Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

Posted on

Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah – Pohon anting putri mungkin beberapa diantara anda masing asing dengan istilah tersebut. Anting putri adalah salah satu jenis pohon yang sering digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Istilah lain yang dimiliki anting putri adalah Wrightia Religiosa yang menjadi salah satu dari 23 spesies tanaman yang masuk dalam kategori family Apocynaceae. Biasanya pohon anting putri ini sering dijadikan bonsai. Hal ini dikarenakan tanaman ini mudah untuk dibentuk dengan bentuk daunnya yang kecil dan berwarna hijau. Bentuk bunga dari pohon ini kecil dan cantik mirip seperti bunga melati.

Ciri Ciri Pohon Anting Putri

Pohon anting putri berasal dari Negara Afrika, Asia, dan juga Australis sehingga apabila anda tertarik untuk menanamnya di rumah maka mudah untuk tumbuh. Di habitat aslinya tanaman ini sering disamakan dan dianggap sebagai semak atau tanaman liar. Lain halnya apabila di Negara Jepang, pohon anting putri sering dijadikan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias. Maka tidak heran apabila pohon anting putri ini sangat populer di Negara sakura tersebut. untuk membedakan pohon anting putri dengan semak belukar atau tanaman liar, berikut beberapa ciri-ciri yang membedakannya.

  • Pohon anting putri memiliki bentuk daun yang cukup unik. Memiliki warna hijau kekuningan dan bunganya dapat mengeluarkan aroma yang harum meskipun bentuknya cukup mungil.
  • Pohon anting putri memiliki warna hijau yag cukup dominan sehingga bunganya yang berwarna putih membuatnya terlihat mencolok dan dapat menarik perhatian.
  • Pohon anting termasuk dalam tanaman hias, pohon ini mudah tumbuh dimana saja pada kondisi lingkungan yang tepat.
Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Kalkun Peluang Bisnis Menguntungkan!!!

Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

Namun, perlu diingat meskipun pohon anting putri mudah untuk ditanam dimana saja anda juga harus memperhatikan dan merawat agar pohon ini dapat tumbuh dengan optimal. Misalnya dengan melakukan penyiraman, pemupukan, serta penyiangan ketika diperlukan. Saat ini pohon anting putri semakin populer dengan bentuk bonsainya dan banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk membudidayakan tau sekedar menanam pohon yang satu ini sebagai tanaman hias. Berikut Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah bagi pemula dan bagi anda yang tertarik menanamnya.

  1. Cara membudidayakan pohon anting putri dan membuatnya menjadi bonsai dibutuhkan pohon anting putri yang memiliki kualitas bagus. Jika anda belum memiliki tanaman tersebut, maka anda bisa mencarinya di toko bibit tanaman dengan memilih indukan pohon yang berkualitas.
  2. Untuk memilih indukan yang mempunyaai kualitas bagus, yaitu dengan melihat apakaah pohon anting putri memiliki kayu yang kuat dan kokoh. Selain itu, pilih pohon yang berbentuk unik. Pemilihan batang yang kuat bertujuan untuk memudahkan anda dalam melilitkan pada kawat sehingga batang tersebut tidak mudah rusak dan dapat tetap tumbuh dengan baik. Atau jika anda tidak ingin repot dan ingin segera memiliki pohon anting putri maka anda bisa langsung membelinya dari kios-kios tanaman hias.
  3. Langkah selanjutnya setelah anda berhasil memilih pohon anting putri yang berkualitas maka yang perlu anda lakukan adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Media tanam pohon ini cukup mudah, anda hanyaa perlu menyiapkan media tanam seperti campuran antara pasir, tanah dan humus, serta jangan lupa untuk menyiapkan kawat sebagai pengikat agar tanaman dapat tumbuh dengan tegak pada bentuk yang diinginkan.
  4. Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah selanjutnya tahap yang keempat dengan bakalan bonsai tersebut dibawah paranen. Hal ini bertujuan agar tanaman bakal bonsai tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung. Tahap ini dapat anda lakukan selama kurang lebih 2 minggu.
  5. Pada tahap keempat yang berlangsung selama 2 minggu, disarankan untuk tidak lupa agar selalu menyiram pohon tersebut, yaitu dengan menyiram sekali dalam sehari. Penyiraman dapat anda lakukan diwaktu pagi atau sore hari. Hal tersebut bertujuan untuk selalu menjaga kelembaban media tanamnya.
  6. Setelah 2 minggu berlalu biasanya pohon bonsai anting putri akan memunculkan tunas serta bakal daun yang baru. Apabila hal ini terjadi dan tanaman dapat tumbuh dengan baik maka tanaman ini telah siap untuk dijadikan desain bonsai.
Baca Juga :   Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele

Sebenarnya pembuatan desain bonsai tanamaan anting putri dibutuhkan keahlian khusus. Jadi, bagi para pemula apabila ingin mempunyai hasil bonsai yang berkualitas dan bagus, disarankan untuk meminta bantuan pada teman yang lebih ahli dan berpengalaman. Ketika pohon anting putri telah tumbuh menjadi tanaman bonsai maka jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatannya.

Hal ini penting dilakukan agar tampilan bonsai anting putri dapat berbentuk sesuai yang anda inginkan. Misalnya jika terdapat daun yang mulai menguning, maka jangan sembarangan dalam melakukan pemangkasannya. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada bentuk tajuknya. Sehingga anda disarankan untuk menanyakan terlebih dahulu kepada yang lebih berpengalaman.

Mempunyai halaman rumah yang indah dan hijau penuh dengan tanam adalah keinginan dari banyak orang. Tidak hanya rumah, namun juga halaman sekolah atau halaman depan kantor pasti indah jika dihiasi dengan tanaman yang bagus dan memiliki tampilan yang menarik. Sehingga memiliki pohon anting putri dan membentuknya sebagai bonsai bisa dijadikan alternative dalam menghias halaman rumah, sekolah, atau kantor anda. Warna yang hijau pada halaman rumah dapat memberikan kesan yang sejuk dan nyaman agar aktivitas setiap harinya dapat berjalan dengan semangat.

Nah, itulah beberapa uraian mengenai Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah dan membentuknya sebagai tanaman bonsai. Semoga dapat dijadikan sebagai inspiraasi menghias halaman rumah.

Baca juga:

Tips Agar Ikan Nila Cepat Berkembangbiak

Usaha Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit