11 Cara Ternak Semut Rangrang Bagi Pemula Dengan Mudah

Posted on

11 Cara Ternak Semut Rangrang Bagi Pemula Dengan Mudah

11 cara ternak semut rangrang untuk pemula dengan mudah – semut rangrang adalah hewan yang hidup mengkoloni maupun kelompok dalam 1 koloni yang dapat mencapai jumlah sekitar 500 ribu ekor semut. Dalam 1 koloninya sejumlah sarang serta setiap sarangnya dihuni semut yang banyaknya 4 ribu smapai 5 ribu ekor bergantung dengan besarnya sarang. Nah, kali ini penulis akan membagikan tips 11 cara ternak semut rangrang untuk pemula dengan mudah.

11 Cara Ternak Semut Rangrang Bagi Pemula Dengan Mudah

Saat ini semut rangrang sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Sementara untuk pemasarannya terbilang mudha dan tidak musiman. Berikut ini kami berikan tips ternak semut rangrang yang masih pemula.

1. Pemilihan lokasi ternak

Agar semut ini dapat tumbuh secara maksimal, maka pilihlah lokasinya secara matang dan serupa dengan habitat aslinya jadi cocok sekali bila dilakukan pada pekarangan maupun perkebunan. Sementara suhunya paling baik ialah kurang lebih 26 derajat celsius hingga 34 derajat celsius. Kelembabannya ialah kurang lebih 62 hingga 92%.

2. Persiapan bibit semut rangrang

Cara paling baik mendapatkan bibit ialah dengan mencari langsung di alam sama sama halnya beternak ulat bumbung. Akan tetapi, untuk memperoleh bibit semut langsung dialam tidaklah hal mudah, karena semakin sulitnya keberadaan semut ini.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Mengetahui Kecerdasan Burung Merpati

Untuk cara lainnya membeli bibit pada peternak yang ramah lingkungan dengan tidak merusak habitat aslinya. Selain tersebut bibitnya ini mudah beradaptasi di sarang buatan jadi tak akan menyulitkan khususnya bagi pemula.

3. Pembuatan kandang

Peternakan semut rangrag ini perlu mentiapkan kandang serta terumum dipakai bentuknya rak. Langkahnya yakni :

• Susun rak 2 tingkat maupun lebih terbuat dari kayu, besi maupun bambu yang ukurannya kurang lebih 50 sampai 60 cm.
• Letakkan wadah sama dengan kaleng, mangkuk maupun piring di setiap kaki rak serta tambahkan air maupun memakai oleh bekas agar semut rangrang tak keluar dari rak.
• Jangan letakkan rak yang menempel di dinding sebab semut rangrang dapat merambat didinding serta bersarang.

4. Ternak menggunakan media paralon

Semut rangrang yang menggunakan media paralon mempunyai kelebihan misalnya lebih tahan lama yang dapat awet sampai 10 tahun. Kedap cahayanya ini cocok guna semut rangrang yang Cuma memerlukan sedikit cahaya berebda pada ternak kroto menggunakan media galon air minum. Paralon pun bisa mudah sekali diperoleh lalu disusun dalam kandang dan proses pembersihan mudah dilakukan. Siapkan paralon yang diameternya 12 cm kemudian potong dengan lebar dan panjang sesuai rak yang dibuat. Kemudian susunlah rak dan tambahkan daunan di paralon guna merangsang semut sehingga lebar bibitnya.

5. Ternak stoples kaca

Cara ternak semut bagi pemula menggunakan bambu terbilang mudrah sekali. Pembuatan kandang yang dari bambu ini sama dengan memakai paralon. Untuk pemilihan bambunya berdiameter 7 cm dan sekitar 20 cm pemotongannya. Buatlah lubang dalamnya jika bambu masih belum berlubang. Akan tetapi kelemahan tersebut merupakan koloni sulit beradaptasi serta kroto yang dihasilkan pun kecil kecil.

Baca Juga :   7 Panduan Sukses Budidaya Burung Belibis Untuk Pemula

6. Siapkan stoples kaca

Kalian memerlukan stoples ukurannya besar dan ukurannya lebih kecil yang dapat dimasukkan didalam stoples besar guna menernak media toples. Nanti semut dan tanah pun dimasukkan dalam ruangan stoples kecil sehingga dapat membangun terowongan serta meletakkan telurnya di dekat dinding toples yang besar jadi seluruh prosesnya mudah terliha.

7. Siapkan campuran tanah dan pasir

Semut rangrang memerlukan substrat yang gembur serta lembab jadi dapat menggali terowongan dan cara paling baik ialah menyiapkan tanah menjadi tempat tinggal berbeda dengan ternak ulat sutra. Siapkan tanah yang secukupnya guna mengisi ruang antara toples serta pakailah garpu maupun jari guna menggemburkan tanah. Campur 2 bagian tanah di 1 bagian pasir. Substrat sedikit lembab akan tetapi tak sampai basah. Bila kering, maka akan mengalami kekeringan pula smeutnya, akan tetapi bila terlalu basah maka ia bisa tenggelam.

8. Tempatkan semut rangrang

Tempatkan semut di dalam toples lalu tutuplah toplesnya dan pakai penusuk maupun pisau tajam guna membuat lubang kecil agar oksigen dapat masuk. Hindarkan membuat lubang besar sekali sebab semut rangrang dapat lari dan akan membuat sarang di tempat lainnya.

9. Beri makan dan kelembaban

Agar semut dapat tumbuh secara baik, maka kalian pun diberikan makan dengan beberapa hari sekali dengan sejumlah tetes madu. Selain itu, potongan buah dan air gula sama dengan ternak kroto menggunakan botol bekas. Hindari memmberikan daging maupun makanan yang tekah dimasak sebab dapat menarik serangga lain masuk di peternakan semut kalian.

10. Letakkan di tempat gelap

Semut rangrang membuat terowongan pada malam hari. Agar dapat meniru keadaan alam yang asli, maka tutuplah toples menggunakan kain hitam maupun karton agar semut tak stress dan akan tetap aktif. Selain itu, semut ini pun dominan menjauh terhadap kaca dan lebih banyak menghabiskan waktu pada bagaian tengah toples.

Baca Juga :   Cara "Ampuh" Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bawal

11. Hindari mencampur koloni

Hindari mencampurkan koloni secara lama sebab dapat mengakibatkan semut akan berkelahi dimana sleuruh prajuritnya serta pekerja berperang dengan mengkoloni semut lainnya dan menjadi mati sia sia. Bila terlalu banyak kehilangan maka semut pekerja ini tidak akan bekerja.

Nah, itu tadi merupakan 11 cara ternak semut rangrang untuk pemula dengan mudah. Jadi semut rangrang ini sudah dipakai menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat. Beberapa cara diatas bisa kalian praktekkan dirumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: