12 Manfaat Jahe untuk Burung Cendet “Paling Lengkap”

Posted on

12 Manfaat Jahe untuk Burung Cendet

12 Manfaat Jahe untuk Burung Cendet – tanaman jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Tanman Jahe (Zingiber officinale) merupakan rempah yang sangat umum digunakan untuk Jamu ataupun untuk campuran bumbu masakan. Tanaman jahe ini juga kerap digunakan sebagai rempah atau bahan obat obatan. Rasanya memang cukup pedas, tetapi memiilki efek menghangatkan. Bukan saja berkhasiat untuk kesehatan manusia, tanaman herbal ini juga digemari hampir semua jenis burung cendet paruh bengkok (parrot) dan semua burung kicau lainnya.

12 Manfaat Jahe untuk Burung Cendet

Beberapa kandungan yang ada pada tanaman jahe antara lain protein, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C, serta berbagai jenis mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), besi (Fe), natrium (Na), kalium (K), sampai dengan magnesium (Mg). Serangkaian 12 Manfaat Tanaman jahe untuk Burung cendet Cendet di sampaikan pada daftar berikut ini.

1. Memberikan Rasa Hangat

Tanaman jahe memiliki rasa yang cukup pedas sehingga memberikan rasa hangat saat dikonsumsi. Rasa hangat yang ada pada tanaman jahe bisa membantu menjaga kondisi burung cendet selama musim dingin atau musim penghujan.
Biasanya tanaman jahe diberikan dengan cara dipotong kecil kecil (seukuran voer kasar) dan dimasukkan dalam tubuh jangkrik, kemudian diberikan kepada burung cendet peliharaan.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Kumis Kucing Dalam Pot dan Tahapannya Lengkap

2. Pemulih Stamina Burung Cendet Kicau

Manfaat jahe berikutnya adalah sebagai pemulih stamina Burung Candet Kicau. Cara pemberiannya yaitu dengan memotong kecil-kecil jahu, lalu potongan kecil tersebut diberikan pada mulut burung cendet atau kata lainnya dilolohkan. Selai itu, ada cara lainnya yaitu dengan cara mengeprek potongan tanaman jahe sebelum dilolohkan ke burung cendet agar lebih lumat dan halus sehingga mudah dimakan.

3. Mengatasi Mabuk di Perjalanan

Burung cendet peliharaan cukup rentan mengalami mabuk perjalanan. Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan, burung cendet akan lebih cenderung untuk diam di dalam sangkarnya dari pada bergerak. Akan tetapi matanya tidak berhenti untuk memandangi jalanan saat kendaraan melaju.

Oleh karena itu, hal tersebut dapat memicu kondisi “mabuk” atau motion sickness pada burung cendet kicau. Untuk mengantisipasi terjadinya hal itu, beberapa jam sebelum perjalanan gantilah air minum burung cendet dengan menggunakan air tanaman jahe.

4. Untuk Kesehatan

Khasiat tanaman jahe yang tidak pernah luntur adalah sebagai kesehatan. Sama halnya manusia, meminum tanaman jahe mampu memberikan kondisi fisik sehat dan ceria. Untuk Burung Cendet, minuman jahe bisa diberikan seminggu 3 kali saja dan di saat yang tertentu jika burung cendet memang membutuhkan tanaman jahe.

5. Campuran Ulat

Selain untuk minuman, tanaman jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pakat ulat. Seperti diketahui, pakanan favorit dari burung cendet adalah ulat, terutama ulat hongkong.
Ulat yang segar tentu saja akan menjadi santapan yang paling dinikmati oleh burung cendet. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kualitas dari ulat yang diberikan untuk dikonsumsi oleh burung cendet. Cara mencampurkannya yaitu dengan mencampurkan air tanaman jahe ke dalam ulat yang akan diberikan pada burung cendet.

Baca Juga :   Kenapa Daun Mint Layu? Penyebab, Cara Mengatasi dan Merawatnya Lengkap

6. Sebagai Campuran Pakan

Manfaat Tanaman jahe yang lainnya adalah untuk campuran pakan burung cendet kicau. Biasanya tanaman jahe di buat menjadi wedang terlebih dahulu kemudian di campurkan pada pakan burung cendet apa saja.

7. Penambah Nafsu Pakan

Tanaman jahe berguna sekali untuk burung cendet kicau bukan saja sebagai kesehatan atau hal-hal lain, akan tetapi juga berguna meningkatkan nafsu pakan sang burung cendet. Dengan begitu perkembangan burung cendet juga semakin baik.

8. Nutrisi Pelengkap Burung Cendet Kicau

Tanaman jahe sebagai salah satu rempah yang di sukai burung cendet mempunyai segudang manfaat yang belum sepenuhnya terpecahkan. Tanaman jahe mempunyai beberapa kandungan yang di butuhkan oleh tubuh burung cendet, sehingga khasiatnya tidak di ragukan lagi mengenai nutrisi penting yang akan melengkapi tubuh burung cendet sobat.

9. Mencegah Drop Saat Musim Dingin

Rasa hangat yang pada tanaman jahe bisa membantu menjaga kondisi burung cendet selama musim dingin atau musim penghujan. Jahe diberikan kepada burung cendet biasanya dengan cara dipotong kecil-kecil. Lalu dimasukkan ke dalam tubuh jangkrik yang setelah itu diberikan kepada burung cendet untuk dimakan.

10. Menyembuhkan Penyakit

Selain sebagai pencegah turunnya kondisi saat musin dingin, tanman jahe juga dapat membantu memulihkan kondisi burung cendet yang sedang terkena penyakit. Cara pemberiannya yaitu dengan cara berikan potongan kecil jahe pada mulut burung cendet atau dilolohkan. Bisa juga dengan mengeprek potongan jahe tersebut sebelum dilolohkan ke burung cendet.

11. Penguat Ketika dalam Perjalanan

Burung cendet, sangat rentan mengalami mabuk perjalanan misalnya seperti diajak ke arena perlombaan. Saat ada di dalam kendaraan yang berjalan, burung cendet akan cenderung lebih diam dalam sangkarnya daripada bergerak. Tetapi matanya tidak berhenti untuk memandangi jalanan saat kendaraan sedang melaju. Cara memberikannya dengan cara memotong jahe dalam ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam air panas sambil diaduk. Setelah dingin, air disaring dan diberikan kepada burung cendet sebagai air minumnya sehingga kondisi fit selama dalam perjalanan.

Baca Juga :   4 Cara Budidaya Jintan Hitam dan Perawatannya Hingga Panen

12. Pakan Serangga untuk Burung Cendet

Selain diberikan langsung kepada burung cendet atau sebagai air minumnya, jahe juga bisa menjadi pakan yang bermanfaat untuk serangga serangga yang menjadi pakan burung cendet peliharaan. Dimana sebelumnya, serangga tersebut diberikan potongan jahe sebagai pakanannya.

Demikianlah informasi mengenai 12 manfaat jahe untuk burung cendet, semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi anda dalam pemeliharaan burung cendet. Terima kasih.

Baca juga: