Tips Umpan Ikan Bandeng Bagi Pemula

Posted on

Tips Umpan Ikan Bandeng Bagi Pemula

Tips umpan ikan bandeng bagi pemula – ikan bandeng ialah ikan air tawar atau ikan air payau dengan bentuk bulat memanjang serta tergolong sebagai salah satu ikan konsumsi. Ikan bandeng mempunyai daging manis gurih dan warnanya ini putih akan tetapi durinya kecil banyak.
Tingginya konsumsi ikan bandeng sebagai proses budidaya yang banyak dijalankan masyarakat tambak sekeliling pesisir pantai.

Selain diternakkan sejumlah orang yang mempunyai hobi mancing, ikan ini pun sebagai salah satu jenis ikan yang sering ada di kolam pemancingan. Kunci memperoleh hasil baik saat proses mancing ikan bandeng ialah umpannya. Nah, berikut ini Tips umpan ikan bandeng bagi pemula.

1. Roti

Baik memancing ikan yang diternakkan pada kolam pemancingan atau ikan liar, umpan ialah salah satu kunci paling besar hasil yang diperoleh. Roti ialah salah satu jenis bahan efektif yang dipakai menjadi umpan ikan bandeng sebab banyak disenangi serta cepat disambar bandeng. Potongan roti di pinggiran ditambah olehsan trasi dapat dipakai untuk umpan ikan bandeng.

2. Pelet ikan

Pelet ikan terbuat dari salah satu makaan pokok ikan yang budidayanya dikolam tambak. Memakai pelet ikan untuk umpan bandeng diwaktu mancing pastinya lebih efektif akan tetapi supaya cepat bisa dideteksi serta disambar ikan maka pelet bisa dicampurkan sedikit telur ayam dengan merata jadi baunya bisa amis.

Baca Juga :   Teknik Budidaya Ikan Tuna Peluang Usaha Yang Menjanjikan

3. Ursal

Ursal terkenal dengan ramuan yang dipakai petani guna meningkatkan nafsu makan ikan bandeng saat proses budidaya. Memakai ursal pastinya bisa membantu memancing ikan khususnya untuk ikan bandeng liar supaya mau menyambar umpan itu jadi bisa dipancing. Tips umpan ikan bandeng memakai ursal supaya lebih berhasil lagi ialah dengan menambahkan pelet ikan. Ursal kadang pun dipakai dalam budidaya.

4. Udang yang telah dikupas

Ikan bandeng pastinya lebih suka dengan umpan makanan semacamnya/ makanan yang kerap dikonsumsi baik di alam liar atau di kolam budidaya tambak. Salah satu jenis ataupun umpan yang baik guna memancing bandeng ialah memakai udang yang telah dikupas baik dalam keadaan kering ataupun basah dan masih mempunyai bau amis. Sejumlah umpan lain yang bisa dipakai untuk memancing ikan bandeng diantaranya :

• Pelet merah, yakni pelet yang menjadi makanan ikan koi
• Pelet oplosan, yakni dibuat dengan mencampurkan pelet menggunakan essense tengiri, choya dan sarden.
• Cacing, baik untuk cacing laut maupun cacing tanah menajdi umpan umum saat memancing yang bisa dipakai untuk bandeng.

Hal yang Harus di Perhatikan Saat Mancing

Sementara hal lain yang perlu diperhatikan lagi dalam memancing, diantaranya :

1. Menentukan spot

Spot ikan bandeng ini di alam liar misalnya air payau dan air asin. Di muara sungai serta tempat hutan bakau adalah tempat payau paling digemari ikan ini. Tepi dermaga, tepi pantai dan pelabuhan terkadang pun ada ikan bandeng, akan tetapi sulit sekali dipancingi. Tempat ternyaman dan gampang dipancingi tentunya dikolam serta tambak yang terbuat secara sistem harian.

2. Mendeteksi keberadaan bandeng di suatu spot

Ikan bandeng ialah ikan yang senang bermain secara menggerombol. Terkadang gerombolan ikan ini mengitari disebuat spot, jadi bila umpan tak disambar di waktu lama maka kita harus berpindah tempat.

Baca Juga :   6 Cara Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Untuk Panen Melimpah

3. Menentukan waktu baik guna memancing

Ikan bandeng cenderung bila keadaan cerah serta tak mendung. Waktu paling tepat ialah sekitar jam setengah 9 pagi samapi jam 12. Sesudah jam ini bandeng dominan kurang nafsu memakan umpan. Sehingga bila sudah lewat jam itu dapat dimulai sekitar jam 3 sore hingga matahari mulai tenggelam.

4. Menentukan keadaan cuaca baik

Bandeng yang ada di tambak kadang lebih di ari payau, sehingga di waktu hujan turun kandungan garamnya kurang dan mengakibatkan air lebih tawar. Kadang di kondisi cuaca ini ikan bandeng sulit makan umpan hingga umpan katanya tertop. Di waktu keadaan angin bertiup kencang sekali sebab lokasinya dekat sekali dengan pantai. Kadang akan memicu gelombang naik turun, jadi tak cocok di rangkaian berpengalaman.

5. Peralatan yang dipakai

  • Reel, reel ukuran 2000-3000 sudah lumayan memancing ikan bandeng di tambak, pelabuhan dan dermaga. Bila dipakai memancing berjarak panjang dapat memakai reel ukuran 4000.
  • Senar, senar yang dipakai bila senar mono dapat dimulai 4 Lbs-20 Lbs. Bila memakai Pe dapat menggunakan PE 1-2. Upayakan memilih senar sesuai size target dipancing.
  • Joram, joram ini panjangnya bergantung selera, idealnya mulai 150-195. Pilihlah joran yang mempunyai rating 3-18 Lbs berkarakter medium. Upayakan membawa minim 2 buah jeroam guna diefektifvitaskan waktunya, bila suatu waktu dipancing tidak bermasalah.
  • Mata kail, mata kail yang dipakai ini mulai nomor 3-5 dan cenderung bertahan stainless steel.
  • Timah pemberat serta pelampung, timah ini cenderung bentuknya melinjau bernomor 4. Sementara pelampung yang lumayan besar.

6. Umpan

Naluri makan ikan ini kadang akan ikut pakan yang kerap diberikan. Bila ikan bandeng cocok dengan pakan kesehariannya maka bisa langsung ditancap. Untuk jelasnya umpan itu sudah dijelaskan diatas tadi.

Baca Juga :   Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Dipelihara

Itulah tadi sejumlah jenis bahan yang bisa kalian pakai dalam Tips umpan ikan bandeng bagi pemula. Cara ini efektif dan bisa membuahkan hasil optimal dan juga lebih menarik sehingga bisa cepat disambar oleh ikan bandeng. Selain jenis umpan tersebut, tekni memancing, lokasi memancing, alatnya dan sejumlah hal lain pun tetap perlu diperhatikan. Sebab cara tersebutlah yang bisa mendukung prosesnya mengumpan bandeng. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah