Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Posted on

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish – Pisang Cavendish merupakan jenis tanaman pisang konsumsi yang dapat tumbuh di iklim subtropis dan tropis termaksud di Indonesia,sekilas pisang cavendish memiliki kemiripan dengan pisang ambon asli tanaman lokal di Indonesia.

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Rasa manis, daging buah yang lembuh, berwarna putih sedikit kekuningan dan kaya vitamin, mineral, karbohidrat, tepung dan serat menjadikan pisang cavendish begitu sangat komersial dan mendapat tempat dihati pencinta buah, karena kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish

Pisang Cavendish memiliki ciri-ciri yang khas seperti bentuk morfologi dengan tinggi batang nya bisa mencapai 2.5-3 meter,memiliki panjang tandan yang bisa mencapai 60-100 cm,dengan rata-rata berat tandan bisa mencapai 15-30 kg,yang setiap sisir nya bisa berisi 12-22 buah,dan pembudidayaan pisang cavendish membutuhkan waktu panen 12-13 bulan lamanya.

Pisang Cavendish dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis,dengan ketinggian 800-1200 dpl,menginginkan curah hujan 200-500 dengan 2 bulan masa kering,suhu optimum pertumbuhan antara 27-30 derajat celcius,toleran dengan pH 4.5-7.5, tumbuh optimal dengan jenis tanah kaya humus dan liat berpasir.

Dewasa ini tidak sulit untuk mendapatkan bibit pisang Cavendish, di lampung khususnya yang menjadi icon kota buah tangan (oleh-oleh )dari tanaman pisang,yang kini sedikit demi sedikit masyarakat nya telah membudidayakan pisang jenis konsumsi tersebut,tidak sulit untuk mendapatkan bibit atau anakan pisang cavendish di lampung.

Kini telah menjamur lapak atau tempat-tempat pembibitan perbanyakan yang dijual bibit pisang Cavendish dengan harga yang ekonomis sehingga dapat di tanam dibelakang pekarangan rumah dan budidayakan dalam luasan tertentu. Sekilas perbanyakan tanaman pisang Cavendish tidak jauh berbeda dengan jenis pisang konsumsi pada umumya, perbanyakan pisang Cavendish dapat diperbanyak dengan cara vegetative yaitu; mengambil bagian tertentu dari indukan berupa tunas-tunas anakan.

Baca Juga :   Cara Menikahi Kucing Persia dengan Kucing Kampung Agar Berhasil

Tahapan Perbanyakan Pisang Cavendish

  • Memilih calon anakan yang berasal dari indukan pisang Cavendish yang memiliki pertumbuhan baik dan sehat dengan tinggi calon anakan bibit 1-1,5 meter dengan lebar 15-20 cm.
  • Pengambilan calon anakan pisang Cavendish dilakukan pada pagi atau sore hari,seleksi calon anakan pisang yang memiliki pertumbuahan yang baik dan sehat,pengambilan calon anakan dengan cara mengali dengan cangkul secara hati-hati agar tidak melukai bagian tubuh calon anakan.
  • Calon anak pisang Cavendish yang telah diambil terlebih dahulu diberikan perlakuan sanitasi yang berfungsi untuk menghindari penyebaran hama dan penyakit yaitu, dengan memberikan jenis insektisida tambahan, dengan dosis 0,5-1 % dengan perlakuan perendaman bibit anakan  selama 10-15 menit,yang dilanjutkan pengeringan dibawah sinar matahari selama 1-2 jam untuk mengeringkan apabila terdapat luka hasil pengalian atau pengambilan anakan saat dilokasi.
  • Siapkan polibeg untuk pembibitan dengan ukuran 20 x 30 cm atau 25 x 40 cm,pemilihan ukuran polibeg tergantung dari lamanya ditempat pembibitan, polibeg berisi media tanah yang subur atau tanah kompos,yang dicirikan tanah yang berwarna coklat kehitamhitaman. Tahapan selanjutnya sebelum dilakukan pengisian media pertumbuhan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kondisi tanah untuk memastikan tidak adanya tanah yang mengumpal,akar atau benda lain,baiknya dilakukan pengayakan tanah terlebih dahulu, media pertumbuhan didalam polibeg dilakukan 1-2 minggu sebelum bibit anakan pisang Cavendish diambil dari lokasi indukan,penuhi polibeg dengan tanah hingga 2-3 cm dari permukaan polibeg,lipat bagian bawah polineg hingga tidak terjatuh.
  • Pindahkan bibit anakan pisang Cavendish yang telah siap,kedalam polibeg-polibeg untuk selanjutnya dilakukan pemelihaaran pembibitan. Pemeliharaan pembibitan akan berlangsung 2-3 bulan,sampai calon pembeli datang untuk mengambil bibit pisang tersebut. Kegiatan pemeliharan dilakukan untuk memastikan bibit pisang Cavendish bisa tumbuh dengan optimal,pemeliharan berupa penyiraman rutin 2 kali sehari dengan mengunakan gembor,pemupukan dilakukan 2-3 minggu setelah anakan bibit pisang Cavendish dipindah ke polibeg,jenis pupuk yang berikan jenis pupuk anorganik yaitu; NPK dengan dosis 2-5 gram/polibeg,yang diberikan dengan cara ditebar di permukaan polibeg.
Baca Juga :   Pengertian Serta Tata Cara Budidaya Jagung Hibrida Baik Dan Benar

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Peluang Usaha Perbanyakan Pisang Cavendish dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga: