10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

Posted on
Rate this post

10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

Kucing sakit mata – dalam waktu dekat sudah banyak yang memiliki binatang peliharaan, seperti kucing. Hewan dengan ciri khas bunyi negong terlihat menggemaskan nan lucu saat aksi lucunya ingin mengajak bermain. Namun, ketika memelihara kucig ini, ada kalanya saat terjadi kendala misalnya kucing sakit mata.

Penyebab kucing ini terjangkit sakit mata secara umum asalnya dari kototoran. Jika kotoran yang ada di dalam mata kucing di biarkan saja dan akhirnya melekat, using lalu lama kelamaan akan memicu kerak yang hitam serta mengeras. Kotoran yang sebagai kerak ini akan mengandung bakteri dan kuman di sekeliling mata dan menyebabkan kucing belekan maupun matanya berair secara terus menerus.

Nah, berikut ini akan kami kupas tentang kucing sakit mata mulai dari penyebabnya beserta cara mengobatinya. Yuk simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Cara Merawat Kucing Sakit Mata

1. Membersihkan mata kucing

Bila mata kucing ini Nampak belekan maka segeralah membuat serta memperhatikan kucing. Supaya tidak melukai maupun membuat mata kucing terinfeksi maka bersihkan menggunakan kapas halus. Caranya yakni yang dapat kalian lakukan agar mencegah kucing sakit mata dengan tidka menjadi parah yaitu dengan cara membersihkan mata kucing kalian berasal dari belekan.

Baca Juga :   Cara Ternak Ayam Kampung dengan Benar dan Sukses

2. Menaruh kucing di kandang

Cara yang kedua yang dapat dijalankan yaitu dengan cara memisahkan kucing yang terjangkit sakit mata memakai kucing yang lainnya, yaitu dengan kalian menaruh dalam kandang yang tak sama degan yang lain agar tidak tertular dari kucing lainnya. jika kalian hanya mempunyai seekor kucing saja, namun tetaplah untuk menaruhnya dalam kandang serta kalian perhatikan di kawasan kotor yang mengakibatkan ia menjadi parah terhadap penyakit mata yang telah ia derita sangat kucing kesayangan kalian.

3. Memberi obat

Tips saat mengatasi kucing terjangkit sakit mata kemudian yaitu memakai pemberian obat, bila terlihat mata kucing telah tertutup sebab belekan. Kalian dapat menggunakan daun sirih sebagai obat alternative yang tak memiliki imbas samping karenan terbuat asalnya bahan alami. Mirip yang sudah kita ketahui bahwa penyakit mata maupun belekan ini di kucing di timbulkan sebab virus serta mengatasinya menggunakan antibiotic.
Daun sirih kaya akan kandungan antibiotic dengan relative baik yang membuat mengatasi beragam penyakit. Hal yang kalian lakukan pertama ialah dengan membersihkan belekan tersebut memakai kapas hapus serta usaplah dengan perlahan sampai higienis.

Lalu siapkanlah daun siri ini yang telah dipetik serta dibersihkan air bersih dan juga panaskan hingga air menjadi mendidih. Air akibatrebusan daun sirih yang sudah dingin diteteskan dalam mata kucing yang belekan itu. Obat yang lain yang dapat dipakai ialah teramicin yang khusus membuat mengatasi mata kucing sakit/ belekan ini.

Obat sakit teramicin bisa kalian temui dalam apotik dan harganya juga lumayan terjangkau. Setelah kalian mengoleskan obat itu, selanjutnya kalian tunggu sampai beberapa saat hingga berkurang di bagian mata ini. berikan selama 1 kali dalam sehari. Jika hal cara ini tidak sembuh selanjutnya berikut.

Baca Juga :   Cara Budidaya dan Merawat Burung Cipoh Agar Gacor Agar Rajin Bunyi

Alternatif Obat Alami Kucing Sakit Mata

Selain diatas tadi kalian bisa menggunakan beberapa alternative obat alami, diantaranya :

1. Air garam

Seluruh orang pasti tahu bahwa kandungan air garam bisa membunuh kuman, virus dan bakteri. Air garam dapat sebagai alternative yang baik guna mengobati mata kucing yang berair terus dan juga belekan. Membersihkan menggunakan air garam yang bisa mengeluarkan kotoran bersarang di mata kucing.
Jangan lupa untuk membilaskan menggunakan air bersih pad amata kucing serta berikan garam.

2. Jus lemon

Lemon bisa dipercaya menyembuhkan beragam penyakit, beberapa diantaranya penyakit mata kucing. Jus lemon paling efektif guna mengobati infeksi mata. Untuk penyakit mata yang lain jus ini kurang bekerja. Guna mengaplikasannya dengan cara mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan 2 sdm air menggunakan 5 tetes jus lemon. Tetesi mata kucing menggunakan kapas dengan banyak 5 tetes serta lakukan selama beberapa hari.

3. Cuka apel

Terdapat sebuah klinik yang ada di amerika serikat yang telah diaplikasikan menggunakan cuka apel guna pengobatan mata kucing. Ternyata hal ini manjur. Caranya dengan menyampurkan 1 sdm cuka apel murni serta 1 sdm air kemudian tetesi menggunakan kapas. Cuka apel paling efektif menyembuhkan beragam penyakit mata kucing.

4. Teh hijau

Manfaat the hijau untuk tubuh manusia sudha terbukti. Ternyata untuk penyakit mata pada kucing pun bisa. Caranya mudah sekali, kalian hanya membuat the hijau dengan tidak menggunakan gula dan diamkan sampai dingin. Sesudah itu tetekan di mata kucing.

5. Teh chamomile

Tak hanya pada teh hijau yang berkhasiat untuk menyembuhkan mata kucing, ternyata the chamomile pun bisa. Rebuslah the ini menggunakan bantuan kapas. Maka kalian dapatt mengaplikasannya dengan banyak 2 atau 3 tets selama 2 hr.

Baca Juga :   Cara "Ampuh" Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bawal

6. Akar dandelion

Di Negara barat banyak manfaatnya dari akar dandelion ini. salah satunya ialah menyembuhkan kucing sakit mata. Tanaman ini tumbuh liar dengan mengandung banyak aktioksidan tinggi serta vitamin A, C serta beta karotin dengan membantu menyembuhkan ginjal, organ dan hati.

7. Ekstrak wheatgrass

Di sejumlah klinik lokas serta internasional, telah terknela ampuh guna mengatasi beragam penyakit dalam hewan. Tidak terkecuali pula menyembuhkan sakit mata dalam kucing.

Nah. itulah beragam cara menyembuhkan kucing sakit mata yang dapat I kami rangkum. Kucing sakit mata ini memang memerlukan perhatian lebih sebab bila dibiarkan begitu saja bisa mengakibatkan tumor ganas. Kasihan sekali kan sobat? Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Baca juga: