Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis (Penanaman-Perawatan-Panen)

Posted on

Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis (Penanaman-Perawatan-Panen)

Cara menyemai biji jeruk nipis (penanaman-perawatan-panen) – jeruk mempunyai jenis banyak, mulai dari jeruk manis sampai jeruk bali. Dari sekian banyak macam jeruk, sebagian besar dipakai menjadi bahan minuman maupun dimakan langsung buahnya.
Di Indonesia sendiri sudah biasa dikenal dengan jeruk nipis. Jeruk ini kadnag dipakai menjadi bahan campuran minuman, sebab rasanya yang asam sehingga menambah kesegaran dalam minuman. Lantas, apakah kalian tau bagaimana menanam jeruk nipis ini? nah berikut ini akan kami kupas mengenai Cara menyemai biji jeruk nipis (penanaman-perawatan-panen).

Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis

1. Memakai tanah sebagai media tanam

Pertama ini kalian harus memakai tanah sebagai tanam biji jeruk nipis. Cara menyemai biji jeruk nipis menggunakan tanah tersebut adalah cara yang tepat sekali dan sederhana untuk dilakukan.
Yang harus kalian siapkan hanya tanah untuk dipakai sebagai pupuk kandang maupun kompos, ember, pot yang ukurannya kecil dengan dilubangi dasar pot nya dan yang paling penting ialah biji jeruk nipis.

Langkah-langkah menanam biji ini bagi pemula adalah sebagai berikut :

  • Pertama masukkan tanah di dalam ember lalu campur menggunakan air dan aduklah. Pencapuran ini tujuannya supaya tanah mempunyai kelembaban pas untuk media tanam biji. Bisa pula dicampurkan dengan pupuk kompos secukupnya untuk tambahan nutrinya.
  • Pastikan tidak mencampurkan tanah menggunakan air yang tak terlalu banyak sebab bisa membuat busuk biji ketika ditanam. Jeruk nipis memang baiknya tumbuh di media lembab, akan tetapi pertumbuhannya terganggu bila disiram menggunakan air banyak dengan menggenang. Selain itu campuran tanah yang sudah dipasteurisasi.
  • Proses pasteurisasi adalah sebagai alat bantu membunuh bakteri yang bisa merusak biji jeruk. Pemakaian gambut, vermikulit, perlit dan pupuk organic pun bsia sebagai pilihannya. Campurkan bahan itu untuk membuat drainase tanah bagus.
  • Isilah media tanah didalam pot dengan penuh kurang lebih tersisa 2.5 cm terhadap permukaan tanah dibibit pot. Sesudah tanah masuk didalam pot, buatlah sejumlah lubang tanah guna meletakkan biji jeruk nipis memakai jari.
  • Buatlah lubah yang jumlahnya 5- 10 bauh
  • Pilihlah biji jeruk yang ukurannya sedang sampai sebab sebab bila memilih yang kecil takutnya mengkerut sama dengan kismis serta tunas yang bisa tumbuh.
  • Bijinya juga dapat berasal dari jeruk nipis organic, sebab biji jeruk ini kemungkinan tumbuh tunasnya dengan lebih besar daripada dengan jeruk tanpa organic.
  • Sebelum ditanam, maka biji seharusnya dicuci dulu. Sebab biji jeruk nipis ada lapisan gel yang terbuat dari gula.
  • Bila jeruk nipis tak dicuci maka lapisan gula ini akan mempercepat proses pembusukan. Untuk mempercepat pertumbuhan tunas, maka rendam menggunakan air hangat selama 1 malam.
  • Masukkan biji didalam tanah, dan pastikan biji jeruk lancip bisa menghadap ditanah sebab akar muncul dari biji lanci[.
  • Sesudah itu, tutuplah pot menggunakan plastic yang transparan guna memudahkan pamtauan dalam tunas biji yang telah dilubangi kecil-kecil memakai tusuk gigi guna menjaga kelembaban dan juga kehangatan biji jeruk.
  • Letakkan pot pada tempat yang lumayan hangat dan tak terkena sinar matahari dengan langsung.
  • Bila pot maupun tanah terlihat bisa dijalankan penyiraman dengan cara membuka plastikanya sesudah disiram maka jangan lupa untuk ditutup lagi.
  • Sesudah 2 minggu kita bisa melihat tunas jeruk nipis serta tutup plastic bisa dibuka. Tunas dari jeruk nipis ini bisa dipindahkan di tempat yang terkena sinar matahari dan jangan lupa terus menjaga kelembabannya tanah.
Baca Juga :   Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Menggunakan kantong plastik sebagai media tanam

Cara menyemai biji jeruk lainnnya bisa menggunakan alternated beriut ini yakni menggunakan kantong plastic. Nah, berikut ini caranya :

  • Langkah pertama dibasahi handuk kertas yang akan dipakai menjadi media biji jeruk nipis tumbuh. Sehingga nanti handuk kertas tersebut akan diletakkan di kantung plastic menggunakan segel maupun kancing.
  • Sesudah dibasahi, maka letakkan handuk kertas yang lembab ditempat datar supaya tak berkerut. Bila bentuknya terlalu lebar, maka jangan lupa dilipat dulu.
  • Siapkan 5-10 biji jeruk nipis guna berjaga jaga bila ada yang tak tumbuh tunasnya jadi kita mempunyai ruangnya untuk tumbuh. Sebab bila diletakkan terlalu banyak biji di dalam 1 kantong maka bisa mempunyai sedikit ruang untuk tumbuh.
  • Hampir sama dengan menanam di tanah, bersihkan lebih dulu biji jeruk nipisnya
  • Sesudah diberihkan kupaslah lapisan biji jeruk nipis. Pertama kulit jeruk warnanya putih dan kita akan kupas lapisan putih ini hingga menemukan lapisan warna coklat.
  • Sesudah warna coklat dikupas lagi sampai bertemu lapisan dibawahnya.
  • Sesudah kita mengupas biji jeruk maka letakkan biji ini diatas handuk kertas yang telah dibasahi sebelumnya. Selalu jaga kelembabannya ya sobat.
  • Sesudah diletakkan maka masukkan handuk kertas di kantung plastic yang mempunyai segel rapat. Kantung plastic pun ditutup rapat supaya bisa tumbuh bijinya.
  • Tunggulah 2-3 minggu guna munculnya tunas. Saat tunas ukurannya sekitar 8 cm barulah bisa memindahkan tunas ini di media tanah dan sirami dengan sedikit basah saja.

Nah, itulah tadi mengenai Cara menyemai biji jeruk nipis (penanaman-perawatan-panen). Cara diatas tadi bisa kalian lakukan dirumah menggunakan bahan bahan yang mudah untuk dijumpai di sekeliling kita. Dengan cara begitulah maka kita tidak harus repot lagi dalam membeli jeruk nipis saat sudah mempunyai tanamannya sendiri dirumah. Semoga materi ini bisa membantu kalian yang sedang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Jeruk Nipis Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Baca juga:

15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

8 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh