4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula

Posted on

4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula

4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula – Rumput cow grass bagi beberapa orang mungkin belum terlalu mengetahui mengenai rumput yang satu ini. Atau mungkin anda pernah melihatnya dan di daerah anda juga ada rumput jenis ini, akan tetapi anda tidak mengetahui bahwa nama dari rumput tersebut adalah cow grass. Rumput cow grass adalah salah satu jenis rumput yang banyak ditemukan di daerah sekolah, perkebunan, dan lapangan sepak bola serta dibeberapa tempat lainnya. Beberapa orang juga sering menyebutkan nama lain dari rumput ini yaitu rumput gajah mini. Rumput ini memiliki bentuk yang lebih rendah dibandingkan dengan rumput gajah pada umumnya.

Berikut 4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula sebagai bahan panduan. Namun sebelumnya dibawah ini akan dijelaskan tentang beberapa kelebihan dan manfaat dari rumput cow grass.

Manfaat Rumput Cow Grass

Saat ini, meskipun beberapa orang belum terlalu mengetahui mengenai rumput cow grass. Akan tetapi sebagian telah banyak membicarakan tentang rumput ini. Rumput jenis ini akan sangat bagus apabila digunakan sebagai desain ekterior ataupun interior yang yang banyak digunakan sebagai hiasan pada rumah minimalis. selain itu, rumput coe grass diletakkan juga pada ornament-ornamen yang minimalis serta di taanam pada area sekolah ataupun kantor agar terlihat lebih hijau dan alami.

Teknik Menanam Rumput Cow Grass

1. Siapkan Media Tanam

Teknik pertama, terlebih dahulu anda perlu menyiapkan media tanah sebagai tempat penanaman rumput cow grass. Caranya dengan menggemburkan tanah memakai cangkul ataupun dapat juga menggunakaan bajak. Kedalaman tanah yang perlu digemburkan kurang lebih sekitar 5 cm hingga 10 cm disesuaikan dengan kondisi tanah. Apabila anda menemukan bebatuan ketika proses penggemburan tanah, sebaiknya buang batauaan tersebut agar tidak menjadi penghalang.

Baca Juga :   12 Cara "Paling Ampuh" Menjinakkan Kakatua Jambul Kuning Terlengkap

Anda dapat juga mengambil tanah di sawah sebagai media tanam kemudian disaring agar tidak ada batu yang tercampur. Selanjutnya anda dapat mencampurkan tanah telah gembur tersebut dengan pupuk organic atau pupuk kandang dan aduk menggunakan cangkul.

2. Pemupukan Media Tanam

Dalam tahap ini sebaiknya pupuk yang anda gunakan adalah pupuk kandang atau pupuk organic. Proses ini merupakan faktor penting yang dapat menentukan seberapa cepat dan suburnya rumput cow grass yang akan anda tanam nantinya. Apabila anda melewati proses pemupukan misalnya tidak melakukan pemupukan sebelum melakukan penanaman, maka kemungkinan besar rumput cow grass yang anda tanam tidak terlalu subur. Kecuali jika memang sebelumnya tanah yang ada gunakan atau yang ada disekitar anda telah terbukti sangat subur walaupun tidak diberi pupuk.

Maka dari itu, apabila anda ingin mendapatkan rumput cow grass dengan kualitas yang baik, seharusnya tentu saja anda melakukan pemupukan terlebih dahulu sebelum anda melakukan proses penanaman rumput cow grass ini.

3. Penyiraman

4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula yang selanjutnya yaitu teknik penyiraman. Teknik ini dilakukan apabila anda telah selesai melakukan pemupukan pada media tanam. Tujuan dilakukannya penyiraman agar pupuk yang sebelumnya telah anda campurkan dengaan tanah yang digunakan dapat tercampur dengan rata. Selain itu, tujuan lainnya dari tahap penyiraman adalah untuk meratakan tanah tersebut.

4. Penanaman

Apabila pemupukan dan penyiraman telah anda lakukan, tahap selanjutnya yaitu nada harus melakukan penanaman. Seperti penjelasan di atas, penanaman rumput cow grass terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Namun, ada beberapa hal yang perluanda perhatikan, yaitu ketika waktu penanaman sebaiknya pilih waktu memasuki musim penghujan. Hal ini bertujuan agar rumput cow grass yang nantinya akan anda tanam mendapatkaan suplai air yang lebih banyak. Pada tahap ini anda bisa menanam bibit yang sebelumnya telah anda persiapkan dan anda beli dari tiko tanaman atau toko bibit disekitar daerah tempat tinggal anda.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air "Paling Mudah"

Sementara harga yang perlu anda keluarkan untuk membeli bibit rumput cow grass terbilang cukup terjangkau yaitu sekitar 15 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah. Hal ini disesuaikan dengan tempat pembelian bibit rumput. Kemudian apabila anda telah mendapatkan bibit rumput, anda dapat menyobeknya dengan ukuran sekitar 3 cm hingga 5 cm. Setelah itu, anda dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  • Tanam rumput yang sebelumnya telah nada sobek menjadi 3-5 cm hingga semua akarnya tertutup oleh tanah. Disarankan dalam metode penanamannya jangan menanam atau menempatkan rumput cow grass dalam bentuk zig zag. Hal ini bertujuan agar rumput cow grass yang ditanam dapat tumbuh menutupi tanah sepenuhnya dan dapat tumbuh secara maksimal.
  • Setelah anda menanamnya hingga tidak ada akar yang terlihat, anda dapat menepuk atau menekan rumput tersebut atau memukulnya secara perlahan agar jalinan akar rumput dengan tanah semakin kuat. Selain itu, apabila terjadi hujan, rumput yang anda tanam dapat bertahan dalam tanah dan tidak terbawa air hujan.
  • Ratakan posisi tanah dengan memakai balok kayu, setelah permukaan tanah tersebut rata maka anda dapat mengangkat balok kayu tersebut.
  • Kemudian apabila anda sudah selesai menanam rumput tersebut, maka anda dapat menambahkan pupuk urea dan juga NPK untuk merangsang pertumbuhan rumput cow grass agar lebih subur dan dapat tumbuh dengan lebat.

Dalam perawatannya anda hanya perlu melakukan penyiraman secara r utin minimal 2 kali sehari. Penyiraman ini disesuaikan dengan cuaca ketika anda menanam rumput tersebut. Apabila cuaca yang berlangsung atau telah memasuki musim penghujan, disarankan anda menyiramnya sekali dalam sehari. Hindarkan juga rumput dari injakan orang-orang atau hewan, agar tidak mengganggu pertumbuhannya. Inilah penjelasan tentang 4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula dan dapat anda gunakan sebagai tambahan informasi apabila anda tertarik untuk mendekorasi pekarangan rumah.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

Baca juga:

Cara Mengatasi Anjing Jantan Birahi

Cara Menanam Sukulen Dari Daun Dan Batang