6 Cara Mudah Menanam Cabe Merah Keriting “Hingga Panen”

Posted on
6 Cara Mudah Menanam Cabe Merah Keriting “Hingga Panen”
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menanam Cabe Merah Keriting – Nah bagi sebagian besar orang khususnya orang Indonesia kurang selera maka jika makanan tidak memiliki cita rasa pedas. Tidak hanya itu saja bahkan hampir semua masakan khas Indonesia memiliki cita rasa pedas terutama bagi orang yang tinggal di daerah dengan suhu dingin.

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Keriting Hingga Panen

Rasa pedas sendiri bisa didapatkan dari berbagai macam jenis bumbu hingga rempah, mulai dari merica, kapulaga, jahe dan masih banyak lagi. Salah satu jenis bumbu wajib dengan cita rasa pedas yang paling diminati banyak orang yaitu cabe.

Tanpa ada sentuhan dari cabe biasanya orang tidak begitu selera, hal ni tentunya terkait dengan rasa pedas tadi. Dengan adanya rasa pedas pada cabe, tidak hanya menambah rasa menjadi lebih lebih berwarna tetapi juga mampu menambah nafsu makan.

Cara Menanam Cabe Merah Keriting

Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang selalu menambahkan cabe di setiap masakannya, selain itu cabe sendiri juga salah satu jenis bumbu pelengkap yang mudah diperoleh, kalian bisa memperolehnya di pasar tradisional hingga minimarket.

Selain itu ada banyak sekali jenis cabe yang bisa kalian dapatkan mulai dari cabe dengan tingkat kepedasan sedang hingga cabe yang sangat pedas, begitu pula dengan ukuran cabe, kalian bisa memilih cabe berukuran kecil seperti cabe rawit, hingga cabe terbesar seperti cabe jalapeno. Cabe sendiri dibedakan berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan tingkat kepedasan. Salah satu jenis cabe yang saat ini sedang banyak dicari orang karena ukuran dan rasanya yaitu cabe merah keriting.

Baca Juga :   Panduan Kultur Teknis: Budidaya Cabe Hijau Untuk Pemula, Lengkap

Karakteristik Cabe Merah Keriting

Cabe merah keriting memiliki ukuran yang sedang, hampir sama dengan cabe merah besar namun bentuknya sedikit tidak beraturan dan cenderung keriting di bagian ujungnya, inilah mengapa banyak orang menyebutnya cabe merah keriting.

Selain itu rasanya juga sangat pedas, bahkan lebih pedas jika dibanding dengan cabe merah besar. Secara ilmiah berbeda jika, cabe merah keriting memiliki nama Capsium annuum dan merupakan salah satu jenis sayur dari suku Solanaceae dengan genus Capsium. Awalnya cabe merah keriting berasal dari benua Amerika yang beriklim subtropis dan tropis.

Cara Menanam Cabe Merah Keriting

Inilah mengapa cabe merah keriting sangat baik jika ditanam di wilayah Indonesia. Bagi kalian yang memiliki hobi bercocok tanam khususnya tanaman berjenis sayur, mungkin cabe merah keriting bisa menjadi pilihan alternatif kalian, selain sangat baik ditanam diiklim tropis, cabe merah keriting juga mudah beradaptasi dan tumbuh. Bagi kalian yang tertarik dengan cara menanam cabe merah keriting, nah berikut kami sampaikan penjelasannya, perlu kalian ketahui pula cara berikut ini merupakan cara yang praktis, mudah dan murah:

Persiapan Menanam Cabe Merah Keriting

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam cara menanam cabe merah keriting yakni melakukan persiapan dengan baik dan benar. Hal ini tentunya sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil panen, nah berikut penjelasanya:

  • Usahakan kalian menanam cabe merah keriting pada daerah dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan iklim tropis dan bersuhu lembab sekitar 16 hingga 23 derajat.
  • Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan berupa tanah yang subur dan memiliki tekstur gembur, pastikan juga tanah memiliki pH 5.5 hingga 6.8.
  • Selain itu perhatikan jenis tanah yang akan kalian pakai dalam pembuatan media tanam nantinya.
  • Tanah yang harus kalian gunakan merupakan tanah dengan kondisi yang tidak mudah lembab namun juga tidak mudah kering.
Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Cabe Rawit di Media Pot dan Perawatannya

Bibit Cabe Merah Keriting

Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe merah keriting yakni menyediakan bibit cabe, untuk bibit cabe sendiri sangat mudah didapatkan ada 2 cara untuk mendapatkannya dan berikut penjelasannya:

  • Sesuaikan jenis varietas cabe merah keriting yang kalian inginkan dengan kondisi tanah lahan kalian.
  • Kalian bisa memperoleh bibit siap tanam di toko bibit ataupun di petaninya secara langsung.
  • Selain itu kalian juga bisa memperoleh bibit cabe merah keriting dari buahnya secara langsung.
  • Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu melakukan proses persemaian.
  • Pilihlah buah cabe keriting yang sudah tua dan mengering lalu belah dan pisahkan bijinya.
  • Rendam biji cabe kering ke dalam semangkuk air hangat dan biarkan hingga suhu pada air rendaman berubah jadi dingin.
  • Buatlah media semai dengan mencampurkan tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1.
  • Masukkan tanah campuran pada media semai seperti tray ataupun polybag berukuran sedang lalu taburkan biji cabai dan lapisi permukaannya dengan tanah campuran.
  • Berilah naungan pada media semai agar benih tidak terkena sinar secara langsung dan terlindung dari hujan.
  • Lakukan penyiraman dan tutup media semai dengan koran untuk menjaga kelembaban tanah pada media.
  • Biasanya benih akan bertunas setelah 3 hari dan sudah menjadi bibit siap tanam pada 23 hari ketika tanaman memiliki 3 hingga 4 helai daun.

Media Tanam Cabe Merah Keriting

Langkah berikutnya dalam cara menanam cabe merah keriting yakni membuat media tanam yang tepat untuk bibit cabe kalian. Caranya sangat mudah ada 2 media yang bisa kalian pilih dan berikut pemaparannya yaitu:

  • Pilih jenis media tanam yang ingin kalian gunakan kalian bisa menanamnya di lahan terbuka secara langsung ataupun menanamnya di dalam pot
  • Jika kalian ingin menanamnya secara langsung di lahan, kalian perlu melakukan proses pembersihan, penggemburan, pemupukan dan pengapuran untuk mendapatkan tanah yang baik dan subur.
  • Setelah itu buatlah bedengan pada lahan dan jangan lupa untuk memberi mulsa plastik dan kayu pancang.
  • Buatlah lubang tanam pada bedengan dengan kedalam sekitar 5 hingga 10 cm.
  • Adapun cara menanam cabe merah keriting dalam pot, kalian tinggal memasukkan tanah yang dicampur dengan sekam dan pupuk kompos sebanyak 2 : 1 : 1.
  • Lalu buat lubang tanam pada kedalaman 5 hingga 10 cm pastikan kalian menggunakan pot dengan diameter 25 hingga 30 cm.
  • Masukkan bibit cabe merah keriting pada lubang tanam dan tutup jangan lupa untuk sedikit memadatkannya.
Baca Juga :   6 Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping Untuk Pemula "Panen Melimpah"

Perawatan Dan Panen Cabe Merah Keriting

Selain melakukan cara menanam cabe merah keriting dengan benar, kalian juga harus melakukan perawatan, dan berikut ini merupakan cara merawat tanaman cabe merah keriting:

  • Lakukan proses penyiraman ketika tanah pada media tanam mulai kering, sangat penting untuk menjaga kelembaban tanah.
  • Jangan terlalu banyak menyiram, ini justru dapat memicu penyakit busuk akar pada cabe kalian.
  • Lakukan pemupukan lanjutan menggunakan pupuk cair setiap 2 minggu sekali.
  • Cabe merah keriting baru bisa dipanen saat berusia sekitar 75 hingga 85 hari dengan waktu setiap 2 hingga 5 hari sekali.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Menanam Cabe Merah Keriting Sampai Panen dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga: