15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

Posted on

15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

15 Cara Memelihara Musang Pandan – Musang merupakan salah satu jenis hewan karnivora (pemangsa) yang termasuk ke dalam suku Viverridae. Namun, terdapat beberapa jenis musang yang termasuk hewan omnivora, salah satunya musang pandan atau dapat juga disebut dengan musang luwak. Musang jenis ini merupakan salah satu jenis mudang yang paking terkenal ketimbang jenis musang yang lainnya. Selain itu, dinaman sebagai musang pandan karena hewan ini mengeluarkan aroma yang mirip dengan harum daun panda. Akan tetapi, terkadang aroma tersebut justru akan terasa begitu menyengat sehingga lama-kelamaan terasa memuakkan.

15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

Dahulu musang pandan dianggap sebagai hama yang dapat meresahkan masyarakat. Pasalnya musang jenis ini kerap mengintai ayam-ayam yang dipelihara oleh warga setempat. Sehingga banyak masyarakat yang tidak menyukai hewan yang satu ini. Namun seiring berjalannya waktu, pandangan masyarakat tentang musang ini semakin berubah. Mungkin beberapa orang beranggapan hewan ini terlihat menggemaskan. Sehingga saat ini musang pandan mulai diminati sebagai salah satu hewan peliharaan. Berikut 15 Cara Memelihara Musang Pandan.

1. Mengetahui Kebutuhan Alami

Musang pandan merupakan hewan yang termasuk ke dalam golongan hewan nocturnal. Dimana ketika malam tiba mereka akan lebih aktif dalam beraktivitas. Seperti mencari makan dan sebagainya. Sehingga bagi anda yang memilihara hewan ini, sebaiknya harus mengetahui waktu untuk bangun dan memberi makan mereka. Mereka menyukai semua jenis buah yang manis. Namun, perlu diperhatikan bahwa memberi mereka makan hanya dengan satu jenis buah saja dalam waktu satu minggu dapat berbahaya bagi kesehatan hewan tersebut.

Baca Juga :   Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor

2. Tidak Disarankan Memakai Obat-Obatan

Apabila musang sedang sakit atau mengalami kaki yang terluka, sebaiknya hidarkan dari obat-obatan berbahan kimia. Hal ini disebabkan musang pandan termasuk ke dalam jenis mamalia yang sensitif terhadap beberapa jenis obat.

3. Masa Hidup

Mengenai masa hidupnya, ketika di alam liar musang kelapa Asia dapat hidup sampai 15 hingga 20 tahun lamanya. Musang jenis ini biasanya berdiam di hutan hujan tropis Asia Tenggara dari Himalaya dan Cina selatan, semenanjung Malaya ke Filipina serta pulau-pulau Indonesia.

4. Habitat Mereka Tinggal

Dikarenakan musang pandan adalah hewan arboreal atau sering beraktivitas diatas pohon, maka mereka akan lebih memilih daerah-daerah berkayu tebal dan hutan lebat. Namun dapat juga ditemukan di daerah agraris bahkan daerah yang depat dengan pemukiman untuk menemukan makanan dengan mudah.

5. Klasifikasi Spesies

Walaupun status taksonominya belum juga dievaluasi, namun 30 jenis dari subspecies telah dijelaskan antara tahun 1820 dan 1992.

6. Karakteristik Perilaku

15 Cara Memelihara Musang Pandan yang selanjutnya yaitu harus mengetahui karakteristik perilaku dari hewan tersebut. Hewan ini memiliki periode aktivitas diantara jam 6 sore hingga 4 pagi. Selain itu, mereka juga sering menandai batas-batas denagn menyeret kelenjar dubur di tanah. Sehingga akan memakai tempat yang telah ditandai tersebut untuk istirahat atau melakukan aktivitasnya. Musang pandan ini pada dasarnya tidak berbahaya, akan tetapi jika diprovokasi maka mereka akan menggigit atau menyerang balik.

7. Lingkungan Hidup

Secara alamimusang pandan adalah jenis hewan yang penuh energy dan penuh akan keingintahuan. Anda perlu menyiapkan atribut-atribut atau rumah yang nyaman serta aman untuk mereka tinggali. Selain itu, anda dapat menyediakan terowongan atau tempat tidur gantung, karena musang ini suka menggali. Tidak hanya itu, musang pandan juga dapat anda latih untuk menggunakan kotak pasir.

Baca Juga :   12 Cara "Paling Mudah" Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk Dibawah Umur

8. Makanan Kesukaan

Musang ini adalah jenis hewan omnivora, daftar makanan mereka mencangkup daging dan herbal buah beri serta buah-buahan lainnya, serangga dan hewan pengerat, ular kecil, kadal, katak dan lain sebagainya.

9. Reproduksi Dan Siklus Hidup

Menurut penelitian, selama musim kawin musang akan selalu bertemu dari waktu-kewaktu dalam jangka waktu satu hingga 15 hari di pohon yang sama. Mereka menarik pasangannya dari aroma sekresi kelenjar dubur yang ada disekitar mereka. Setelah periode kehamilan dua bulan, betina akan melahirkan 2 liter anak kucing per tahunnya dengan 2-5 bayi perliter.

10. Adaptasi

Musang pandan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan pada hampir semua kondisi iklim karena mereka memiliki habitat yang sangat luas.

11. Predator

Mereka akan menghindari dari pemangsa seperti harimau, singa, macan tutul, ular besar, dan buaya. Pertahanan yang musang pandan miliki adalah kelenjar aroma dianus yang mengeluarkan sekresi memuakkan.

12. Grooming

Bagi anda yang memelihara hewan ini disarankan untuk melakukan pemotongan kuku secara rutin untuk mencegah tersangkut dan cedera. Kemungkinan dapat melakukan grooming sekitar 2-4 kali setiap bulannya.

13. Kebersihan Telinga

Membersihkan telinga dan memerikasakannua secara rutin juga sangat disarankan. Hal ini karena apabila lilin telinga atau kotoran telinga yang ada pada musang tidak segera dibersihkan maka dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi.

14. Cara Memandikan

Jangan terlalu sering mamandikan musang piaraan anda. Anda hanya perlu memandikan musang sekali dalam sebulan, kecuali apabila dokter menyarankan untuk mengobati kondisi kulit tertentu. Apabila musang dimandikan terlalu sering maka akan beresiko melucuti kulit minyak dan dapat menyebabkan masalah dermatologis.

15. Perawatan preventif dan kondisi medis umum

Disarankan untuk mendapatkan vaksinasi distemper dan rabies setiap tahun. Merk khusus vaksin akan lebih disukai dari pada yang lain untuk musang sehingga konsultasi dengan dokter hewan anda mengenai vaksin yang cocok.

Baca Juga :   11 Cara Ternak Semut Rangrang Bagi Pemula Dengan Mudah

Itulah, pembahasan mengenai 15 Cara Memelihara Musang Pandan yang perlu anda ketahui jika ingin memelihara hewan ini di rumah. Memperhatikan makanan dan selalu melakukan perawatan agar terhindar dari berbagai penyakit perlu anda lalukan. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat.

Baca juga: