Cara Merawat Burung Emprit Paling Mudah

Posted on

Cara Merawat Burung Emprit Paling Mudah

Cara merawat burung emprit – burung emprit atau sering dikenal dengan nama pipit ini jenis burung finch (estrildae) yang berasal dari genus lonchura dan sering dianggap menjadi burung hama lantaran habitatnya tak jauh dari lahan pertanian.

Sehingga banyak perburuan pada spesies ini, dan tak ada upaya dalam menjaga kelesatariannya. Akan tetapi hanya sejumlah orang yang cukup akrab dengan burung jenis ini, salah satunya yaitu :

  • Bondol jawa (lonchura leucogastroides)
  • Bondol peking (lonchura punculata)
  • Bondol perut putih (lonchura leucogastra)
  • Bondol haji (lonchura maja)

Burung ini dianggap menjadi burung recehan, akan tetapi diluar negri buurng ini justru banyak dipelihara dan dikembangbiakkan. Berikut ini akan penulis bagikan sedikit tips dalam Cara merawat burung emprit.

1. Siapkanlah kandang yang bersih

Kandang yang dipakai emprit ini mode solitaire/ sangkar menggantung, sebab mengingat bahwa burung ini kecil/ mini. Model sangkar gantung pun salah satu mode sangkar praktis serta mudah dipakai.
Burung emprit sudah masuk usia 7 bulan sudah bisa dikembangbiakkan jadi indukan. Selain itu kalian juga harus sering memantau kondisi sarangnya. Sarang yang dibuat sendiri burung emprit ini harus disediakan sejumlah bahan sarang yang dibutuhkan, misalnya kardus bekas disobek-sobek, remah-remah kayu dan ranting.

2. Pakan

Berikan pakan terbaik supaya kualitas dari telurnya nanti baik juga dan menghasilkan anakan yang unggul. Makanan maupun pakan yang disarankan sekali ini adalah kulit telur yang sudah dihancurkan, grit, tulang yang sudah dihancurkan. Pakan lainnya ini yang bergizi berwujud sumber vitamin yakni buah-buahan dan sayuran segar. Ulat hongkong pun dapat jadi salah satu ekstra maupun EF yang kerap dikapai.

Baca Juga :   Cara Beternak Ayam Pedaging, Perawatan Hingga Panen Menguntungkan

3. Merawat burung emprit

Meskipun badannya kecil, akan tetapi burung satu ini sangat bagus dan tangguh dan dapat dikembangbiakkan dengan mudah sekali. Tidak membutuhkan serangkaian perawatan khsuus yang kadang dijalankan dalam burung jenis lainnya. Sejumlah perawatan harian ini yang masih umum untuk merawatnya ialah :

  • Menjalankan kegiatan pemandian : seluruh jenis burung pastinya memerlukan perawatan yang ini. Yakni baik untuk kesehatan yang bisa menjauhkan stress burung emprit.
  • Diangin anginkan ialah salah satu bentuk perawatan harian pada burung secara umumnya yang berlaku pula pada peternak burung emprit ini.
  • Sesudah menjalankan pemandian, kemudian lakukan pula pengeringan dengan metode penjemuran selama kurang lebih 1 atau 2 jam.
  • Bersihkan kandang, tempat makan, tempat minum dan tenggeran di dalam kandang emprit supaya sanitasi terjaga serta burung emprit kalian tak terjadi gangguan yang bisa membahayakan.
  • Selalu sediakan air minum yang masih bersih dan gantilah sisa pakan yang tak ternakan oleh mereka.

Burung emprit ini termasuk burung yang mudah untuk dilakukan budidaya, berikut ini akan kami tambahkan pula ketika vase perkembangbiakan untuk kalian yang penasaran untuk budidaya dirumah.

1. Perjodohan

Meskipun perjodohan ini bukan termasuk hal yang bisa saja terjadi dengan waktu cepat, akan tetapi ini merupakan sebuah proses penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya sebuah langkah budidaya ini. Berikut adalah cara menjodohkan burung emprit, antara lain :

  • Biarkan kedua indukan emprit ini saling mengenal lebih dulu dengan cara membiarkan mereka di dalam kandang terpisah akan tetapi tetap saling dekat.
  • Amatilah perilakunya, bila mereka ini saling tertarik maka sang jantan ini akan nampak memanggil sang betina dan betina pun akan menjadi lebih agresif. Ditunjukkan dengan cara menerbangkan dalam sangkarnya sendiri.
  • Bila tanda-tanda tersebut sudah terlihat, maka satukan mereka di dalam kandang penangkaran.
  • Lengkapi kandang penangkaran tersebut dengan sarang maupun bahan guna membentuk sarang supaya mereka dapat bertelur serta mengeraminya.
Baca Juga :   Budidaya Lele Sangkuriang Kolam Tanah Untuk Pemula (10 Kiat Petani Sukses)

2. Proses bertelur

Nah, sampailah dalam proses bertelur, disinilah hasil perkawinan kedua indukan yang sudah berhasil akan membuahkan setidaknya 4 sampai 8 buah butir telur yang berkualitas. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas dan banyaknya telur burung emprit misalnya kesehatan sang induk dna juga kualitas dari pakan yang diberikan. Itulah kenapa disarankan untuk memberikan pakan paling baik saat masa perjodohan supaya birahi dan juga gairah bisa tetap stabil.

Betina yang sudah berhasil ini selama perjodohan akan memerlukan waktu kurang lebih 14 hari supaya dapat menghasilkan telur-telur mereka jadi nanti sesudah telur ini dierami dan juga anakan sudah lahir, maka pemberian makan guna sang betina ini perlu ditingkatan. Ini dikarenakan keperluan dari anak pun akan ditanggung serta dilolohkan induk betina. Anakan sudah dapat dipisahkan maupun dipanen sesudah memasuki umur kurang lebih 21 hari.

Jangan lupa untuk selalu memberikan berbagai jenis pakan yang berpotrein tinggi guna menunjang pertumbuhan serta perkembangan anakan. Anakan sudah dapat keluar dari sarang mereka saat mereka berumur 19 hari. Burung emprit ini akan dikelompokkan sebagai burung dewasa sesudah melalui fase mabungnya yang pertama yakni saat ia sudah menginjak umur 60 hari. Suplemen khusus pun dibutuhkan supaya dapat memperoleh anakan yang baik di masa tersebut.

Dengan mudahnya penangkaran serta cepatnya proses reproduksi burung ini maka menjadikan primadoan dikelasnya. Indukan ini bisa dikembangbiakan guna proses perjodohan. Untuk anakan sudah dapat jadi calon indukan menginjak umur 6-8 bulan.

Nah, bagaimana sobat? Mudah sekali bukan Cara merawat burung emprit. Bagi kalian yang masih pemula untuk beternak pada burung ini, bisa membaca artikel diatas. Disini juga dipaparkan bagaimana proses perjodohan sampai menghasilkan anakan yang baik. Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

Baca Juga :   Panduan Cara Beternak Kambing Etawa, Perawatan Hingga Panen

Baca juga:

4 Teknik Menanam Rumput Cow Grass Untuk Pemula

Cara Mengatasi Anjing Jantan Birahi