Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

Posted on

Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod

Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod – negara Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis dengan ribuan jenis tanaman yang bermanfaat. Terkadang kita tidak menyadari sebenarnya di sekitar kita ada tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan serta mengobati penyakit. Baik penyakit itu terjadi pada manusia atau pada hewan. Salah satunya yaitu bunga kitolod.

Bunga kitolod Merupakan tanaman yang jarang diperhatikan bahkan ada banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya. Bunga kitolod ini tumbuh di daerah yang lembab, seperti di selokan dan di pinggir sungai. Bunga kitolod termasuk bunga liar yang memiliki kandungan toksin dan berbagai senyawa yang mampu menyembuhkan penyakit pada burung. Jika kalian sudah pernah melihat bunga tersebut dan belum memahami bagaimana cara pemberiannya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati burung dengan bunga kitolod yaitu:

1. Gunakan Bunganya

Cara mengobati burung dengan bunga kitolod yang pertama ialah kalian dapat memanfaatkan bunganya. Pastikan bunga dalam keadaan bersih dan bebas dari pencemaran seperti limbah atau kotoran.
Bunga kitolod yang dalam kondisi tidak bersih justru akan menambah penyakit. Untuk menjamin kebersihannya,pilihlah bunga kitolod yang berasal dari bunga yang telah dibudidayakan.

Pilih pada pangkal bunganya untuk mendapatkan kandungan yang lebih baik. Ambil 3 lembar dan rendam dalam air bersih selama 5 sampai 10 menit. Teteskan airnya ke dalam mata burung. Ulangi 3 kali sehari setiap pagi, siang, dan sore. Cara ini dapat menyembuhkan penyakit katarak pada burung. Lakukan hingga sembuh.

Baca Juga :   Penyakit Pada Burung Nuri yang Harus Diketahui

2. Diperas

Selain cara tersebut, cara mengobati burung dengan bunga kitolod ialah dapat menggunakannya dengan cara diperas. Caranya yaitu ambil bunga kitolod sebanyak 5 lembar kemudian peras secara langsung untuk diambil airnya. Pastikan tangan, alat untuk memeras, dan wadah kalian dalam kondisi bersih.
Gunakan air hasil perasan tersebut secara langsung untuk diminumkan pada burung kalian. Cara ini bisa mengobati berbagai penyakit pada burung seperti sakit tenggorokan.

3. Diambil Getahnya

Bunga kitolod memiliki getah di bagian tangkainya dan mengandung senyawa untuk menyembuhkan penyakit, ambil tangkai bunga kitolod, lalu ambil getah yang ada di dalamnya, getah tersebut dapat digunakan sebagai obat. Getah mempunyai kandungan yang lebih tinggi, maka ambil secukupnya saja, bila terlalu berlebihan dapat mengakibatkan risiko keracunan.

4. Rendam Daunnya

Bagian lain dari bunga kitolod yang bisa digunakan untuk mengobati burung yaitu dengan menggunakan daunnya. Ambil 5 lembar daun bunga kitolod, lalu rendam dengan air hangat selama beberapa menit, berikan air hasil rendaman tersebut untuk pengobatan.

5. Ditumbuk

Cara lain untuk memanfaatkan bunga kitolod yaitu dengan menumbuk daunnya. Caranya hampir sama yaitu menumbuk daun tersebut hingga keluar sari-sari airnya. Ambil dan manfaatkan airnya tersebut untuk pengobatan pada burung kalian.

6. Dengan Cara Direbus

Merebus juga dapat dilakukan sebagai cara untuk mengobati burung gelatik dengan bunga kitolod. Dengan merebus lebih terjamin kebersihannya sebab membunuh sisa-sisa kuman yang masih tertinggal. Ambil daun bunga kitolod, lalu cuci hingga bersih terlebih dahulu. Rebus dengan air putih sampai mendidih. Diamkan sampai air tersebut dingin, baru diberikan kepada burung yang terkena penyakit.

7. Diuapkan

Cara yangefektif untuk mengobati burung yangsakit yaitu dengan penguapan. Caranya dengan rebus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel pada bagian batangnya, lalu rebus dengan 5 gelas air yang bersih. Air rebusannya jangan langsung diberikan pada burung yang sakit, biarkan dulu menguap selama beberapa jam sampai hanya menyisakan 1 gelas air.

Baca Juga :   Jenis Lahan Budidaya Kacang Tanah

Sisa 1 gelas air tersebut yangakan digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit pada burung kalian, berikan air hasil penguapan itu cukup 1 kali dalam sehari.
Berikan sedikit demi sedikit sebab air hasil penguapan sari-sarinya telah mengendap sehingga akan terasa pahit dan tidak enak jika sampai diminum. Bila memberikannya dalam jumlah banyak dapat membuat burung kalian muntah.

8. Ditempelkan

Bunga kitolod selain untuk mengobati penyakit, juga dapat digunakan mengobati luka atau sakit kulit pada burung. Luka yang diobati dengan bunga kitolod ini dapat mencegah infeksi. Caranya yaitu dengan memanfaatkan daunnya. Lalu ambil 3 lembar daun kitolod, cuci dengan bersih terlebih dahulu, barukemudian tumbuk daunnya hingga halus dan keluar sari sarinya, balutkan atau tempelkan langsung pada kulit yang luka.

Ketika daun kitolod ditempelkan pada luka di kulit burung, kemungkinanburung akan merasa tidak nyaman sebab kandungan kitolod tersebutmulai bereaksi sehingga menimbulkan rasa perih pada luka tersebut. Tetapi hal itu tidak akan berlangsung lama, luka akan cepat mengering dan sembuh, juga bebas dari infeksi.

9. Patahkan Tulang Daun

Tulang daun bunga kitolod juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengobati burung, caranya yaitu ambil daun kitolod lalu tekan sampai mengeluarkan air. Setelah terasa mulai kering, kandungan airnya telah habis, maka campur air dari bunga kitolod tersebut dengan 5 sendok makan air bersih, teteskan pada mata burung. Cara ini bisa mengobati penyakit pada burung yang berhubungan dengan penyakit mata.

10. Hindari Pangkal Batang

Dalam menggunakan bunga kitolod untuk pengobatan, ada satu bagian yang tidak boleh kalian gunakan. Kalian harus memahaminya, sebab jika kalian sampai salah dan memberinya pada burung kalian dapat berakibat fatal. Bagian tersebut ialah pada pangkal batang. Hindari bagian tersebut.
Pangkal batang bunga kitolod ini mengandung racun, apabila masuk ke dalam tubuh burung dapat menyebar ke seluruh tubuhnya dan menyebabkan alergi hingga kematian.

Baca Juga :   Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami

Itulah pembahasan tentang Cara Mengobati Burung dengan Bunga Kitolod. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula

Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan