7 Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi Beserta Cirinya

Posted on

7 Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi

Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi – Aglaonema termasuk jenis tanaman hias yang banyak di minati oleh masyarakat saat ini. Selain bentuknya yang menarik, tanaman hias ini pun punya nilai harga yang tinggi sehingga banyak yang ingin membudidayakannya. Jika anda tertarik ingin menanamnya, maka harus dengan perawatan yang rutin. Nah, sebelum anda membudidayakannya, kenali dulu Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi berikut ini.

7 Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi Beserta Cirinya

Tanaman hias Aglaonema sebenarnya ada banyak jenisnya. Meskipun jumlahnya banyak, namun ada cirikhas tertentu yang bisa dilihat dari masing masing jenis. Ciri yang gampang dilihat ialah pada daunnya. Pada daun aglaonema mempunyai warna bercak hijau pada sela-sela daunnya.

Biasanya terdapat beberapa jenis bunga yang dihasilkan dari perkawinan silang aglaonema. Karena keindahan warnanya tersebut, maka bunga ini pun cukup mahal. Dipasaran banyak peminatnya khususnya bagi yang suka berkebun. Dibawah ini jenis jenis Aglaonema bernilai tinggi yang perlu diketahui:

1. Aglaonema Black Lipstick ( Bibit kisaran 80 ribu )

Pada bunga Aglaonema tipe Black Lipstick dengan cirri khas keindahan layaknya aurora di kutub selatan. Ciri khas lainnya terletak dibagian warna sembur merah hijaunya ditambah tekstur daun yang sangat unik. Tipe ini juga cukup populer dikalangan pecinta tanaman hias disebabkan perawatannya yang gampang. Walaupun perawatannya sangat mudah, namun harganya bisa mencapai 170 ribu lebih.

Baca Juga :   Peluang Bisnis, Cara Budidaya Anthurium Yang Menguntungkan

2. Aglaonema All Star Red ( Bibit kissaran 90 ribu )

Nah, pada tanaman Aglaonema tipe All Star Red juga termasuk jenis yang banyak peminatnya di pasaran. Seperti namanya, all star red memiliki cirri khas warna merah dan kehijauan dibagian ujung daun. Karena peminatnya yang banyak membuat jenis ini bernilai tinggi pula.

Karakteristik bunga jenis ini selain mempunyai warna cantik, juga mempunyai ketinggian antara 300 hingga 400 meter. Banyak yang menjadikan tanaman hias ini untuk hiasan di luar rumah. Ini karena tumbuhan tersebut suka dengan pencahayaan yang teduh. Jika anda menanamnya di teras, akan berkesan cerah dan lebih segar di sekitar ruangan tersebut.

3. Aglaonema Bidadari ( Bibit kisaran 100 ribu )

Berikutnya adalah tanaman hias dari varietas hybrid yang berasal dari negara Thailand. Daunnya berbentuk hati yang berwarna pink, kuning, serta hijau. Cirri khas tersebut membuat aglaonema bidadari mudah dikenal sekaligus bernilai tinggi jika dijual.

Jika anda ingin memilikinya, maka anda bisa menaruhnya di tempat yang teduh dan cukup sinar mataharinya. Jenis tanah yang sesuai untuk menanam tumbuhan ini ialah tanah humus. Sedangkan ukuran pot yang di anjurkan ialah berdiameter antara 20 sampai 30 cm.

Lakukan penyiraman Aglaonema Bidadari setiap hari 2 kali sehari. Sedangkan pemupukannya dilakukan satu bulan sekali menggunakan pupuk daun. Dengan perawatan yang rutin,

4. Aglaonema Pride Of Sumatra ( Bibit kisaran 95 ribu )

Selanjutnya adalah Aglaonema Pride of Sumatera yang termasuk kedalam jenis aglaonema hybrida dengan warna merah. Jenis Aglaonema ini telah populer di tahun 1985-1990an. Cirri khas yang dimiliki oleh Pride of Sumatera juga mudah dikenali. Diantaranya berwarna merah kehijauan dan pada punggung daunnya berwarna merah tua.
Itulah sebabnya pride of sumatera banyak digandrungi oleh para pecinta aglaonema.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Penanaman Mawar Cabutan Dan Cara Merawatnya

Sementara itu, warna merah yang di miliki oleh Aglaonema Pride of Sumatera ini ialah hasil turunan dari Aglaonema Rotundum dari aceh. Peminatnya yang banyak membuat bunga ini sangat mahal harganya. Bunga jenis ini bukan termasuk aglaonema hibrida pertama hasil persilangan dari jenis aglaonema.
Antara tahun 1980-an telah banyak muncul persilangan namun hasil persilangan paling banyak dijumpaiketika itu ialah tipe berdaun hijau.

5. Aglaonema Super White ( Bibit kisaran 125 ribu )

Seperti namanya, tanaman hias Aglaonema tipe Super White termasuk aglaonema dengan warna daun kebanyakan berwarna putih ditambah aksen hijau yang terdapat dibagian tepi daun serta tulang daunya. Biasanya jenis ini dimanfaatkan untuk dekorasi indoor disebabkan warnanya yang nyentrik tak sama dengan tipe lainnya.

Sehingga warna tersebut memberi kesan bersih serta lebih segar untuk ruangan yang dihiasi. Karena tanaman ini cukup langka serta memiliki peminat cukup banyak, tak heran harganya pun lebih mahal. Warna putih pada bunga tersebut juga sering digunakan guna melengkapi dekorasi minimalis sehingga memberi kesan futuristik. Namun begitu, tanaman ini dipakai pula untuk eksperimen dengan cara disilangkan dengan tipe lain.

6. Tanaman Aglonema Legacy

Sama halnya dengan jenis aglonema lainnya, tipe legacy juga memiliki harga cukup mahal yakni sekitar 95 ribuan. Cirri khasnya terletak pada warna daunnya yang hijau kekuningan, ditambah adanya bercak hijau gelap tersebar rata pada permukaan daunnya. Sementara bentuk daun ini bulat meruncing dibagian ujungnya. Sementara itu, ciri unik lainnya ialah daun yang dibatasi dengan tulang daun warna merah lembut.

7. Aglonema Claudia

Selanjutnya adalah aglonema Claudia yang memiliki cirri khas permukaan daun warna hijau pucat ataupun hijau kekuning-kuningan. Pada daunnya juga memiliki struktur yang rapi serta tersebar merata dengan komposisi yang sangat teratur.
Asal aglonema Claudia ini dari Thailand. Sedangkan bunga ini biasanya diletakkan di dekat jendela. Untuk menghindari kekeringan atau layu, anda bisa menyiram bunga secara rutin serta pemuukan satu bulan sekali. harga bunga ini sekitar Rp135 ribuan.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Nah, itulah Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi yang bisa di budidayakan sendiri dirumah. Karena harganya cukup mahal, bunga ini juga banyak di cari oleh penggemar tanaman hias.

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Desember Termudah

13 Tanda Dehidrasi pada Kucing yang Perlu di Waspadai