Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh

Posted on

Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh

Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh – Kelinci merupakan hewan peliharaan paling banyak dipelihara oleh masyarakat tertentu. Kelinci juga bisa menunjukkan jika merasa stress ataupun tersiksa dan mengakibatkan kelinci tak mau makan bahkan bisa mati. Apalagi jika ketika mengalami depresidapat mencoba bunuh diri dan membuatnya kematian tampak ketika ada teriakan yang melengking atau tersengal sengal.

Umumnya kelinci bukanlah hewan yang suka bepergian. Sehingga jika anda mau mengajak kelinci, maka perlu pertimbangan yang matang. Nah, perlu ada Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh seperti berikut ini.

1.Siapkan Kandang Kelinci yang Kuat

Pastikan dulu agar kandang kelincinya kuat ketika dipakai untuk perjalanan jauh. Pastikan agar kandangnya juga tak mudah rusak ada ventilasi yang baik serta aman. Supaya kelinci tak dapat melarikan diri ataupun merusak kandangnya. Namun pastikan pula jika kandangnya mudah dibuka agar saat kelinci gugup, kandang cepat bisa dibuka.

Kardus juga bukan pilihan terbaik jika anda ingin membawa kelinci pada perjalanan jauh. Karena gampang dirusak kelinci atau dapat rusak saat kehujanan. Sebaiknya Anda beli kandang ataupun sangkar kelinci yang secara khusus dirancang untuk perjalanan jauh.

2. Sesuaikan Ukuran Kendaraan

Perhatikan juga ukuran kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan jauh. Pilih kendaraan yang berukuran agak lebar agar seluruh kelinci bisa dibawa dan dapat berbaring dengan nyaman. Anda pun dapat membawa beberapa kelinci pada setiap kandangnya dengan catatan, kandangnya lebar dan seluruh kelinci nyaman ada didalamnya.

Baca Juga :   15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

Namun ukuran kandang juga tak perlu terlalu luas guna mencegah kelinci terbentur ketika perjalanan. Usahakan juga kandangnya tertutup rapat serta dilengkapi pula ventilasi udara yang cukup.

3. Lapisi Lantai Kandang

Sebaiknya pada kandang kelinci juga dilapisi oleh bahan penyerap bau. Sementara itu, alas tersebut juga bermanfaat dalam mencegah kelinci anda tergelincir saat bagian bawah sangkar tak berbahan kesat.
Alas puppy training pada kandang cukup bagus digunakan untuk alasnya. Selain itu, Anda pun dapat melapisi sangkar dibagian bawahnya menggunakan handuk, koran serta serutan pinus maupun bahan penyerap bau. Hal ini bertujuan supaya bisa menyerap bau kotoran kelinci saat diperjalanan.

4. Tambahkan Jerami dan Botol Air

Biasanya kelinci tak akan makan banyak saat diperjalanan. Karena tingkat stress kelinci yang meningkat. Meskipun begitu, jerami sangat bagus bagi kelinci sehingga kita bisa menambahkannya ke dalam kandang untuk makanan ringan bagi kelinci.
Selain itu, jangan menaruh makanan biasa pada wadah ketika kelinci dibawa dalam perjalanan sebab akan melukai kelinci ketika melakukan gerak. Disamping itu, tambahkan juga jerami pada kandang. Isi juga minuman pada botol untuk minum kelinci berukuran 4 sampai 6 ons. Supaya lebih gampang dipasang pada sisi kandang pakai klip pegas.

Namun biasakan dulu kelinci minum melalui botol diperjalanan sebelum akan melakukan perjalanan.
Sebaiknya juga membawa air sendiri dari rumah untuk kelinci. Sebab kelinci akan rewel saat air minumnya ditaruh secara berubah ubah. Serta memperlihatkan jika kelinci anggora mengalami sakit agar kelinci tidak mengalami dehidrasi khususnya ketika perjalanan jauh dilakukan.

Bila kelinci tak mau minum melalui botol ketika bepergian, jadi harus ada orang lain di kursi belakang supaya dapat mengeluarkan kelinci setiap waktu supaya kelinci dapat minum melalui tangan.
Kebanyakan kelinci tak mau makan jerami saat bepergian. Jadi dapat kita ganti jerami tersebut dengan seledri atau wortel.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Ampuh" Menjinakkan Kucing Persia Dewasa yang Galak

5. Kenalkan Kandang Dengan Kelinci

Jangan sampai kita memaksa kelinci untuk masuk ke kandang karena dapat membuat kelinci stress. Bahkan merasa takut dengan kandang itu.
Biarkan kandang kelinci terbuka serta letakkan camilan dalam kandang guna menarik perhatian si kelinci. Selain itu, biarkan juga kelinci masuk pada kandang ketika pintunya terbuka. Lebih dulu kenalkan kelinci dengan kandangnya sebelum akan dibawa dalam perjalanan dengan kandang tersebut. Hal ini agar kelinci terbiasa serta tidak merasa takut pada kandang yang akan digunakan dalam perjalanan.

6. Kaitkan Kandang Dengan Sabuk Pengaman

Saat hendak melakukan perjalanan, kaitkan kandang kelinci pada sabuk pengaman. Anda juga bisa meletakkan kandang tersebut di lantai belakang yang aman. Taruh sisi kandang di arah depan serta bagian depannya menghadap samping agar wajah kelinci tak terbentur saat mobil melakukan pengereman secara mendadak.
Hindari menaruh kandang kelinci pada bagasi mobil yang tertutup karena area gelap membuat kelinci merasa takut. Sehingga membuat kelinci merasa kehabisan nafas.
Bila anda mau membawa kelinci didalam kendaraan terbuka, dapat pula kita lakukan tapi sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung karena kelinci sangat sensitif dengan panas.

7. Jaga Suhu Kendaraan Tetap Dingin

Bila anda melakukan bepergian dengan kelinci pakai mobil, pastikan AC mobilnya tetap menyala. Karena kelinci sangat sensitif dengan panas lebih dari sifat sensitive manusia.
Saat anda mau beristirahat selama perjalanan, pastikan memarkir mobil di lokasi yang teduh. Lalu biarkan jendelanya terbuka agar udara sejuk dapat masuk ke mobil. Tapi bila cuacanya cukup panas, biarkan AC dalam mobil tetap menyala meskipun sedang berhenti.

Itulah beberapa Tips Membawa Kelinci Jarak Jauh. Jika anda membawa kelinci di perjalanan anda, maka ikuti tips diatas supaya kelinci bawaan anda tidak kaget dan nyaman berada di dalam mobil. Selain diatas ada beberapa karakteristik kelinci yang perlu anda ketahui diantaranya suka menggali, kelinci adalah hewan pengerat, kelinci suka dengan ketenangan, kelinci juga suka meloncat dan masih banyak kerekter kelinci lainnya.

Baca Juga :   9 Makanan "Penting" Tambahan Untuk Burung Gelatik

Baca juga:

Cara Mengatasi Hama Embug Paling Efektif

Cara Membasmi Hama Orong-Orong Paling Efektif