12 Cara “Paling Ampuh” Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

Posted on

12 Cara Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

12 cara menjinakkan kakatua jambul kuning – mempunyai hewan peliharaan berwujud burung merupakan salah satu hal umum. Sebab burung tersebut merupakan jenis hewan peliharaan mudah ditemukan. Jadi beragam jenis burung yang dapat dipelihara juga makin banyak di pasar. Akan tetapi, hal tersebut tak berlaku pad ajenis burung yang langka ya.

12 Cara Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

Burung kakatua jenis peliharaan yang berjambul kuning membutuhkan perhatian khusus tak seperti jenis yang lainnya. Nah, berikut ini 12 cara menjinakkan kakatua jambul kuning dan merawatnya “

1. Memerhatikan jenis makanannya

Burung kakatua jambull kuning ialah jenis burung yang mempunyai ukuran besar daripada jenis burung peliharaan secara umum. Jadi untuk porsi makannya sendiri pastinya membutuhkan perhatian. Makanan yang dapat diberikan untuk jenis burung ini berwujud biji-bijian, buah-buahan dan kacang. Terdapat banyak cara untuk memelihara burung kakatua termasuk pula jenis makanannya.

2. Tidak bercanda menggunakan makanan

Pada waktu memberikan makanan untuk kakatua jambul kuning ini seharusnya tak dilakukan dengan bercanda. Sebab hal tersebut dpaat menganggu dalam proses pelatihannya. Ada saatnya untuk bercanda saat kakatua jambul kuning tersebut menurut dengan kalian.

Baca Juga :   Pertanian Organik Di Indonesia - Pengertian, Tujuan, Keuntungan Dan Metodenya Terlengkap

3. Memandikan burung secara benar

Kalian dapat memandikan burung kakatua yang berjambul kuning ini dengan menaruhnnya di bawah air yang mengalir maupun dapat meletakkannya di dalam baskom menggunakan air hangat misalnya pada waktu memandikan perkutut. Hal yang harus kalian ingat ialah jangan sampai untuk merusak bulunya pada waktu mandi.

4. Membuat kandang yang kuat

Sebab postur tubuh burung kakatua yang berjambul kuning ini mempunyai fisik lumayan besar. Oleh dari itu, kalian pun harus mempunyai kandang yang lumayan kuat guna menampung postur tubuh burung kakatua yang besar tersebut. Sebab kalau tidak, maka kandang dapat saja jadi rusak serta hancur jadi mengakibatkan burung ini jadi merasa tak nyaman.

5. Mengecek kebersihan kandag

Kandang yang ditempati kakatua berjambul kuning kalian pun harus memerhatikan keadaan kebersihannya. Sebab kakatua jambul kuning ini tak suka dengan kondisi kandang yang kotor.

6. Mengontrol pada waktu memberikan makan burung

Pada waktu memberikan makanan untuk burung kalian, maka kalian pun dpaat sambil mengajaknya bicara satu kata maupun dua patah kata. Hal tersebut adalah salah satu wujud pelatihan yang dapat kalian lakukan guna membiasakan burung tersebut. Akan tetapi, kalian harus melakukan cara tersbeut dengan berkala serta perlahan lahan sama dengan cara melatih merpati balap.

7. Memberinya nama panggilan

Memberikan burung peliharaan kalian termasuk salah stau wujud rasa sayang dari sang pemilik dan burung peliharaannya. Jadi hal tersebut aan memberikan keakraban serta ikatan diantara satu dengan yang lainnya. Berikanlah nama panggilan yang konsisten serta terus menerus agar burung peliharaan kalian tidka bingung. Akan tetapi, hal tersbeut pastinya tak sama dengan cara membudidayakan burung anis merah.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

8. Mempunyai waktu untuk bermain

Jenis burung kakatua jambul kuning tersebut pun memerlukan waktu guna bermain. Sehingga, salah satu wujud dari pelatihan serta membuat jinak burung tersebut ialah dengan cara bermain bersama burung ini. Luangkanlah waktu guna bermain pada setiap minggu jadi kalian dapat menjadi lebih dekat dengan peliharaan kalian. Dengan begitulah maka kalian pun dapat mencari referensi guna bermain bersama si jambul kuning misalnya seperti dengan cara menjinakkan seekor burung gereja.

9. Memperdengarkan MP3

Bentuk pelatihan dari burung kakatua ini yang berjambul kuning tidka hanya dengan memberikan pengetahuan satu dan dua saja. Akan tetapi, kalian pun dapat melatih bunyinya dengan suara melalui cara memutar musik didekatnya. Jadi burung ini akan meniruan bunyinya. Hal ini sama dengan cara merawat perkutut agar semakin gacor.

10. Melatihnya dengan penuh kesabaran

Melatih burung tersebut memang memerlukan kesabaran. Kalian hanya butuh mengenalkan kata atau suara dengan bertahap. Misalnya, kalian akan melatihnya dengan banyak kata agar dapat diucapkan secara baik oleh burung kakatua berjambul kuning kalian, maka kalian hanya butuh waktu untuk kakatua yang berjambul kuning tersebut bisa menyerap serta menghafalkan kata itu. Maka barulah memulai lagi untuk memberikan pelatihan kata berikutnya.

11. Memelihara lebih 1 jenis kakatua

Jika kalian tidak mempunyai waktu luang yang lumayan guna bermain dengan burung peliharaan kalian, maka cobalah memelihara dengan lebih dari satu kakatua berjambul kuning. Sebab, jenis burung tersebut memang lebih senang bermain. Sehingga, jika kalian kurang mempunyai waktu guna bermain maka kalian harus memlihara dua maupun lebih jenis burung kakatua berjambul kuning tersebut.

12. Memilih burung yang berusia masih muda

Pada waktu memutuskan guna memilih burung kakatua berjambul kuning untuk dipelihara maka ada baiknya bila memilih urung yang berusia masih muda. Jikapun kalian memilih bruung dari hasil penangkaran juga membuat menjadi lebih mudah menurut serta patuh terhadap pemiliknya. Kalian pun harus memastikan pula bahwa burung yang kalian pelihara ini tak mempunyai cacat jadi tak membutuhkan perawatan yang khusus guna merawatnya.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Agar Cepat Sembuh

Demikianlah tadi merupakan penjelasan 12 cara menjinakkan kakatua jambul kuning terlengkap. Cara diatas tadi cara termudah untuk menjinakkan kakatua berjambul kuning dengan sangat ampuh dan juga efektif. Semoga informasi diatas tadi bisa memberikan manfaat untuk kalian yang ingin menjinakkan kakatua jambu kuning serta menjadikannya sebagai burung peliharaan yang penutut dengan pemiliknya. Terima kasih dan sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

Baca juga:

13 Cara Penangkaran Ayam Hutan Hijau Terlengkap

4 Cara Menanam Bunga Bakawali Paling Mudah