10 Cara “Paling Mudah” Memberi Pakan Burung Beo

Posted on

10 Tips Memberi Pakan Burung Beo

10 tips memberi pakan burung beo – menu yang tepat untuk burung beo sangat penting bagi kelangsungan hidupnya ddan kebahagiaannya. Apalagi, hewan ini mengonsumsi pakanan yang sehat dan seimbang, maka akan lebih aktif serta cenderung mempunyai bulu lebih bagus dibandingkan hewan burung beo yang pakannya tak sempurna. Lantas bagaimana sih caranya untuk memilih pakan yang baik dan sehat tersebut? Nah, kali ini penulis akan menyampaikan 10 tips memberi pakan burung beo yang wajib kalian coba dirumah.

10 Tips Memberi Pakan Burung Beo

1. Berilah pakan hewan burung beo menggunakan pelet komersial

Pelet ialah komponen penting dalam menu pakan hewan burung beo. Pelet ini terjual dengan beragam warna, ukuran serta rasanya. Sebab terbuat dari kolaborasi buah-buahan, gandum, biji-bijian dan sayuran maka pelet ini kaya akan kandungan nutrisi tinggi. .

2. Sertakan biji-bijian dalam menu pakan hewan burung beo

Walaupun tidak diperbolehkan bahan pakan pokok untuk hewan burung ini, namun biji-bijian ini mengandung nutrisi baik. Sama halnya pelet, terdapat banyak contoh biji-bijian yang kalian coba ditoko. Namun sebelum kalian memutuskan untuk membeli maka pastikan masih segar. Biji-bijian boleh tercium apek atau tengik dan perlu terbebas terhadap serangga dan jamur.

Baca Juga :   9 Jenis Tanah Yang Baik Untuk Tanaman Terlengkap

Biji bijian untuk hewan ini mirip permen manusia. Bijian ini memang enak namun hanya boleh diberikan sesekali. Kalian dapat memberikan bijian ini menjadi hadiah bila sobat melatih hewan burung beo.

3. Campurkan buah-buahan serta sayuran segar di menu pakan hewan burung beo

Terdapat berbagai jenis sayur dan buah yang dapat kalian berikan, misalnya collard, apel, brokoli, dan persik. Apapun jenis sayur dan buah yang dipilih maka pastikan cuci hingga bersih menggunakan air segar ketika akan memberikannya hewan burung beo. Ingatlah bahwa buah mempunyai kandungan gula tinggi jadi tak boleh jadi makanan utama.

4. Berikan kacang-kacangan bagi hewan burung beo

Kacang merupakan komponen lain terhadap menu pakan sehat bagi burung beo. Sebab mengandung protein dan vitamin beserta mineral lain tinggi, namun kandungan lemaknya juga tinggi. Sebab kandungan lemak tinggi harus diberikan sesekali. Misalnya dengan kalian memebrikan burung kacang-kacangan untuk hadiah ketika melatihnya maupun menjadi camilan sesekali.

5. Sertakan legum dan gandum di menu pakan hewan burung

Legum terdiri atas buncis, lentil, kacang polong dan mempunyai kandungan nutrisi tinggi. Misalnya legum yang dapat diberikan untuk burung beo diantaranya kacang hijau, hitam dan buncis. Ketahuilah jenis legum lain yang dapat diberikan untuk burung ini yang dapat diberikan kondisinya mentak maupun masak.

6. Campurkan daging di menu pakan hewan burung beo

Hewan ini merupakan jenis omnivora, sehingga kalian bisa menambahkan daging di menu pakannya. Daging ayam merupakan sumber protein sehat untuk burung beo. Pastikan pula memasak daging ayam hingga matang sebelum memberikannya untuk hewan burung beo. Jangan terlalu banyak daging sebab akan merusak ginjalnya.

Baca Juga :   10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

7. Pelajarilah pakanan apa yang tak boleh diberikan pada burung ini

Walaupun hewan burung ini dapat memakan beragam jenis pakan manusia, ada sejumlah jenis pakan khusus yang tak boleh diberikan untuk burung beo. Seperti avokad dan coklat yang beracun untuk burung beo perlu dihindari. Alkohol pun dapat beracun untuk hewan burung beo. Kafein pun perlu dihindari.

8. Sediakan air segar bagi burung beo

Hewan ini harus mempunyai persediaan air segar setiap waktu. Ingatlah bawa hewan ini dapat sebagai pakan jorok jadi akan ada rempah rempah pakan dalam mangkuk airnya. Maka gantilah mangkuk 2 kali sehari, maupun magkuk air ini terpenuhi remah remah pakanan.

9. Berilah pakan hewan burung 2 kali dalam sehari

Jumlah pakan tepat perlu diberikan untuk burung beo dan bergantung pada sjeumlah faktor misalnya spesies, usia, maupun status kesehatan hewn burung beo. Dokter hewan dapat menyediakan panduan tambahan tentang seberaoa banyak komponen pakan yang perlu dikonsumsi burung jenis ini. Pada malam dan pagi hari, buanglah pakan sissa jadi tak akan jadi basi.

10. Awasi gejala obesitas untuk hewan burung beo

Obesitas ini sebagai masalah besar, khususnya bila ia makannya terlalu banyak memakan emak. Hewan burung beo yang sudah menderita obesitas pun dapat mengidap penyakit jantung lemak dan keadaannya medis lebih serius.
Bila kalian sadar bahwa burung ini terlihat sedikit tembam, maka bawalah ia menuju dokter hewan. Mengurangi aspua pakannya sehingga membantu menurunkan berat badan, namun pastikan kalian menjaganya supaya pakannya tetap seimbang dan sehat.

Awasilah kekurangan vitamin A dalam burung beo. Vitamin A bisa membantu burung beo melawan infeksi. Kekurangan nutrisi pun umum sekali mengalami di burung dan dapat membuatnya sakit sekali.
Sistem pernapasannya burung ini kerap dipengaruhi oleh kurangnya vitamin A, jadi hewan ini dapat terkena masalah di dalam sistem pernapasannya (terdapat kotoran hidung, kesulitas nafasnya, serta bersin – bersin) bila ia tak memperolehh vitamin A lumayan.

Baca Juga :   13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

Nah, itu tadi 10 tips memberi pakan burung beo. Mempunyai pemahaman baik mengenai jenis pakan yang perlu dikonsumsi burung beo maka akan membantu membuat keputusan baik kalian guna menjaga kesehatannya. Kalian mungkin sudah faham akan burung beo yang suka dengan biji-bijian namun biji bijian ini hanya menjadi salah satu komponen menu pakanan yang baik sebab mengandung banyak nutrisi. Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan, smeoga dengan adanya tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih

Baca juga:

11 Cara Ternak Semut Rangrang Bagi Pemula Dengan Mudah

Cara Menjinakkan Kucing Persia Dewasa