13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

Posted on
13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok
5 (100%) 1 vote[s]

13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok – Golden retiever merupakan yang sering digunakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat, anjing pemburu dan juga anjing penuntun.

Namun dibalik banyak kelebihan yang dimiliki, anjing jenis ini juga sering mengalami kerontokan bulu yang dipengaruhi dari cuaca dan musim serta beberapa faktor lain seperti nutrisi buruk, stress berlebihan dan banyak faktor lain. Untuk itu harus segera diatasi dengan beberapa cara, artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 13 cara merawat bulu golden retriever agar tidak rontok, simak uraian penjelasan di bawah ini.

13 Cara Merawat Bulu Anjing Golden Retriever Agar Tidak Rontok

1. Berikan Diet Berkualitas Tinggi

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mulai memberikan diet yang sehat yang juga penting dilakukan untuk mengatasi anjing sakit.
Sebaiknya, cari makanan yang terbuat dari bahan utama daging meski memang dari segi harga terbilang lebih mahal namun makanan berkualitas ini bisa memberikan banyak kelebihan pada anjing dari segala sisi termasuk mencegah kerontokkan bulu.

Baca Juga :   Pertanian Organik Di Indonesia Dan Metodenya Terlengkap

2. Tambahkan Minyak Zaitun dan Flaxseed

Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun atau flaxseed pada makanan anjing yakni satu sendok teh atau 5 ml per 4.5 kg berat tubuh anjing.
Kedua jenis minyak ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menenangkan kulit tubuh anjing meradang sekaligus meningkatkan tekstur bulu anjing secara menyeluruh.

3. Berikan Makanan Manusia Sesekali

Beberapa jenis makanan manusia diantaranya juga sangat baik diberikan sesekali pada anjing untuk merawat golden retriever agar tidak rontok.
Anda bisa memberikan irisan apel tanpa biji karena dalam biji apel mengandung sisa sianida yang bisa menumpuk pada tubuh anjing. Selain itu, mentimun, pisang dan juga daging bebas lemak yang sudah dimasak tanpa tulang juga bisa diberikan.

4. Berikan Minum Bersih dan Segar

Minuman segar dan bersih harus selalu diberikan pada anjing. Selain memberikan minum, anda juga bisa meningkatkan asupan air dengan makanan lembab dalam diet. Makanan anjing basah bisa mengandung hingga 78% kelembaban berbeda dengan makanan kering yang hanya mengandung 10% cairan.

5. Sisir Bulu Dengan Teratur

Menyisir bulu golden retriever atau disebut juga dengan grooming akan membuat bulu berlebih bisa terbuang sekaligus menambahkan kandungan minyak pada bulu anjing untuk mencegah kerontokan.
Anda bisa menyikat bulu anjing dengan sikat bulu kejur atau bristle, slicker atau sisir yang berbentuk seperti garpu tanah kecil atau rake. Sikat slicker yang biasanya digunakan untuk goldenretriever dan jenis anjing berbulu sedang atau keriting lain seperti cocker, spaniel dan St, Bernard.

6. Pakai Perangkat Anti Kerontokan

Jika anjing anda memiliki masalah kerontokan bulu yang parah, maka peralatan anti kerontokan harus digunakan. Alat alat ini bisa digunakan

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Agar Cepat Sembuh

7. Mandikan Dengan Teratur

Memandikan anjing dengan teratur juga sangat baik untuk merawat bulu anjing yang rontok namun jangan dilakukan berlebihan karena bisa menyebabkan kulit anjing menjadi kering dan hanya akan memperparah kerontokan bulu.
Sesudah selesai mandi, gunakan juga pengering rambut dengan pengatur panas tingkat rendah atau paling dingin tergantung dari pengering rambut yang anda gunakan.

8. Kontrol Masalah Bulu Dengan Baik

Anjing goldenretriever yang memiliki masalah kutu juga membuatnya sering menggaruk secara keras dan akhirnya menyebabkan kerontokan bulu semakin parah.
Untuk memastikan anjing anda sudah terbebas dari kutu nantinya juga tidak hanya membantu untuk mengurangi kerontokan namun juga mencegah iritasi kulit, masalah ketombe dan masalah bulu lainnya.

9. Oleskan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan bulu pada anjing golden retriever dengan mengaplikasikannya langsung pada tubuh anjing.
– Celupkan kapas dalam cuka apel yang sudah diencerkan dengan sedikit air.
– Tepuk dengan lembut pada area tubuh anjing yang mengalami kerontokkan dan biarkan hingga mengering.
– Sedangkan untuk mandi, anda bisa membalurkan cuka apel murni tanpa campuran kemudian bilas kembali hingga bersih.

10. Gunakan Jus Lemon

Dalam jus lemon memiliki sifat anti bakteri yang sangat tinggi sehingga sangat membantu untuk mengatasi kerontokan bulu pada anjing. Anda bisa mencampur 1 liter air hangat dengan irisan lemon dan diamkan sekitar 5 jam lalu saring. Terapkan air tersebut pada seluruh tubuh anjing dan diamkan selama beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

11. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik digunakan untuk mengatasi masalah rambut pada manusia, namun juga bisa merawat kerontokan bulu pada anjing seperti golden retriever sekaligus mengurangi rasa gatal pada kulit dengan cara mengoleskannya langsung pada tubuh anjing.

Baca Juga :   Burung Pipit - Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

12. Minyak Kelapa

Anda juga bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit anjing karena kandungan asam laurat dalam minyak ini juga sangat ampuh untuk mencegah kerontokan bulu sekaligus membangun kekebalan topikal pada anjing anda.

13. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea treeoil juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan pada bulu anjing yang disebabkan karena infeksi kutu. Anda bisa menyemprotkan kulit anjing dengan campuran air dan minyak pohon teh yang berfungsi untuk membasmi kutu paling efektif dengan ukuran satu sendok teh minyak pohon teh bersama satu cangkir air.

Pastikan anda mengencerkan minyak pohon teh terlebih dahulu dengan air dan jangan pernah menambahkan minyak esensial ini pada air atau makanan karena tidak boleh dikonsumsi anjing. Jika anda melihat tanda kemerahan pada kulit atau reaksi alergi yang lain, maka segera hentikan penggunaan minyak esensial ini.

Itulah ulasan dari kami tentang 13 cara merawat bulu goldenretriever agar tidak rontok yang bisa anda lakukan dengan mudah sekaligus memberikan hasil efektif.

Baca juga: