13 Cara Penangkaran Ayam Hutan Hijau Terlengkap

Posted on

13 Cara Penangkaran Ayam Hutan Hijau Terlengkap

13 cara penangkaran ayam hutan hijau – bagi para pecinta ternak atau yang hobi dalam merawat serta memelihara ayam hutan, sudah pasti kalian semua mengetahui akan keindahan dari ayam hutan ini. Selain mempunyai bulu yang indah, ayam ini pun mempunyai mahkota kepala maupun yang dikenal dengan nama jengger ini mempunyai ke aslian maupun ciri khas tersendiri antara jenis ayam lainnya.

Secara umum, ayam hutan ini masih termasuk sulit bila ditangkarkan sebab namanya saja ayam hutan ya. Sifat aslinya ayam ini masih termasuk liar dan sulit dijinakkan. Adapun pupulasinya sendiri tersebar di seluruh pulau jawa dan kepulauan nusa tenggara serta bali.

Sementara ukuran badannya ini kadang cenderung kecil dibanding ayam kampung. Jika ini ayam kampung, maka pastinya sudah kenal dan pernah makan pastinya ya sobat. Untuk ayam hutan hijau jantan kadang mempunyai ukuran tubuh kurang lebih 30 hingga 60 cm berbulu warna warni serta jenggernya campuran dengan warna merah, ungu dan biru muda.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Beternak Domba Yang Menguntungkan di Desa

Sementara untuk warna bulunya cenderung hijau terang dan berbintik kung di sayapnya. Lalu untuk ayam hutan hijau betina mempunyai ukuran antara 25 hingga 42 cm.
Nah, sobat semua pasti penasaran kan bagaimana caranya menangkar ayam hutan hijau ini. Ayam yang sangat diminati masyarakat saat ini sudah menjadi tren masa kini kalayak ramai. Oke sobat semua di kesempatan kali ini penulis akan berbagai inofrmasi mengenai 13 cara penangkaran ayam hutan hijau.

1. Pembuatan kandang ayam hutan hijau

Sebelum menjalankan penangkaran, kalian semua pastinya tau dulu kandang yang akan dipakai menjadi tempat penangkaran ayam hutan hijau ini. Secara umum pembuatan kandang ayam ini tak jauh bedanya dengan pembuatan ayam umumnya, hanya saja yang berbeda ialah pembuatan kandang ayam hutan hijau tersebut hendaknya dibuatkan secara alami.
Pasalnya ayam ini aslanya dari hutan ya kawan, sehingga tak jauh bedanya dengan habitat asli terdahulu. Supaya lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Pemilihan indukan ayam hutan hijau

Normalnya ayam hutan hijau ini siap untuk di indukkan usianya kurang lebih 7 hingga 12 bulan maupun tak lebih 1 tahun, selain tersebut upayakan ayam hutan hijau ini jinak kawan.

3. Pemilihan ayam jantan

Dalam pemilihan ayam jantan ini pastikan ayamnya mempunyai jengger yang warnanya cerah. Hal ini tujuannya supaya ayam hutan hijau yang dihasilkan pun warnanya cerah nnatinya.

4. Pemberian pakan

Pada mulanya adaptasi, berikan pakan sama dengan habitat aslinya. Baru sesudah beberapa lama diganti dengan perlahan sesuai pakan ayam umumnya.

5. Memberikan vitamin

Sama seperti hewan peliharaan lain, supaya perkembangan ayam hutan hijau kalian tumbuh secara baik, maka hendaknya berikan vitamin dengan teratur. Selain tersebut, pemberian vitamin pun merangsang pertumbuhan bulu serta jengger indahnya.

Baca Juga :   Panduan Cara Beternak Kambing Etawa, Perawatan Hingga Panen

6. Memberikan vaksinasi

Seperti untuk hewan anjing, hendaknya burung hutan hijau kalian ini diberikan vaksin. Supaya terhindah terhadap berbagai penyakit. Pemakaian vaksin dapat dicampurkan di makanan maupun minuman ayam hutan hijau kalian.

7. Memberikan obat kutu

Supaya terhindar terhadap kutu, hendaknya berikan obat kutu dengan berkala untuk ayam hutan hijau kalian supaya bulu serta jenggernya terbebas terhadap kutu.

8. Melakukan pemberishan kandang dengan rutin

Upayakan supaya kondisinya tempat ayam ini kalian tangkari dalam keadaan bersih ya. Selain untuk terhindar ayam hutan hijau kalian terhadap beragam penyakit yang mungkin dapat menyerang, maka hal tersebut pun berfungsi supaya kalian tak malas berkunjung di kandang ayam tersebut, sebab bila aromanya saja bau maka kita pun enggan melihatnya.

9. Perhatikan kebersihan ayam hutan

Selain memerhatikan kandangnya maka yang perlu kalian perhatikan terhadap ayam kalian ya. Kebersihan disini menyangkut kesemua terhadap ayam hutan hijau ini.

10. Perhatikan sirkulasi udaranya

Sebab dalam habitat aslinya ayam ini termasuk liar dan juga hidup di alam bebas, sehingga upayakan sirkulasinya udara di tempat penangkaran ayam hutan ayam hutan hijau. Sirkulasi udara tersebut akan mempengaruhi pada kesehatan serta perkembangan ayam hutan nantinya.

11. Upayakan ayam dalam kondisi satu kandang tak terlalu banyak

Supaya pertumbuhannya ayam ini tak akan terganggu, hendaknya dalam satu penangkaran maupun kandang upayakan jumlahnya ini tak terlalu banyak sebab bisa mempengaruhi kondisi ayam lainnya yang bisa membuat ayam ini stress sebab suasana sempit dan tak bersahabat dengannya.

12. Lakukan pengecekan rutin ayam yang sakit

Jika ternyata ada antara ayam hutan hijau kalian yang tejangkit penyakit, hendaknya segera memisahkan tempat terhadap ayam hutan hijau lainnya supaya ayam lainnya tak ikut terjangkit penyakit sama.

Baca Juga :   Panduan Membuat Pakan Lele Terapung (Low Cost)

13. Luangkan waktu buat berinteraksi

Selain point yang diatas, hal yang tak kalah penting diperhatikan ialah keadaan kenyamanan terhadap kenyamanan hewan peliharaan kalian. Lakukan interaksi seseringnya bersama ayam ayam ini suaya berdekatan dengan kalian dan hewan peliharaan kalian.

Berikut tadi merupakan 13 cara penangkaran ayam hutan hijau. Ayam ini sebagai salah satu unggas yang digemari masyarakat. Sebab keindahannya membuat seseorang sangat ingin memilikinya. Ia mempunya bulu indah dan juga jengger yang bervariasi uni indah sekali. Oke kawan sampai disini saja dulu pembahasannya tentang cara menangkar ayam hujan hijau. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan menambah wawasannya. Salam hangat dari penulis serta terima kasih telah berkunjung dalam artikel ini.

Baca juga:

4 Cara Menanam Bunga Bakawali Paling Mudah

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma Terlengkap