Dosis Pupuk Untuk Tanaman Kacang Hijau

Posted on

Dosis Pupuk Untuk Tanaman Kacang Hijau

Dosis pupuk untuk tanaman kacang hijau – kacang hijau ialah tanaman jenis palawija yang ditemukan banyak di daerah tropis dan termasuk pula di indonesia. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah (vigna radiata) yang terkenal menjadi sumber bahan pangan yang mempunyai protein nabati tinggi. Berikut ini kami akan membahas seputar Dosis pupuk untuk tanaman kacang hijau.

Di indonesia sendiri kacang hijau mempunyai posisi urutan ketiga menjadi tanaman pangan legum penting sekali sesudah kacang kedelai serta kacang tanah.
Bagian dari tanaman kacang ini banyak dimanfaatkan, salah satunya adalah bagian bijinya. Terkadang biji dari kacang hijau rebus hingga lunak sebelum dapat dikonsumsi menjadi bubur kacang hijau maupaun dapat pula menjadi konsumsi manusia secara langsung.

Kacang hiaju pun banyak dimanfaatkan menjadi bahan makanan isian dari onde onde, gandas turi dan bakpau. Sementara untuk bagian di kecambah maupun taugenya ini kacang hijau kerap menjadi bahan sayuran.
Tanaman kacang hijau supaya dapat tumbuh dengan subur serta sehat ini membutuhkan beragam jenis unsur hara yang terkandung di dalam sebuah pupuk. Supaya pemberiannya pupuk ini lebih efesien dan efektif maka dosisnya ini yang diberikan pun perlu diperhatikan. Berikut ini pembahasan lengkapnya tentang dosis pupuk bagi tanaman kacang hijau yang perlu kalian perhatikan.

Baca Juga :   Cara Budidaya Pohon Anting Putri Dengan Mudah

Cara Pemberian Pupuk Untuk Tanaman Kacang Hijau

Berikut ini sejumlah cara yang dapat kalian ikuti dan pakai ketika memberikan pupuk supaya tanaman kacang hijau ini pemberiannya lebih tepat dan juga efektif.

  • Membuat lubang yang lubangnya ini ada di tengah tanaman. Empat batang tanaman dari kacang hijau dapat memakai satu lubang maupaun satu kali pemberian pupuk yang sama. Berikanlah pupuk di dalam sejumlah lubang kemudian tutuplah menggunakan tanah. Simak tentang menanam kacang merah pula di artikel lain.
  • Cara pemberian pupuk dalam menanam kacang hijau lainnya yakni dengan membuat larikan kemudian berikan pupuk dan tutuplah menggunakan tanah guna melindungi pemberian pupuk dari hujan serta terik sinar matahari.
  • Sesudah pemupukan kacang hijau ini dijalankan kemudian kalian pun dapat melanjutkan menggunakan proses pengairan tanaman.
    Dosis Pupuk Untuk Tanaman Kacang Hijau
    Berikut ini contoh dari pupuk untuk tanaman kacang hijau yang tepat dan dapat kalian ikuti :
  • Pemupukan di waktu usia tanaman kacang hijau sudah mencapai 15 hari sesudah tanam
    Ketika 15 hari sesudah penanaman kacang hijau ini dijalankan, berikan pupuk urea dan juga pupuk sp guna tanaman kacang hijau. Dosis pupuk urea ini yang diberikan yakni kurang lebih 110 kg pupuk urea untuk 1 hektar lahan tanam kacang hijau. Sementara untuk dosis pupuk sp yang sudah diberikan kurang lebih 140 kg pupuk sp untuk 1 hektar lahan tanam kacang hijau.
  • Pemupukan di waktu usia tanaman kacang hijau 30 hari sesudah tanam
    Ketika usia 30 hari sesudah penanaman kacang hijau, kemudian berikan pupuk urea, pupuk kalium dan pupuk ZA untuk tanaman kacang hijau. Dosisnya dari pupuk urea ini kalian berikan kurang lebih 50 kg pupuk urea dippakai untuk 1 hektar di lahan tanam kacang hijau.
Baca Juga :   Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

Sedangkan untuk dosis dari pupuk ZA ini diberikan yakni kurang lebih 165 kg pupuk ZA yang dipakai untuk 1 hektar lahan tanam kacang hijau. Lalu untuk dosis pupuk kaliumnya yang diberikan yakni kurang lebih 140 kg pupuk kalian yang dipakai untuk 1 hektar lahan anam kacang hijau.

Dosis Pupuk Untuk Tanaman Kacang Hijau

Hasil sebuah penelitian tentang dosis serta komposisi dari pemupukan tepat menurut hasil penelitian baru dkk, diantaranya :

1. Umur panen

Pemakaian pupuk TSP menggunakan konsentrasi 15 g/ tanaman bisa memperbaiki kesuburan dari tanah, jadi bisa mempercepat usia panen tanaman kacang hijau daripada dengan konsentrasi 0g/ tanaman maupaun tanpa pemberian pupuk.

2. Jumlah polong pertanaman

Pemberian pupuk organik yang konsentrasinya 15 ml/ liternya air yang diberikan di tanah tempat menanam kacang hijau jadi bisa membuat keadaan tanah sesuai pertumbuhan kacang hijau jadi tanaman bisa lebih produktif hal ini ditunjukkan pada jumlah polong kacang hijau.

3. Jumlah polong perplot

Untuk meningkatkan jumlah dari pupuk organik cair dalam meningkatkan jumlah polong perplot diberikan pupuk TSP paling baik yakni dengan banyak 30gr/ tanaman.

4. Berat 100 biji

Komposisi penambahan dari pupuk organik cair guna meningkatkan produktifitas kacang hijau dengan berat 100 biji menurut penelitian yang dijalankan tersebut adalah 15 ml/ liter air. Sementara untuk TSP 30 g/ tanaman.

5. Bobot polong pertanaman

Peberian pupuk organik cair paling baik ini guna menghasilkan bobot polong pertanaman tinggi yakni sebesar 15 ml/ liternya.

6. Bobot polong per plot

Pemberian pupuk TSP paling baik untuk meningkatkan bobot polong per plot besarnya 30 g/ tanaman.
Jadi, kesimpulannya dari Dosis pupuk untuk tanaman kacang hijau diatas tadi bahwa pemupukan yang sesuai dosis benar bisa membuat tanaman kacang hijau bisa tumbuh dengan baik. Selain itu juga tanah menjadi lebih subur. Pemberian pupuk organik cair pun dijalankan di semua permukaan tanaman lalu disiramkan hingga ke akarnya tanaman.

Baca Juga :   Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Pemupukan yang tepat bisa meningkatkan produktivitas sebuah komoditas pertanian dalam rangka menghasilkan produk dengan lebih baik dan nilai produksinya yang tinggi. Kacang hijau ini mempunyai urutan ketiga paling penting di indonesia yakni sebagai tanaman pangan legum. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Merawat Tanaman Sukulen Serta Penanaman Terlengkapnya

Cara Penangkaran Pada Budidaya Merpati Kipas