5 Cara Menanam Bengkuang “Dengan Mudah” Hingga Panen

Posted on
5 Cara Menanam Bengkuang “Dengan Mudah” Hingga Panen
5 (100%) 1 vote[s]

5 Cara Menanam Bengkuang Dengan Mudah

5 cara menanam bengkuang dengan mudah – di pasar tentu kalian akan menjumpai banyak buah yang beraneka jenis, mulai dari yang asam, manis sampai yang pait. Buah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu jenis buah paling penting bagi tubuh ialah bengkuang. Bengkuang adalah jenis buah yang mempunyai kandungan air serta sedikit glukosa. Selain itu, tak jarang pula yang membudidayakan bengkuang sendiri dirumah. Tujuannya menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Nah, bagi kalian yang tertarik berbisnis bengkuang, berikut kami sampaikan tentang 5 cara menanam bengkuang dengan mudah.

Manfaat dari bengkuang ini banyak sekali. Mulai dari manfaat bagi kesehatan sampai kecantikan guna kesehatan sendiri buah yang memunyai banyak sekali manfaat. Seperti nutrisi tubuh, bisa meningkatkan sistem imun sampai mengobati dan juga mencegah beragam penyakit dalam tubuh manusia.

5 Cara Menanam Bengkuang

Sementara untuk kecantikan sendiri bisa menutrisi kulit tubuh kalian. Kulit akan nampak cerah, lembut, lembab dan juga halus selain itu kalian pun akan terlihat menjadi awet mudah. Untuk mengonsumsinya buah ini kalian tak harus mengonsumsinya dengan langsung, khususnya bagi kalian yang kurang senang dengan mengonsumsi buah.
Kalian dapat membuatnya untuk beragam menu makanan sehat dan juga pastinya bergizi.

Ada sejumah menu berbahan dasar dari buah kalian bisa mencobanya sendiri dirumah. Mulai dari salad buah, manisan, es buah, dan juga sop buah dll. Bengkuang mempunyai nama ilmiah pachyrhizuz erosus, bengkuang ini adalah bagian dari jenis tumbuhan yang berjenis tanaman berumbi. Nah, tidak usah berbasa basi lagi sobat yuk mari simak informasi selangkapnya dibawah ini mengenai cara menanam bengkuang.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Petai Dengan Hasil Yang Melimpah

Cara Menanam Bengkuang

1. Benih bengkuang

Hal pertama yang perlu kalian lakukan ialah menyiapkan benih dengan kualitas terbaik serta layak untuk tanam. Untuk memperolehh benihnya ini bisa secara langsung atau membelinya di toko benih. Inilah sedikit penjelasannya :

  • Untuk memperoleh benih bengkuang dengan langsung, yakni dengan memilih tanaman bengkuang terlihat sehat dan tak cacat. Rawatlah tanaman ini dan biarkan buanganya sampai polong kemudian petiklah dan simpan ditempat sejuk dulu.
  • Selain itu kalian dapat mengambil dari ubi bengkuang, caranya pilih bengkuang yang punya ukuran besar dan tua. Cirinya mempunyai tekstur kulit kasar dan kering. Biarkan bertunas dulu ditempat yang sejuk. Kemudian tanam di tanah dan campurlah pupuk.
  • Lakukan perawatan sampai berbungan serta menghasilkan polong kemudian panen polong. Kadang benin ini diperoleh dengan ubi bengkuang yang berkualitas unggul.

2. Bibit bengkuang

Langkah kemudian yakni pembibitan. Pembibitan ini untuk memperoleh bengkuang yang berkualitas dengan menghasilkan buah baik. Berikut penjelasannya :

  • Pertama sediakan benih dan buka kulit polongnya.
  • Kemudian sediakan baskom yang isinya air bersih setengahnya saja dan masukkan bengkuang dalam wadah itu selama 12 jam.
  • Sambi menunggu kalian siapkan media tanam dengan mencampurkan pupuk kandang.
  • Letakkan tanah di dalam tray atau polybag dan lubangi tanah dengan tipis kurang lebih 2 cm.
  • Masukkan benih dalam lubang dan tutuplah secara tipis.
  • Sirami media memakai metode spray serta jangan terlalu lembab.
  • Tunggu sampai benih bertunas mencapai tinggi 5cm.

3. Media tanam bengkuang

Sesudah benih tersebut bertunas dan jadi bibit, maka kalian siap membuat media tanam yang baik untuk menanam bengkuang. Berikut ulasannya :

  • Sediakan lahan tanam mdi halaman maupun pekarangan. Cangkullah tanah dan proseslah penggemburan secara baik.
  • Sesudah itu buat bedungan untuk drainase tanag bisa berjalan baik.
  • Sesuaikan juga bedengan yang kalian buat menggunakan kontur dari tanah serta jarak antar bedengan upayakan kurang lebih 40-50 cm.
  • Sebarkan pupuk kandang maupun kompos dengan merata di media tanam dan jangan luoa membuat lubang tanam. Untuk lubangnya ini dengan kedalaman kurang lebih 7 cm dengan jarak 25 cm.
  • Masukkan bibit kedalam lubang serta tutup lubang tanam menggunakan campuran pupuk.
  • Sesudah itu padatkan supaya bibit bisa berdiri kokok dan sirami untuk melembabkan.
Baca Juga :   Panduan Budidaya Tomat Dalam Polybag Secara Baik Dan Benar

4. Perawatan bengkuang

Mengenai proses perawatan tanaman bengkuang termudah berbeda menanam jeruk bali dan dalam cara menanam ini khususnya supaya kalian dapat menghasilkan tanaman berbuah yang besar serta mempunyai kualitas baik. Berikut penjelasannya :

  • Lakukan proses penyiraman dengan rutin guna menjaga kelembaban tanah dalam media tanam, meskipun bengkoang bisa bertahan di tanah tandus akan tetapi kalian harus memperhatikan kelembaban tanah.
  • Lakukan penyulaman memakai kacang tanah guna memperkaya kandungan dari nitrogen tanah.
  • Lakukan pemupukan lanjutan menggunakan pupuk kandang maupun kompos ketika usia tanaman mencapai 3 minggu dengan rutin setiap 2 minggu sekali.
  • Lakukan proses pemangkasan pula pucuk daun bunga bengkuang supaya buah bisa tumbuhs ecara baik dan mempunyai ukuran yang besar.

5. Panen bengkuang

Adapun cara menanam bengkuang benar dan tepat menanam bengkuang yakni sebagai berikut :

  • Untuk bengkuang baru dapat dipanen bila bengkuang telah berusia kurang lebih 4 bulan sesudah masa tanam.
  • Untuk panennya kalian dapat melakukannya menggunakan cara mencabut dengan perlahan supaya buah tak rusak.
  • Selain tersebut kalian dapat pula memanen dengan cara menggali tanah misalnya bila kalian memanen ubi.

Itulah cara yang mudah dan praktis 5 cara menanam bengkuang dengan mudah. Bengkuang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Mulai dari manfaat bagi kesehatan sampai dengan kecantikan. Selain itu dijadikan seseorang untuk sumber keuntungan, nah kalian bisa menggunakan cara ini dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga: