Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

Posted on

Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

Tips Sebelum Memelihara Burung Beo – Burung beo merupakan jenis burung yang tidak hanya cantik pada bulunya saja, namun juga cerdas dalam menirukan suara manusia. Sehingga banyak orang yang memeliharanya. Memelihara burung memang merupakan salah satu aktivitas yang sangat menarik dan di minati banyak orang. Burung Beo adalah burung cantik dan eksotis yang sangat menarik untuk dipelihara. Burung beo yang sukses di pelihara dengan cantik serta berkualitas dapat memberikan keuntungan besar untuk kalian semuanya.

Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

1. Persiapan Niat dan Tujuan

Salah satu hal yang harus kalian persiapkan sebelum memutuskan untuk memelihara burung beo yaitu masalah niat. Karena, untuk melakukan semua ini pada dasarnya tidak mudah seperti yang telah kalian fikirkan selama ini.
Mungkin sebagian besar orang berfikir jika memelihara burung itu hanya cukup dengan memberi pakan dan minum. Padahal banyak sekali hal yang harus anda perhatikan untuk dijadikan sebagai perawatan dan kemungkinan besar tidak semua orang mengetahuinya.

Terutama untuk kalian yang masih sebagai seorang pemula, maka tips sebelum memeihara burung beo seperti menyiapkan niat dan tujuan ini sangat penting sekali untuk dilakukan. Jadi, kalian semuanya harus memantabkan niat untuk benar-benar serius untuk memelihara burung beo seperti halnya yang kalian inginkan.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Menanam Hidroponik dengan Media Air yang Benar

2. Pelajari Berbagai Macam Cara Perawatan

Selanjutnya yaitu dengan mempelajari tata cara perawatan yang benar. Dengan begitu kalian akan menguasai dan paham cara memberikan perawatan yang benar sebelum memelihara burung beo. Yang dimaksud perawatan disini yaitu seperti memandikan burung, jadi tidak sekedar diberikan makan dan minum saja namun juga di mandikan. Juga masih banyak perawatan yang lainnya yaitu seperti pemberian vitamin dan pengalokasian yang sesuai untuk menghindari burung beo stres.

3. Mempersiapan Sangkar atau Kandang

Tips selanjutnya adalah menyiapkan sangkar atau kandang yang tepat untuk tempat burung burung beo. Sangkar yang akan digunakan untuk burung beo biasanya tidak perlu yang harganya sangat mahal, mewah atau meriah dan juga memiliki desain yang bagus sekali. kalian bisa memilih jenis sangkar yang dibuat menggunakan bahan kayu jati. Atau pilihlah yang memang sudah benar-benar awet. Dengan demikian, sangkarnya bisa tahan lama jika di gunakan kedepannya.

4. Persiapan Biaya

Mengapa perlu mempersiapkan biaya? Hal ini sangatlah perlu sekali untuk kita persiapkan, sebab burung beo harganya mahal. Selain membeli burung beo, kalian juga memerlukan biaya untuk mempersiapkan kandang yang layak untuk burung beo peliharaan kalian.

Jadi, untuk kalian semuanya yang ingin memelihara burung pastinya membutuhkan modal yang cukup. Selain itu, kalian juga harus bisa menyediakan uang untuk pakan dan nutrisi tambahan lainnya. Tujuannya juga semata-mata untuk kebaikan burung peliharaan kalian.

5. Mencari Penjual Burung yang Terpercaya

Untuk mendapatkan burung beo yang ingin kita pelihara pastinya kita harus mencari penjual burung yang sudah terpercaya. Karena ini penting sekali untuk kalian lakukan. Dalam hal ini yang harus diperhatikan yaitu termasuk memberikan harga yang sesuai dengan pasaran ataupun justru memberikan harga lebih murah.

Baca Juga :   4 Cara Dalam Memilih Bibit Ubi Jalar yang Baik dan Unggul

Yang paling penting lagi adalah kondisi burung beo yang diberikan juga sebaiknya memiliki yang kualitas baik. Jika dilihat secara fisik juga tidak ada cacat. Selain itu, secara psikis burung yang disediakan oleh penjual yang terpercaya pastinya tidak stres. Nafsu makan burung juga sebaiknya selalu normal. Karena ini merupakan tanda- tanda bahwa burung tersebut baik-baik saja, dan dalam kondisi tidak sakit.

6. Tentukan Lokasi

Walaupun burung beo nantinya akan kalian taruh pada sangkar, akan tetapi tetap saja tidak boleh meletakkannya pada sembarang. Jadi kalian memerlukan lokasi yang strategis dan juga nyaman. Dengan demikian bisa aman untuk ketenangan anda sendiri serta ketenangan dari sang burung.

Kalian juga bisa mencari lokasi di belakang rumah. Pilihlah yang lokasi yang terdapat pagarnya dengan tujuan agar tidak mudah di curi oleh orang. Dibelakang rumah biasanya memiliki udara yang sejuk sehingga akan membuat burung beo merasa nyaman.

7. Pastikan Lokasi Aman

Untuk tips sebelum memelihara burung beo yang harus kalian perhatikan selanjutnya yaitu, burung yang anda pelihara itu harus benar-benar tenang dan juga tidak terganggu oleh predator. Dengan demikian, pastikan juga bahwa tempat yang kalian gunakan untuk menaruh burung beo tersebut tidak ada hewan lain yang sifatnya membahayakan. Contohnya seperti ular, anjing, atau kucing yang sewaktu-waktu bisa menerka sang burung.

8. Siapkan Suplemen atau Vitamin Untuk Burung

Menyediakan sesuatu yang bisa menyehatkan burung pastinyan sangat penting untuk kalian lakukan. Suplemen atau vitamin burung ini dapat menyehatkan dan meningkatkan daya tahan pada tubuh burung. Jadi, sebelum kalian memutuskan untuk membeli burung beo yang harus di sediakan yaitu suplemen. Tujuannya adalah sebagai cadangan bilamana burung yang akan kalian pelihara tersebut terlihat tidak atau kurang sehat.

Baca Juga :   Cara Budidaya Belut Dalam Drum, Perawatan Hingga Panen Melimpah

Selain suplemen dan vitamin, sebaiknya kalian juga menyediakan pakan terbaik untuk burung beo. Dengan menyediakan pakan terbaik, saat burung beo kalian sudah ada maka kalian tidak perlu lagi kebingungan menyediakan pakan. Jadi, yang harus kalian tahu yaitu jenis makanan apa saja yang biasanya disukai dan sehat jika diberikan untuk burung peliharaan anda.

Dengan persiapan yang baik dan benar, maka burung beo kalian bisa dipelihara dengan layak. Sesudah berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan kalian persiapkan, cara selanjutnya yaitu kalian harus merawatnya dengan baik dan benar. Seperti mulai dari pemberian pakan, minum, pemandian, penjemuran dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan tentang Tips Sebelum Memelihara Burung Beo. Dengan tips diatas, kamu bisa memelihara burung beo dengan mudah. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Stek Lidah Mertua dan Perawatannya

Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Halaman Rumah