Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Halaman Rumah

Posted on

Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Halaman Rumah

Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Pekarangan Rumah – bunga berwarna petal ini memang banyak di gandrungi oleh pecinta bunga. Bukan hanya berbau harum, bunga iris juga sangat kuat dan tak gampang terserang hama. Di habitat aslinya, bunga ini bisa berbunga lebat walau tanpa perwatan atau pemeliharaan secara intensif. Hal inilah yang membuat bunga ini banyak ditanam dipekarangan rumah. Bunga iris bisa ditanam dengan mudah seperti bunga lainnya. Mengenai langkah langkahnya, berikut ini ke Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Pekarangan Rumah.

1. Menyiapkan Benih Tanaman Bunga Iris Kuning

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menanam bunga iris adalah dengan menyiapkan benih terlebih dahulu. Sebenarnya bunga iris termasuk bunga penghasil rimpang ataupun rhizome.
Dengan begitu, tanaman tersebut bisa diperbanyak lewat umbi ataupun rhizom layaknya bunga violet. Nah, untuk bisa memperoleh benih berkualitas, terdapat beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Untuk itu, ketahui kriterianya dibawah ini:

  1. Belilah benih pada penjualan bibit tumbuhan hias.
  2. Peroleh benih berkualitas dari seller terpercaya.
  3. Pastikan jika umbi tersebut ialah benih iris kuning berkualitas.
  4. Pilih benih atau umbi yang berukuran besar serta seragam.
  5. Selain itu, umbi juga harus segar, berbobot berat, tak keriput serta tidak cacat.
  6. Pilih juga jenis umbi yang sudah ditumbuhi oleh daun.
  7. Sesampainya dirumah, taruh benih tersebut didalam ruangan sejuk serta berangin.
  8. Sebaiknya taruh benih ditanah, lalu siram dengan teratur supaya sisa daunnya tampak segar.
  9. Kemudian pindahkan ke lahan tanam dengan kondisi yang masih segar.
Baca Juga :   Cara Mudah Stek Tanaman Bunga Kertas Bagi Pemula

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Tahap kedua yang perlu dilakukan ialah menyiapkan lahan. Bunga iris ternyata asalnya dari Eropa. Meskipun begitu, bunga iris cukup menyukai cahaya matahari setengah, bahkan dapat bertahan hidup dengan kondisi cuaca terik sekalipun.
Sehingga anda harus menanamnya di tempat tanam yang sesuai supaya bisa tumbuh maksimal. Untuk itu, berikut ini langkah untuk menyiapkan lahan ataupun lokasi tanamnya.

  1. Pilihlah lokasi penanaman bunga di pekarangan rumah, baik bagian depan ataupun belakang rumah anda. Tergantung letak taman rumah anda.
  2. Kemudian pastikan juga bila lokasi tanamnya bisa tersinari cahaya matahari yang cukup.
  3. Disebabkan tanaman ini termasuk tumbuhan berumbi, sebaiknya hindari lokasi penanaman yang rentan dengan genangan air.
  4. Untuk menggemburkan tanah, anda dapat mencangkul lahan tanamnya.
  5. Lalu buatlah bedengan yang ukurannya sesuai terhadap luas lahan.
  6. Tapi, perhatikan juga tinggi bedengannya. Usahakan anda membuat bedengan berukuran 20-30 cm.
  7. Kemudian taburkam pupuk kandang dibagian permukaan bedengan kira kira 5 kg setiap meter persegi.
  8. Lalu buat lubang tanam berjarak 25-30 cm pada kedalaman 15 cm.
  9. Lalu masukkan pupuk kandang sebanyak 0,5 kg di setiap lubangnya.
  10. Biarkan sampai satu minggu agar benih mulai bertunas.

3. Menanam Bunga Iris Kuning

Saat benih siap ditanam, sebaiknya cepat tanam di lahan yang sudah disiapkan. Bila dibiarkan kelamaan, bisa membuat umbi tanaman busuk. Untuk bisa menanam bunga iris, anda bisa mengikuti beberapa langkahnya dibawah ini:

• Penanaman bisa dilakukan saat pagi ataupun sore hari.
• Pilihlah jenis umbi yang sehat yang sudah muncul daun sejatinya.
• Setelah itu, masukkan umbi didalam lubang tanamnya.
• Lalu tutup lagi lubang tanamnya.
• Kemudian taburkan furadan sebanyak 3ram supaya tidak ada hama ataupun serangga menyerang umbi.
• Lalu sirami pakai air seperlunya.
Sesudah 1 minggu, maka tanamannya bakal muncul daun sejati berjumlah lebih banyak, itulah waktunya untuk pemeliharaan serta perawatan supaya tanaman bisa menghasilkan bunga lebih cepat.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot

4. Pemeliharaan dan Perawatan

Supaya bisa berbunga lebih cepat, kita perlu memelihara tanaman dengan cara berikut ini:
Penyiraman
Anda harus melakukan penyiraman supaya bunga tetap subur dan tidak layu. Disebabkan jenis bunga ini termasuk dalam tumbuhan umbi, jadi penyiramannya harus terkontrol. Bila terlalu banyak air dapat mengakibatkan umbi busuk hingga berakibat kematian. Dan sebaliknya, bila tidak disiram, tanaman dapat mengering lalu mati. Jadi, perhatikan kapan waktu penyiraman paling tepat yang sesuai dengan kebutuhan air tanaman itu.

Pemupukan

Selain penyiraman, hal yang perlu diketahui ialah pemupukan. Bunga iris ini tidak terlalu sering pemupukannya. Karena pemupukan cuma dilakukan satu kali saja selama satu tahun. Adapun waktu yang paling tepat dalam melakukan pemupukan ialah ketika akan tiba musim penghujan.
Anda bisa memilih pupuk jenis anorganik NPK. Anda juga dapat memupuk dengan menebarkan pada bagian perakaran bunga. Dapat pula anda larutkan didalam air kemudian baru disiramkan di akar tanaman.

Pemangkasan

Setelah pemupukan jangan lupa untuk memangkas bunga yang tumbuhnya terlalu banyak atau dirasa terlalu tinggi. Pemangkasan tersebut bermanfaat untuk pembentukan serta pertumbuhan tanaman. Dengan begitu, bunga iris bisa tumbuh optimal serta lebih cepat berbunga.

5. Bunga Iris Kuning Berbunga

Bunga iris termasuk tanaman tahunan sehingga akan berbunga dimusim tertentu. Maksudnya ialah jika anda menanam di musim hujan, dapat menghasilkan bunga di musim hujan lagi tahun depan. Siklus tersebut bakalan berulang setiap tahun. Tanaman tersebut juga bisa bertahan lama ketika berbunga serta tidak mudah layu.
Ketika masa berbunga tiba, kita dapat menikmatinya langsung. Bahkan juga dapat dimanfaatkan untuk hiasan dimeja. Caranya hanya dengan memasukkan tangkai bunga didalam wadah berisi air segar.

Baca Juga :   Cara Menanam Bibit Tanaman Anggrek

Nah, itulah pembahasan tentang Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Pekarangan Rumah. Bagi pecinta bunga, membudidayakan bunga iris ini cukup bagus dilakukan. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Menanam Jambu Bol Dari Biji Untuk Pemula

Cara Merawat Jalak Suren Di Musim Hujan