Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula

Posted on

Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula

Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula – Salah satu hal yang perlu kalian ketahui yaitu burung jalak bali termasuk hewan yang mudah stres.Karena burung jalak bali ini membutuhkan perawatan yang cukup optimal agar burung jalak bali dapat bertahan hidup lebih lama.Nah, jika kalian ingin memelihara jalak bali dilingkungan rumah. Berikut ini ada beberapa cara penangkaran burung jalak bali yang bisa kalian lakulan di rumah yaitu:

1. Memilih Burung Jalak Berkualitas

Sebelum merawat burung jalak bali, hal yang perlu kalian lakukan adalah memilih burung jalak yang berkualitas.Setelah itu mulailah untuk merawat burung dengan optimal. Misalnya ialah memandikannya dipagi hari pakai spray. Kalian juga bisa menyediakan cepuk supaya burung bisa lebih leluasa jika ingin mandi.Waktuyang paling tepat yaitu jam 7 atau jam 8. Hal ini tergantung situasi, kalian bisa melakukannya lebih siang apabila kondisi sedang hujan.

2. Fasilitasi Kandang dengan Tempat Mandi

Biasanya apabila kalian menyediakan tempat mandi di kandang jalak bali, mereka bisa mandi sendiri. Burung bisa langsung masuk dan mandi dengan puasnya.Jika ingin membuat tempat mandi burung Jalak Bali, kalian dapat menggunakan wadah yang berukuran 20 sampai 25cm dengan tingginya kurang lebih 8-9 cm. Jangan lupa untuk mengganti cepuk atau tempat mandi jika dia sudah selesai mandi.

Baca Juga :   5 CaraPaling Efektif Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu

3. Melakukan Penjemuran

Kalian juga harusmelakukan penjemuran untuk burung jalak bali selama 1 jam ataupun lebih jika matahari bersinar dengan cerah. Bisa juga lebih lama saat kondisi matahari tak terlalu cerah. Setelah berjemur kalian dapat mengangin-anginkannya di teras rumah.

4. Rutin Memberikan Pakan

Salah satu hal yang paling penting yaitu masalah pembelian pakan. Pastikan jika kalian memberikan makanan yang cukup. Kalian bisa memberikan pakan seperti buah pisang kepok, pepaya dan buah lainnya. Dapat pula dengan memberi voer terbaik, sebab kandungan gizinya dibutuhkan burung jalak bali atau jenis burung lainnya.

5. Perhatikan Gizi dan Nutrisi

Kalian juga harus memperhatikan mengenai gizi serta nutrisi. Berikan makanan tambahan untuk menambah gizi seperti memberi mereka jangkrik.Kalian bisa memberikan jangkrik 2 kali sehari. Pada setiap pagi sebanyak 2 hingga 3 ekor sedangkan saat sore sebanyak 2 hingga 3 ekor. Kalian juga dapat memberikan burung jalak ulat hongkong secukupnya ataupun dengan memberikan kroto.

6. Pemeliharaan Burung Jalak

Menangkar burung jalak bali tidaklah terlalu sulit bila dibandingkan menangkar burung jalak yang jenis lainnya.Karenadi dalam masa penangkaran kalian jugadapat menangkar burung jalak secara berkelompok dengan lainnya sehingga kalian bisa membuat burung ditangkar di dalam kandang koloni, atau bahkan bisa digabung dengan kandang aviary.

7. Memberikan Glodog di Kandang

Agar burung jalak kalian tidak mudah stress, kalian bisa menggunakan glodog ataupun potongan batangpohon yang sudah dilubangi. Apabila ingin menghemat waktu, kalian dapat melakukan penangkaran dengan menggunakan kandang koloni. Sebab dengan kandang jenis ini, burung jantan bisa dengan bebas akan mencari pasangannya.

8. Memperhatikan Umur Burung Jalak

Jika kalian menginginkan proses penjinakan yang mudah, kalian harus melakukannya dengan semuda mungkin. Jalak bali usia muda juga lebih cepat adaptasinya. Sehingga mereka bisa dengan mudah mengenali lingkungan yang menurutnya tidak sesuai.Hal ini sangatlahpenting untuk diperhatikan bagi kalian pemilik burung jalak bali.

Baca Juga :   Manfaat Beras Merah untuk Burung Parkit

9. Memberikan Pelatihan dengan Rutin

Kalian jugalahharus memperhatikan waktu pelatihan serta perawatannya. Hal ini sangatpenting apabila kalian ingin menjalin kedekatan dengan mereka. Sebagai pemilikseharusnya kalian mengetahui waktu aktif. Sebaiknya hindari melakukan aktivitas pelatihan pada siang hari dan ditambah lagi melakukannya di luar ruangan saat siang hari terik, hal ini sangatlah tidak cocok dengan waktu aktif mereka.

10. Melakukan Perawatan dengan Baik dan Benar

Tidak hanya memperhatikan masa aktif burung jalak bali. Kalian juga harus memastikan telah melakukan perawatan dengan baik dan benar. Dengan memastikannya burung jalak akan terhindar dari stress. Juga akan membuat mereka bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

11. Menjinakan Burung Jalak

Pertama ialah lakukan aktifitas seperti mengeluarkan atau memasukkannya lagi ke sangkarnya.
Kalian juga bisa menggunakan metode lain dengan menempatkan makanan di tangan.Kemudian latihlah burung jalak bali untuk masuk dan keluar sangkar. Biarkan jugaburung jalak menghampiri kalian sebagai pemiliknya. Burung Jalak bali juga dikenal mampu mengeluarkan suara- suara tertentu saat pelatihan. Kalian bisa melatih hal tersebut berulang – ulang hingga mereka merasa terbiasa.

12. Melatih dengan Siulan

Menjadi pemilik burung jalak harus melakukan pelatihan pelatihan khusus misalnya memanggil dengan sebuah siulan khas untuk mereka. Hal ini akan mengenalkan burung jalak dengan suara pemiliknya. Kalian juga bisa memberikan siulan sendiri untuk menunjukkan pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa ulat hongkong maupun voer yang dapat kalian tebarkan di tangan kalian. Sebagai pemilik kalian juga bisa melakukan variasi dengan menyebarkan makanannya di lantai. Burung jalak yang sedang lapar biasanya akan langsung menghampiri pakan yang telah kalian sediakan.

13. Menjaga Kebersihan Kandang

Hal terakhir yang paling penting adalah menjaga kebersihan kandang burung jalak bali. Mengingat tidak semua makanan bisa dicerna dengan baik oleh mereka. Tentunya kalian dapat menemukan sisa makanan dikandang. Selain itu,, kotoran yang menumpuk juga tidak sangat baik. Sehingga kalian wajib untuk membersihkan kandang dengan rutin.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stress

Itulah pembahasan tentang Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula yang dapat dijadikan referensi. Terima kasih.

Baca juga:

Kegunaan Pupuk AB Mix Untuk Tanaman

Cara Membuat Pupuk AB Mix Sendiri Yang Ramah Lingkungan dan Aman