10 Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula Terlengkap

Posted on
10 Cara “Sukses” Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula

10 cara budidaya ikan arwana – ikan arwana ialah jenis ikan yang lumayan sulit dibudidayakan. Hal ini dikarenakan kalian harus menyiapkan modal banyak untuk bibitnya, area pemeliharaan serta sejumlah teknik dalam memelihara ikan arwana.

Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula

Nah, kalian tak usah khawatir akan hal ini, sebab kesusahan dalam merawat arwana akan memberikan dampak keuntungan berlipat ganda. Ikan arwana akan membuat kalian kaya sama halnya pelawak serta presenter.
Cara budidaya ikan arwana termasuk tak gampang. Kalian perlu melihatkan area pemeliharaannya yang berwujud kolam atau akuarium lumayan luas. Untuk budidaya ikan arwana dengan jumlah banyak maka hendaknya kalian memakai kolam lebih luas. Berikut kami bagikan tips 10 cara budidaya ikan arwana.

1. Menata tempat penangkaran

Hal yang harus kalian perhatikan kalian perlu menata akuarium sama kola dengan banyak batu supaya ikan arwana betah dan tahan lama. Ikan yang tak betah hidup pada tempatnya maka bisa mengakibatkan ikan menjadi mati atau malah tak mau berkembang biak. Bila hal ini terus dialami maka kalian bisa merugi. Sudah mengeluarkan dana banyak akan tetapi tak ada hasilnya.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Atau Proses Pembenihan Ikan Arwana Bagi Pemula

2. Menjaga pH air

Hal lain perhatikanlah dalam memelihara ikan ini ialah karakter air kolam maupun akuarium perlu dijaga kejernihannya dan upayakan air mengalir terus. Dengan begini, maka kalian harus membuat filter guna kolam atau akuarium kalian. Kalian pun harus menjaga kadar pH air yakni 6 atau 7, jangan biarkan lebih atau kurang sebab tak baik bagi ikan arwana sendiri.

3. Memperhatikan suhu air

Untuk temperatur maupun suhu, upayakan suhunya stabil yakni 26 sampai 30 derajat celsius. Ikan tersebut suka pada cahaya, maka kalian perlu memberikan penerangan pada akuarium maupun kolam bila lokasinya tertutup maupun terhalang matahari. Akan tetapi, jangan salah ikan ini tak dapat hidup dibawah sinar matahari secara langsung.

4. Bila memelihara ikan arwana dalam kolam

Sementara budidaya menggunakan media kolam maka kalian pu menyediakan pula kolam yang luas supaya dapat menampung sejumlah induk ikan guna dikembangbiakkan. Kolam yang luas akan membuat ikan arwana bergerak dengan lebih mudah dan fleksibel. Kalian pun bisa mengkombinasikan budidaya ini di akuarium. Kalian pilih indukan yang sudah dirawat diakuarium lalu pindakan dalam kolam.

5. Memilih jenis ikan

Sesudah menyediakan area guna memelihara ikan arwana. Lalu kalian memilih jenis ikan arwananya, dan jangan memilih jenis ikan yang sembarangan. Bila kalian mempunyai modal lumayan besar serta ingin keuntungan besar maka kalian wajib memilih ikan super red sebab harganya super tinggi dan ikan ini dapat mencapai 5 juta per ekornya sementara bibit ekor dapat mencapai 1 juta.

6. Pembesaran benih

Kemudian pembesaran benih kalian tunggu hingga ukurannya 12 cm. Untuk benih yang kecil ukurannya 1 cm bisa diberi makan cacing pita. Bila seekor ikan mulai dewsa dan ukurannya kurang lebih 12cm, maka kalian perlu memisahkan ikan ini terhadap ikan kecil maupun anak ikan sebab arwana jenis pemakan segalanya tidak mempedulikan anaknya sendiri.

Baca Juga :   Efek Lele Kena Air Hujan dan Cara Mengatasinya

7. Mempelajari karakter ikan

Sesudah kalian memindahkan ikan masih kecil maka ikan bisa dipelihara hingga ukurannya 25 sampai 40 cm. Ikan ini ukurannya yang dicari banyak orang. Sebab ikan remaja karakternya agresif serta gesit jadi ikan remaja ukurannya ini paling disukai. Untuk menghasilkan lebih alami, maka bisa menjemur ikan di pagi hari sebab sinar matahari dipagi hari sebab sinar matahari pagi paling baik guna membentuk warna alami cemerlang.

8. Proses memelihara

Proses pembesaran ikan bisa dijalankan dengan memberi makanan yang ukurannya lumayan besar yang mempunyai zat pemicu pertumbuhan dijual pasaran. Hal penting yang perlu kalian perhatikan ialah proses panen ikan tersebut. Kalian harus hati-hati ketika memanen ikan sebab penting guna menjaga keadaan ikan tak cacat maupun terlukan jadi harganya tetap tinggi dipasar.

9. Pakan ikan

Untuk pakan maupun makanan yang diberikan harus berwujud gabungan pellet dengan kandungan 32% protein dan berbagai pakan hidup berwujud ikan mas, potongan daging, udang dan kepiting kecil. Pakan diberikan yang ukurannya sekitar 2% terhadap berat ikan disetiap harinya dibedakan jadi 2 kali pemberian pakan di pagi dan sore hari. Musim kawin kadang mengalami dibulan juli serta desember.

10. Merawat ikan arwana

Ikan yang sudah matang kelaminnya umur 4 tahun dengan tubuh panjang 45-60 cm. Perbedaan jenis kelamin baru dapat diketahi ketika umurnya 3-4 tahun. Perbedaan kelamin bisa dilihat berdasarkan ukuran tubuh serta rongga mulut. Ikan jantan lebih gampang dikenali tingkah dan bentuknya. Kalian dapat melihat ikan yang tak mau makan maka artinya ikan jantan sebab dia sedang menjaga anakanya di dalam mulutnya.

Usia induk arwana yang sudah siap dikembangbiakkan 4 tahun lebih. Seharusnya kalian memisahkan ikan arwana indukan arwana lainya sebab kalian perlu memberikan ikan indukan yang makanannya khusus yakni udang. Arwana remaja yang umurnya kurang lebih 2 tahun pun memerlukan udang jadi keberadaannya perlu dipisahkan menggunakan ikan dewasa sebab ikan dewasa pergerakannya lebih lambat dapat kalah saing ikan remaja lebih cepat.

Baca Juga :   12 Contoh Ikan Predator Air Tawar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Jadi, inilah 10 cara budidaya ikan arwana yang perlu kalian perhatikan mulai dari penangkaran, lalu memilih jenis ikan, pakan sampai cara untuk merawatnya hingga ikan berkembang biak. Kemungkinan, budidaya ikan bisa sebagai peluang bisanis bagus di jangka panjang maupun sekedar penyalur hobi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: