13 Manfaat Pohon Damar : Pengertian, Klasifikasi Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on
13 Manfaat Pohon Damar : Pengertian, Klasifikasi Beserta Penjelasannya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya

Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya – Pernahkah anda mendengar pohon damar? Ya pohon damar merupakan salah satu jenis pohon pinus yang banyak tumbuh didaerah pegunungan. Damar menjadi salah satu jenis pohon yang persebarannya di Indonesia saat ini sudah mulai terancam karena banyak ditebangi. Pohon damar banyak tersebar di daerah Jawa, Maluku, Sulawesi bahkan hingga mencapai Negara tetangga yaitu Filipina. Klasifikasi pohon damar mulai dari kerajaannya yakni Plantae, divisi Pinophyta dengan kelas Pinopsida termasuk dalam ordo Pinales family Araucariaceae dengan genus Agathis dan spesies Agatis Dammara.

Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya

Damar memiliki tinggi pohon mencapai 65m berbatang bulat silinder dengan diameter yang dapat mencapai lebih dari 1,5m. pepagan luar berwarna keabu-abuan dengan sedikit kemerahan, mengelupas dalam kepingan-kepingan kecil. Memiliki daun yang berbentuk jorong dengan ukuran 6-8 x 2-3 cm, meruncing keaarah ujung yang membundar. Runjung dari serbuk sari masak 4-6 x 1, 2-1,4 cm; runjung biji yang masak memiliki bentuk bulat telur, ukuran 9-10,5 x 7,5-9,5 cm. Pohon damar dapat tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah dengan ketinggian 1.200m dpl (dari permukaan laut). Akan tetapi di daerah Jawa pohon ini biasa di tanam di daerah pegunungan. Berikut ini uraian agar dapat Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya.

Baca Juga :   8 Cara "Paling Mudah" Menanam Kacang Hijau dengan Benar

Manfaat Pohon Damar

Bagian-bagian pohon damar yang dapat dimanfaatkan yakni bagian batang kayu dan getahnya. Masyarakat dapat mengambil manfaatnya dengan cara yang legal yaitu sebagai berikut.

1. Bermanfaat sebagai pembuat kopal

Kopal merupakan salah satu bahan yang penting dalam dunia industry kertas. Kopal didapatkan dari hasil olahan resin getah pohon damar yang biasanya dimanfaatkan untuk melapisi kertas. Tujuannya agar tinta yang menempel pada kertas nantinya tidak akan menyebar. Kopal telah banyak dihasilkan dari pohon damar maka tidak heran apabila terdapat orang yang ingin membudidayakan.

2. Sebagai mata cincin

Selain sebagai pelapis pada kertas, kopal yang terbuat dari olahan resin juga bermanfaat sebagai batu cincin. Kopal ketika telah mengeras dan membeku akan mengeluarkan warna yang indah, maka tidak heran apabila banyak yang memanfaatkannya sebagai cincin.

3. Sebagai bahan campuran minyak wangi atau parfum

Taukah anda bahwa parfum yang sering anda gunakan ternyata beberapa diantaranya terbuat dari bahan campuran yang salah satunya dari resin atau ekstrak dari damar. Bahan-bahan pembuat parfum nantinya akan dicampurkan sehingga menimbulkan wangi-wangian tertentu yang berbeda satu dengaan yang lainnya.

4. Sebagai lem

Untuk dapat Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya selain sebagai campuran pembuat parfum, ekstrak dari damar juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan lem. Lem yang terbuat dari ekstrak damar atau resin biasanya dipergunakan untuk menempelkan furniture yang terbuat dari bahan kayu.

5. Dipergunakan sebagai vernis

Vernis atau pernis merupakan bahan finishing transparan yang dapat menampilkan estetika dan melindungi media kayu yang dilapisinya. Vernis tersebut ternyata terbuat dari ekstrak damar atau resin. Selain diaplikasikan pada media kayu, vernis dapat dipakai dalam lukisan-lukisan yang terbuat dari media kanvas.

Baca Juga :   9 Cara "Sukses" Budidaya Kedelai di Lahan Bekas Menanam Padi

6. Sebagai kayu untuk penyangga atap rumah

Terdapat beberapa daerah yang memanfaatkan damar sebagai kerangka atap rumah. Namun, saat ini telah banyak dan kalah popular dengan kerangka baja ringan.

7. Untuk hiasan dan juga peneduh

Pohon damar dapat tumbuh dengan besar dan tinggi mirip seperti pohon pinus dan cemara. Sehingga tidak heran apabila damar sengaja ditanam sebagai media peneduh. Selain sebagai peneduh karena memiliki bentuk yang cantik seperti cemara, pohon iini juga sering digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik pinggiran jalan dan penataan kota.

8. Sebagai penyedia oksigen

Sama seperti pohon dan tumbuhan lainnya, pohon damar juga mengalami fotosintesis, yang artinya pohon ini akan melepaskan oksigen ke udara yang tentunya penting bagi kehidupan makhluk hidup.

9. Mencegah banjir

Di suatu daerah apabila ditanami oleh pohon damar, dapat dijadikan sebagai pencegah banjir karena memiliki batang pohon yang besar dan juga kuat. karena sekumpulan pohon damar dapat menjadi tempat peresapan dan penyerapan air yang sangat baik.

10. Pembuatan dupa

Pada umumnya, dalam ritual-ritual adat tertentu masyaraka sering membakar dupa. Kayu dari pohon damar dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan dupa tersebut yang dapat menimbulkan bau khas serta dapat memunculkann asap mengepul.

11. Sebagai pembungkus kabel dalam bawah tanah

Manfaat lain dari damar yaitu sebagai pembungkus kabel, terutama jalur kabel yang ada di bawah taanah dan di dasar laut.

12. Sebagai bahan campuran pewarna kain batik

Selain dapat bermanfaat sebagai pembuatan mata cincin, vernis dan pelapis kertas, ternyata resin damar juga bermanfaat sebagai campuraan dari lilin yang digunakan untuk melukis batik. Batik merupakan satu kesenian asli Indonesia dengan keindahan corak yang khas dibuat dengan metode lukis tangan. Namun ada juga yang memakai cap atau sablon.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Jati Emas Unggulan Yang Bernilai Tinggi

13. Sebagai pelapis pada korek api

Kayu damar juga dapat dimanfaatkan sebagai pelapis korek api. Hal ini bertujuan untuk mencegah kayu pada korek api menjadi mudah terbakar sehingga dapat menyebabkan kayu dari korek api tersebut menjadi tidak cepat dan tidak mudah terbakar ketika dinyalakan.

Nah, dengan demikian setelah Mengenal Pohon Damar dan Manfaatnya. Kita dapat lebih banyak mengetahui ternyata manfaat dari pohon damar berperan dalam berbagai hal yang berguna untuk kehidupan. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca juga: