuk tambahan pengobatan.

Perawatan anakan ikan cupang (burayak)

Perawatan dari burayak ini sehabis lepasnya terhadap indukan jantan sehingga tidak terlalu sulit hal ini pun perlu diperhatikan dalam perawatannya, diantaranya :

  1. Jika wadahnya terlihat padat oleh burayak, maka langsung memindahkan wadah dengan lebih besar.
  2. Berilah makan kutu air serta jentik merah dengan berkala jika burayaknya sudah dipersiapkan untuk dijaga.
  3. Kalian dapat memasukkan daun ketapang dari wadah guna melindungi burayak terhadap infeksi bakteri dan jamur.
  4. Gantilah air dengan bertahap misalnya sudah kelihatan dengan nampak keruh.
  5. Masukkan aerator serta stell lah oksigen tingkat menengah jadi bisa merawat burayak tak kehabisan oksigen.
  6. Sesudah 1,5 bulan semenjak penetasan, ikan ikan tersebut sudah boleh dipisahkan berdasarkan model kelaminnya di wadah yang berbeda.
  7. Khusus untuk ikan cupang style dari kelamin jantan ini pisahan ikan di wadah-wadah yang tak sama supaya tidak saling menyerang.

Berdasarkan pengalaman budidaya ikan cupang ini, memeliharanya lumayan mudah dan belum terlalu ribet. Dimulai dari kecil burayak bagus sekali bila diberikan kutu air. Sesudah giginya ini lumayan kuat, maka usia disekelilingnya 1-1,5 bulan, berilah makan jentik yang merah.

Baca Juga :   Tahap Persiapan Budidaya Lele Dengan Sistem Probiotik Organik

Kadang, jentik merah ini dibeli dengan kondisi yang beku. Kalian tentunya bisa mencairkan lebih dulu baru sanggup memberinya makan untuk ikan. Jentik merah ini tak sama dengan cacing sutera, sebab tingkat pencemarannya di air cenderung lebih rendah.

Pemberian makan cacing sutera untuk ikan ini harus ada aeratornya supaya cacing tak cepat mati membusuk serta mencemari air. Sewaktu dulu berdasarkan pengalaman kami, sudah banyak sekali ikan cupang yang mati disebabkan tak mencermati airnya.

Kami memberikan pakan cacing sutera serta cacing mati membusuk selain itu memindahkan airnya juga sehingga ikan cupang menjadi mati. Hal tersebut sudah dialami kami berkali kali serta memberikan dampak trauma.

Proses perkenalan dan perkawinan pada ikan cupang

  1. Masukkan pejantan ke dalam wadah selama 1 hari
    Masukkan terlebih dulu ikan cupang jantan di dalam wadah selama 1 hari. Berikan makan pula sebanyaknya agar jantan ini gemuk. Berilah makan betina pula ketika proses pemijahan.
  2. Kenalkan bersama betina
    Sebelum kalian memasukkan si betina di dalam wadah pijah, pisahkanlah lebih dulu di wadah kaca berbeda. Untuk menyebabkan ikan saling mengenal maka biarkan cupang jantan melihat cupang betina.

Ketika pejantan sudah mengeluarkan buih, maka tandanya ini sudah siap untuk kawin. Bila cupang jantan sudah siap kawin, maka ia akan emngeluarkan sebuah buih kira-kira tumbuhan apa saja yang kalian masukkan. Sesudah buih memadai maka barulah betinanya bsia dicampur dengan wadah pemijahan.

Demikianlah mengenai Cara memanjangkan ekor cupang dengan cepat. Cupang ini merupakan ikan hias mugil yang biasanya ditaruh didalam aquarium. Sirip ekornya ini mempunyai ukuran lumayan panjang dan rawan akan kerusakan. Biasanya penyebab dari kerusakan ini berbagai jenis, ada karna pertarungannya, tergores tangan ketika melakukan pemindahan atau bisa pula karna kelaparan dan memakan siripnya. Nah, diatas tadi sudah kami jelaskan secara detail emngenai cara memanjangkan ekor cupang. Smeoga bermanfaat.

Baca Juga :   Proses Pembenihan Ikan Guppy Agar Bagi Pemula Hasil Maksimal

Baca juga:

Cara Budidaya Kopi Arabika

Manfaat Bunga Pukul Sembilan Bagi Kesehatan