11 Cara “Paling Mudah” Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah

Posted on

Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah

Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah – Mungkin beberapa orang diantara anda belum mengenal apa itu tanaman binahong. Tanaman binahong merupakan salah satu jenis tanaman menjalar yang telah banyak dimanfaatkan oleh bangsa China sebagai obat tradisional sejak dahulu kala. Di negeri China tanaman binahong ini dikenal dengan sebutan Dheng San Chi. Tanaman ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. hampir dari semua bagian tanaman binahong dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah

Saat ini tanaman binahong telah banyak diolah dan dijadikan ekstrak yang dapat dimanfaatkan. Bahkan kapsul dari ektrak binahong telah banyak dijual di apotik herbal. Tentu saja tanaman ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga banyak orang yang ingin membudidayakan tanaman binahong. Selain dapat digunakan sebagai obat sendiri, tanaman yang satu ini juga dapat anda jual untuk menambah penghasilan. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun binahong, yaitu:

• Batuk/muntah darah
• Paru-paru bocor
• Kencing manis
• Sesak nafas
• Patah tulang
• Darah rendah
• Radang ginjal, dan lain sebagainya

Untuk mengkonsumsi daun binahong sebagai obat tradisional cara yang paling praktis adalah dengan merebus beberapa lembar daunnya kemudian minum air rebusan tersebut. Apabila anda tertarik untuk menaman atau bahkan membudidayakan tanaman binahong, berikut beberapa langkah Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah yang dapat anda lakukan.

Baca Juga :   8 Cara Menanam Rumput Fatimah dan Manfaatnya Lengkap

1. Menentukan lokasi tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membudidayakan tanaman binahong adalah dengan menentukan lokasi tanam yang cocok. Tanaman binahong ini merupakan salah satu tanaman yang dapat hidup dengan baik di dataran tinggi ataupun di dataran rendah. Beberapa kriteria lokasi lahan yang cocok sebagai tempat penanaman, yaitu:

• Dekat dengan sumber air untuk penyiraman
• Terkena cukup sinar matahari, minimal 5 jam per harinya
• Pilih tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara
• Mempunyai tingkat pH tanah yang seimbang sekitar 5,5 – 7
Apabila anda mempunyai pagar rumah, bisa juga menfaatkannya sebagai rambatan.

2. Membuat lubang tanam

Apabila anda menginginkan daun binahong yangbanyak, maka buatlah lubang tanam yang banyak pula. Dengan cara menggali tanah dengan ukuran 30×3 cm dengan kedalaman20-30 cm. jarak tanaman sekitar 40 cm, kemudian lubang tanaman haruslah diisi pupuk dasar terlebih dahulu. Pekaragan rumah yang luas anda bisa manfaatkan untuk menanam tanaman binahong. Selain itu, dikarenakan tanaman ini memiliki sifat merambat maka anda perlu menyediakan rambatan atau ajir.

3. Pemberian pupuk dasar

Pemberian pupuk dasar akan berpengaruh pada tingkat kesuburan tanaman. Pupuk dasar yang digunakan haruslah campuran dari pupuk organic dan pupuk NPK. Anda dapat memakai pupuk kandang, pupuk kompos atau butiran pupuk organic yang dicampur dengan pupuk NPK dengan perbandingan 30 (organic) : 1 (NPK). Masukkan pupuk tersebut ke dalam lubang tanam dan timbun dengan tanah. Tunggu beberapa minggu agar pupuk dapat terurai.

4. Persiapan bibit tanaman binahong

Sementara menunggu pupuk terurai dalam tanah, anda dapat menyiapkan bibit binahong. Bibit bisa anda dapatkan dengan cara stek dengan memilih dengan batang menjalarnya yang berukuran sedang. Potong dengan ukuran panjang sekitar 10 cm. siapkan media pembibitan plastik polybaga atau gelas plastik bekas air mineral yang diberi lubang pembuangan air. Dengan langkah embibitan sebagai berikut:

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Menanam Lada Hitam Dari Benih Hingga Panen

• Potong beberapa batang menjalar dari tanaman binahong ukuran sedang
• Lubangi tanah pada media pot pembibitan
• Masukkan bibit batang binahong
• Dan pastikan bagian ujung di atas.
Tunggu beberapa hari, hingga tumbuh tunas baru sehingga siap untuk ditanam pada lubang tanam.

5. Penanaman bibit binahong

Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah selanjutnya adalah dengan menanam bibit binahong yang telah bertunas pada lubang tanam. Berikut langkah yang perlu anda perhatikan.

• Lubangi penanaman pupuk dasar sebesar ukuran plastik polybag.
• Siram lubang tanam dengan insektisida dan fungisida.
• Keluarkan bibit binahing dari plastik polybag
• Maukkan pada lubang tanam, timbun dengan tanah disekitar, kemudian siram.

6. Pemberian rambatan

Dikarenakan tanaman ini merupakan tanaman rambat, maka siapkan kayu dan tali yang dapat dijadikan sebagai rambatan. Apabila penanaman dekat dengan pagar rumah, anda dapat memanfaatkannya sebagai media rambat tanaman binahong. Hindari merambatkan tanaman ini pada tanaman lain, seperti jeruk, jambu, rambutan dan lainnya karena daun binahong yang lebat dapat menghambat sinar matahari bagi tanaman lain tersebut.

7. Penyiraman tanaman binahong

Berikutnya sirami tanaman binahing sekitar 5-7 hari sekali, pastikan jangan sampai terdapat air yang menggenang. Apabila telah masuk musim hujan anda tidak perlu menyiramnya.

8. Penyiangan

Penyiangan dapat anda lakukan sewaktu-waktu, karena penanaman binahong hanya anda tanam dipekarangan rumah.

9. Pemupukan susulan

Apabila anda penanam dalam skala kesil, pemupukan tidak perlu dilakukan. Akan tetapi jika penanaman dalam skala besar untuk tujuan dijual, maka pemberian pupuk susulan penting dilakukan untuk menambah produktifitas. Pemupukan dilakukan setelah tanaman merambat pada ajir dengan takaran pupuk NPK 15-15-15 dengan perbandingan 1 gelas NPK untuk 40 L air.

Baca Juga :   Cara "Paling Mudah" Menanam Bawang Putih Tunggal Atau Bawang Lanang

10. Penganggulangan hama penyakit

Tanaman binahong ini cukup kuat terhadap berbagai serangan jamur. Namun, hama dapat menyerang daun seperti ulat dan kutu daun. Untuk ulat, bagian yang sering diserang adalah akar. Sementara untuk serangan virus tanaman ini cukup kuat. apabila ternyata terdapat serangan hama yang berlebih maka anda dapat memberikan insektisida.

11. Masa panen

Anda dapat melakukan panen daun binahong setelah berumur 6 bulan, dimana daun binahong telah tumbuh dengan lebat. Cara panen daun biahong adalah dengan memilih daun ukuran besar dan membiarkan yang ukurann kecil berada di ujung. Keringkan daun tersebut dan anda bisa menjualnya.

Nah, itulah Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah yang dapat anda lakukan apabila tertarik untuk membudidayakannya. Budidaya tanaman ini cukup mudah dan dapat ditanam dimana saja. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca juga:

6 Cara “Sukses” Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya

4 “Tahap Termudah” Cara Menanam Bunga Calandiva Dan Perawatannya