6 Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Mulsa Plastik Paling Mudah

Posted on

6 Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Mulsa Plastik Paling Mudah

6 Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Mulsa Plastik paling Mudah – Ubi merupakan salah satu makanan yang banyak disukai orang. Karena umbi yang satu ini mempunyai rasa manis dan pulen yang sangat menggoyang lidah kalian. Kita biasa menikmati kolak ubi di bulan Ramadhan, tetapi tahukah kalian ada banyak olahan ubi yang lainnya. Beberapa hasil olahan ubi adalah keripik ubi, Ubi madu bakar, Bakpia, dll.

Salah satu hal yang disayangkan yaitu berkurangnya jumlah petani Indonesia yang membudidayakan ubi karena dianggap harganya murah sehingga tidak memberikan keuntungan yang fantastis. Padahal permintaan pasar akan ubi bertambah tinggi. Terbukti harga ubi di sepanjang tahun 2018 selalu tinggi.

Justru harusnya kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membudidayakan ubi jalar agar memperoleh keuntungan yang banyak. Tahukah kalian bahwa budidaya ubi jalar merupakan salah satu budidaya tanaman yang paling mudah? Ubi jalar memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan baik walaupun saat kekeringan sekalipun. Hal ini karena akar ubi jalar dapat menjalar hingga jauh serta kemampuannya untuk menyimpan cadangan makanan dalam umbinya.

Budidaya ubi jalar dapat dilakukan sepanjang waktu di Indonesia baik di musim hujan atau pun bisa di musim kemarau. Hanya saja kualitas rasa ubi lebih baik saat ubi ditanam di akhir musim hujan dan panen pada saat musim kemarau. Ubi jalar dapat dipanen saat berumur 3,5 – 4,5 bulan (tergantung jenis ubinya). Oleh karena itu rata-rata petani di Indonesia mulai membudidayakan ubi inipada bulan Februari-Maret.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Menanam Hidroponik dengan Media Air yang Benar

Kali ini kami akan menjelaskan tentang budidaya ubi jalar yang revolusioner yaitu menanam ubi jalar dengan sistem mulsa plastik. Teknik ini ternyata akan memberikan keunggulan berupa ukuran umbi yang lebih besar akibat tidak adanya persaingan nutrisi dengan rumput liar. Nah berikut adalah cara menanam ubi jalar sistem mulsa plastik. Simaklah caranya berikut ini.

1. Mengolah Tanah dan Pemberian Pupuk Dasar

Tanah yang ideal untuk ditanami tumbuhan ubi adalah tanah yang gembur. Karena akanmenggunakan plastik mulsa makaharus dibuat seperti model bedengan. Kalian bisa menggunakan cangkul atau mesin traktor untuk membuat bedengan.

Selanjutnya adalah memberikan pupuk dasar. Karena kita akan menanam di akhir musim hujan maka kadar nitrogen bebas di alam masih cukup banyak sehingga unsur pupuk nitrogen bisa kalian kurangi. Perbanyaklah penggunaan pupuk kandang/kompos kemudian tambahkan pupuk SP (Phospat) dn KCL (Kalium) secukupnya saja. Setelah pupuk diaduk dengan tanah maka langkah selanjutnya memasang mulsa menutupi bedengan lalu buatlah lubang tanam kecil dengan jarak sekitar 20-30 cm antar tanaman.

Jika kalian ingin lebih berhemat, kalian bisa memanfaatkan bedengan bekas cabe, semangka atau terong tanpa membongkar plastik mulsa dan langsung ditanami. Jangan lupa untuk memberikan insektisida tabur untuk membasmi hama serangga tanah seperti orong-orong, uret dan ulat tanah.

2. Membibit Ubi Jalar

Cara membibit ubi jalar yang paling efektif yaitu dengan menggunakan cara stek. Kalian bisa memilih tanaman ubi yang hampir dipanen untuk kemudian diambil sulurnya kurang lebih 15 cm.
Pastikan kalian mengumpulkannya dan menata posisinya agar tidak terbalik-balik antar ujung atas dan bawah.
Bibit ubi jalar yang sudah dikumpulkan tersebut lalu di gulung dan diikat. Laluetakkandi tempat yang teduh (kurang cahaya dan agak lembab) agar segera tumbuh akar baru.
Waktunya yaitu sekitar 7 hari. Setelah akar baru tumbuh maka bibit tersebut sudah siap dipindahkan ke bedengan.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Pakan Lele Dengan Menggunakan Azolla

3. Penanaman Bibit Ubi Jalar

Penanaman bibit ubi jalar diawali dengan melakukan pengairan pada bedengan supayatanah bedengan basah (kecuali saat hujan). Kemudian bibit ubi jalar ditancapkan sampai sepertiga bagian bawahnya masuk ketanah. Sebenarnya proses penanaman sangatlah mudah akan tetapi sebaiknya dilakukan saat sore hari supaya tanaman bisa cepat beradaptasi tanpa layu terkena terik matahari.

4. Pengairan Ubi Jalar

Karena ditanam di bulan Februari maka hampir tidak diperlukan pengairan lagi hingga waktu panen. Hanya saja jika kalian menanam di musim kemarau atau satu bulan menjelang panen tanah menjadi sangat kering akibat tidak turun hujan, dalam kasus ini pengairan diperlukan terutama jika umbi sudah terbentuk.
Jangan diairi terlalu sering. Cukup 2 minggu atau 20 hari sekali. Agar lebih tepat kalian bisa melihat kadar air dalam tanah bedengan.

5. Penanggulangan Hama Tanaman Ubi

Jika diawal kalian sudah menggunakan insektisida tabur maka kemungkinan umbi dimakan serangga tanah sangatlah kecil. Namun untuk memastikan kembali, ketika satu bulan menjelang panen kalian bisa menyemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imadikloprid.

Selain serangga tanah, hama tanaman ubi juga berasal dari binatang pengerat yaitu seperti tikus dan babi. Untuk serangan kedua hama ini terjadi di bulan terakhir saat umbi sudah terbentuk. Carayang paling efektif untuk mengatasi serangan hama ini yaitu menggunakan racun tikus dan celeng yang sifatnyaslowreleaseatau membunuh secara perlahan.

Jika menggunakan racun yang mati seketika ditakutkan tikus lain akan menyadari jika ada perangkap. Salah satu merek racun tikus yang kami sarankan yaitu racun tikus Petrokum.

6. Panen Ubi Jalar

Panen ubi jalar dapat kalian lakukan setelah tanaman berusia minimal 3,5 bulan.
Pada sistem plastik mulsa umbi ubi jalar akan terlihat jelas menyembul di plastik mulsa sebab ukurannya yang sangat besar. Dengan ukuran ubi jalar yang lebih besar maka kalian juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga :   Tahapan Cara Budidaya Tanaman Kentang Hingga Panen

Itulah pembahasan tentang 6 Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Mulsa Plastik paling Mudah. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Menangkap Merpati Liar Bagi Pemula

Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh