Kucing Anggora : Profil, Fisik, Ciri, Karakter, Kesehatan, Vaksin dan Perawatannya

Posted on
Kucing Anggora : Profil, Fisik, Ciri, Karakter, Kesehatan, Vaksin dan Perawatannya
5 (100%) 1 vote[s]

Profil Lengkap Kucing Anggora

Kucing anggora – kucing angora merupakan salah satu kucing terpopuler didunia. Sebab keindahan pada bulunya, bentuk wajah dan tubuhnya lah yang membuat banyak orang mengaguminya. Berikut ini akan kami bahas mengenai kucing anggora.
Kucing angora menurut informasi dari namanya diambil dari turki, yakni kota angkara. Kucing angora adalah kucing paling tua di dunia. Berikut profile dari kucing anggora dibawah ini.

Profil Kucing Anggora

Kucing angora mempunyai ciri khas berbulu dilehernya dengan lebih panjang dan mempunyai bulu yang khusus tebal di bagian perut, ekor dan badannya. Sementara kepribadiannya memiliki keanggunan dan lemah gemulai yang tak sama dengan kucing rumahan. Jadi tak salah bila pecinta kucing ingin mempunyai kucing jenis ini.

Fisik

Kucing anggora normalnya mempunyai fisik umum yang berkriteria berikut :

1. Berat badan : 5kg untuk jantan dewasa, 3,5-5kg untuk betina dewasa
2. Warna mata : hijau, emas, biru, kuning keemasan, dan warna yang kadang tak terduga.
3. Usia : 9-14 tahun
4. Bulu : moderate tak terlalu panjang

Warna kucing angora secara umum emiliki banyak jenis, yakni : warna dasar dan pattern.

• Warna dasar : merah, cream, putih, biru, abu-abu, putih dll.
• Warna pattern : tortoiseshell, solid color, bicolor dll.

Ciri Kucing Anggora Asli

Apa bila kalian ingin untuk membeli kucing angora asli maka baiknya kalian memperhatikan hal ini :

  • Bentuk kepala : kepalanya segitiga terbalik yang mana dagunya sedikit mengerucut.
  • Mata : seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kucing angora mempunyai warna mata beranekaragam, sehingga kamu hanya butuh melihat ukuran dari bola mata, kucing angora asli mempunyai bola mata bulat dan lebar.
  • Hidung : angora mancung tak sama dengan kucing Persia.
  • Kaki : angora mempunyai bentuk kaki panjang, ia akan terlihat tinggi bila sedang berjalan.
  • Ekor : kucing angora mempunyai buli unik, pertmbuhan bulunya akan menyesuaikan intensitas cuca, bila keadaan cuacanya ini lebih pendek serta bila cuacanya sedang maka bulunya mereka terlihat lebih panjang.
  • Badan : berat badannya terbilang langsing tidak sama dengan kucing Persia yang gempal, kucing angora jantan bobotnya lebih besar dibanding betina. Untuk ukuran panjangnya tergolong berukuran middle, artinya tidak terlalu pendek dan tidka terlalu panjang pula.
Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

Karakter

Kucing angora adalah jenis kucing aktif dan dinasi serta ramah dan juga lincag. Mereka paling mudah untuk beradaptasi bersama kucing yang lain serta mudah untuk diajak bermain. Uniknya pula ia mempunyai karakteristik bersahabat dengan musuh kucing secara umum, misalnya anjing.
Kucing angora pun mempunyai pergerakan lumayan cepat dan mereka paling suka diajak berburu, bermain bersama air, dan gemar dengan kegiatan manusia. Kucing macam ini tentunya termasuk kucing penurut.

Kesehatan

Kucing angora paling terkenal aktif dll, sehingga jangan dibiarkan kucing ini sendiri dalam wktu lama sebab bsia menyebabkan mereka terkena depresi. Masalah peyakit yang kerap mereka alami secara umum ialah terdapat parasite/ cacing pita yang dapat mengakibatkan diare, nafsu serta makan berkurang, lalu batuk dan masalah kesehatan lainnya yang ada didalam perut.
Sama halnya kucing lain, penyakit genetik ialah faktor penting yang kerap dilakukan saat memelihara kucing.

Vaksin

Mengapa kucing angora harus diberikan vaksin? Sebab dengan memberikan makanan berkualitas dan sehat tidak cukup. Oleh sebab itu, pemberian vaksin ini diwajibkan untuk kalian yang akan memelihara kucinga angora ini.
Vaksi merupakan satu pola perawatan penting untuk kucing angora khususnya kalian yang memelihara kucing saat masih dini. Sebab sudah banyak kasus yang memelihara kucing mata sebab pemiliknya lupa dan tidak menghiraukan vaksinasi. Vaksin ialah bentuk proteksi terhadap tubuh kucing guna menolak seluruh vaksin serta bakteri meruigikan untuk tubuh mereka.

Antibody yang diperoleh dari induk kucing ketika menyususi tidaklah cukup hanya dengan memabntu kucing angora guna tetap sehat melawan seluruh virus itu, sebab mereka ini memerlukan asupan yang lain.
Vaksin wajib dijalankan menggunakan 2 tahap selama masa hidup kucing, yakni antibody yang tidak bisa memnuhi tersebut akan dicover vaksin.

Baca Juga :   7 Panduan Sukses Budidaya Burung Belibis Untuk Pemula

Makanan

Kucing anggora pun memerlukan nutrisi baik guna menunjang mereka agar tetap sehat, dan bagaimanakah makanan ini dapat dikonsumsi mereka?
Jawabannya ialah bergantung dengan tujuan kalian emmpunyai kucing angora, bila kalian ingin kucing ini sehat serta bulunya indah maka kalian harus mengontrol makanan yang akan diasup mereka.
Seluruh makanan ini yang akan dikonsumsi seluruh jenis kucing perlu menurut diagram berikut : 45% protein, 20% karbohidrat serta 35% lemak. Sumbernya itu ada dibawah ini :
• Protein : protein bisa kalian peroleh dari telur, daging dan unggas.
• Lemak : makanan sumber lemak ini berasal dari daging ikan salmon, ayam dan ikan yang lain.
• Karbohidrat : sumbernya dari nasi, gandum dan kentang.
Royal canin memang tetap menjadi makanan andalan kucing angora. Mislanya yakni royal canin hair & skin yang bisa menumbuhkan bulu kucing serta membuatnya lebih sehat.

Perawatan

Perawatan kucing ini yang perlu kalian soroti adalah dibagian berikut :

• Telinga : pastikan telingan kucing angora supaya tidak terkena bakteri.
• Gigi : supaya bisa mencega gigi serta gusi dari bakteri dan lubang.
• Bulu : secara rutin berilah sampo.
• Kebersihan
• Mainan kucing
• Tempat hangat

Nah, itulah beberapa profile tentang kucing anggora yang harus kalian fahami. Kucing angora ini snagat peka sekali dengan manusia. Terutama perhatikan kesehatannya dan perawatan kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: