Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula

Posted on

Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula

Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula –Anjing Pom adalah salah satu ras anjing toy yang terkenal karena kepintaran dan kelucuannya serta wajah yang terlihat seperti boneka dan rubah. Sifat anjing pom yang imut dan mudah dikenali sebab bulunya yang cantik membuat anjing ini banyak yang menyukai. Berikut ini beberapa tips memelihara anjing Pom bagi pemula yaitu:

1. Bersihkan Telinga Pom

Bersihkan telinga pom secara teratur memakai cottonswab yang sudah dicelupkan dalam cairan pembersih non alkohol. Angkat telinga pom untuk melihat kulit bagian dalam, lalu bersihkan.
Jangan memasukkan cottontip atau cottonbud pada saluran telinga dan apabila anjing bergerak secara tiba-tiba, alat pembersih tersebut bisa masuk terlalu dalam sehingga merusak telinga anjing. Pastikan menggunakan pembersih non alkohol karena tidak menyengat seperti pembersih yang mengandung alkohol.

2. Potong Kuku Dengan Teratur

Potong kuku anjing secara hati-hati dengan cara mengangkat telapak kaki dari belakang dan biarkan anjing menekuk area persendiannya. Identifikasi juga bagian quick serta sisakan kuku sepanjang 4 hingga 5 mm untuk melindungi bagian tersebut sebab bagian quick kuku anjing bisa berdarah jika terpotong.Potong kuku dengan gunting khusus untuk anjing.Siapkan juga obat penahan darah bubuk untuk menghentikan pendarah jika kalian tidak sengaja memotong kuku terlalu pendek.Kikir juga kuku anjing untuk menghaluskan dan pastikan kalian memuji anjing sesudah memotong kuku agar ia terbiasa dipotong kukunya.

Baca Juga :   12 Cara "Sukses" Merawat Ayam Bangkok Super Jalu Supaya Menang Terus

3. Mandikan Pom

Memandikan anjing pom sebaiknya dilakukan sebelum bulu dipotong agar gunting rambut tidak tumpul karena minyak yang menumpuk pada bulu anjing. Minyak pada tubuh anjing pom mempunyai banyak kegunaan jadi sebaiknya mandikan pom setiap 3 bulan sekali kecuali jika tubuh pom benar-benar kotor.
Letakkan karpet antiselip atau handuk pada dasar bak mandi kemudian isi dengan air hangat. Rendam anjingdan gunakan wadah kecil untuk menuangkan air secara perlahan pada tubuh anjing. Basahi seluruh tubuh anjing, hindari bagian telinga dan mata.

4. Oleskan Shampo dan Bilas

Oleskan memakai shampo khusussampaiberbusa dan pastikan shampo menutupi seluruh tubuh anjing, pijat sambil diratakan. Diawali dari kepala hingga ekor dan gosok seluruh bagian tubuh pom termasuk perut, ekor, kaki dan juga telapak.
Lanjutkan dengan dibilas sampai bersih karena jika tidak bisa menyebabkan iritasi. Pakai juga semprotan atau shower supaya lebih mudah mencapai seluruh kulit untuk membersihkan semua sisa shampo.

5. Sikat Bagian Gigi

Bagian gigi anjing pom harus disikat secara teratur untuk mencegah kerusakan. Gunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing, lakukan secara menyeluruh. Jika pom tidak menyukainya, teruslah coba setiap hari sekitar 5 menit, jangan digosok terlalu keras sebab gusi pom sangat sensitif.

6. Sediakan Tempat Tinggal yang Baik

Sediakan juga tempat tinggal yang nyaman untuk pom dan pastikan tidak terlalu bising, banyak benda tajam dan berbau menyengat agar tidak depresi. Pilihlahkandang pom dengan sirkulasi udara baik untuk menjaga pernapasan pom. Tambahkan mainan atau bantal sebagai alas tidurnya supaya pom bisa selalu merasa hangat.

7. Berikan Makanan Terbaik

Anjing pom harus diberikan makanan terbaik dan kaya akan nutrisi seperti daging cincang yang lembut dan juga susu. Anjing pom harus makan sebanyak 3 kali sehari. Pastikan kalian membeli makanan berkualitas dan tidak mengandung bahan tambahan lain serta jangan berikan makanan manusia khususnya makanan cepat saji karena mengandung garam dan gula terlalu tinggi yang bisa berdampak buruk pada anjing.

Baca Juga :   7 Panduan Sukses Budidaya Burung Belibis Untuk Pemula

8. Berikan Tempat Nyaman untuk Istirahat

Pom sangat butuh tempat istirahat yang nyaman, bersih dan juga kering. Jika anjing sering bermain di luar, pastikan anjing memiliki tempat berlindung khususnya jika cuaca sedang hujan, terlalu panas ataupun terlalu dingin. Sedangkan untuk anjing pom yang senang bermain di kandang dan di dalam rumahpastikan dia mendapatkan area beristirahat yang nyaman.

9. Biarkan Pom Bergerak Bebas

Pastikan kalian membawa pom untuk berjalan jalan setidaknya 20 menit yang sangat penting dilakukan. Dan pastikan anjing juga bisa bermain secara bebas tanpa tali kekang meski hanya di halaman belakang rumah.

10. Latih Untuk Membuang Kotoran

Melatih pom untuk buang air pada tempatnya penting untuk menjaga kebersihan rumah dan supaya bisa menjalin hubungan antara kalian dengan pom. Pada awalnya mungkin terasa sulit namun tetap harus terus dilakukan sampai pom bisa buang air sendiri.Bawa pom ke area yang sama setiap kali akan buang air sehingga lama kelamaan, ia akan mengerti jika itu merupakan area untuk buang kotorannya. Hindari memarahi anjing ketika ia gagal melakukannya karena sebenarnya anjing hanya bingung dan belum mengerti dengan baik.

11. Singkirkan Bulu Berlebih di Beberapa Area

Bulu di sekitar mata, telinga, telapak kaki dan tubuh bagian belakang haruslah dipotong secara teratur. Pakai alat pemotong elektrik untuk mempermudah ketika memotong bulu dan pangkas juga bulu di sekitar alat kelamin. Baca instruksi pemakaian alat pemotong agar tidak salah memakai alat tersebut.

12. Ajak Anjing Bermain Dengan Lembut

Cara paling efektif yang bisa kalian lakukan agar anjing tidak menyalak dan menggigit adalah mengabaikan anjing ketika bersikap buruk seperti menggigit atau menyalak ketika mencari perhatian. Ketika kalian mengabaikan pom yang sedang berperilaku tidak baik, maka ia akan mengerti jika ia harus mencari perhatian dengan sikap yang lebih baik dan lebih lembut. Ketika pom sudah bisa bersikap baik, maka berikan hadiah serta pelukan untuk menyenangkan hati anjing kalian.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Ayam Mau Mengeram yang Perlu Diketahui

Itulah pembahasan tentang Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan

Penyakit Pada Burung Nuri yang Harus Diketahui