6 Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah Supaya Selalu Merekah

Posted on

Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah

Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah – Bunga lily merupakan salah satu jenis bunga hias yang sangat populer diberbagai Negara, salah satunya di Indonesia. Jenis bunga yang satu ini sering sekali digunakan untuk mempercantik tampilan sebuah buket bunga ataupun dekorasi acara pernikahan. Apalagi bunga ini memiliki kecantikan yang elegan dan bahkan dikarenakan kecantikannya bunga lily tersedia juga dalam bentuk buatan atau plastik. Di Indonesia bunga lily lebih sering disebut sebagai bunga bakung. Bunga lily yang berasal dari family Liliaceaei mempunyai nama latin Lilium regale. Bunga ini berasal dari Negara Eropa akan tetapi juga bisa ditemukan di wilayah Asia.

6 Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah Supaya Selalu Merekah

Jika dilihat dari ciri fisiknya bunga lily memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 180 cm yang dilengkapi dengan batang bunga yang kuat dan kokoh serta ramping. Seperti halnya bunga hias pada umumnya bunga lily juga mempunyai berbagai variasi warna yang beragam, mulai dari warna putih, ungu, kuning, jingga, merah, hingga berwarna kehitaman yang dilengkapi dengan corak bintik-bintik. Habitat dari bunga ini yaitu disekitar pegunungan, hutan, reumputan dan tidak jarang bunga ini ada yang tumbuh di rawa-rawa karena bunga ini bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat ia hidup.

Baca Juga :   Cara Merawat Bunga Mawar 1 Tangkai Supaya Tetap Hidup

Saat ini, hanya sebagian orang saja yang berani untuk menanam bunga lily tersebut. hal ini karena beberapa diantaranya beranggapan bahwa menanam bunga lily adalah sulit. Padahal apabila tanaman tersebut ditanam pada media tanah dengan pH yang seimbang, maka dengan mudah bunga ini dapat tumbuh dengan baik.
Bunga lily berwarna putih memberikan kesan yang elegan dan anggun, sehingga tidak jarang apabila banyak dari masyarakat memakai bunga ini sebagai bunga potong untuk acara pernikahan atau diletakkan didalam pot.

Bunga lily ini juga dapat tumbuh dengan baik dan subur apabila ditanam di daerah dataraan tinggi dengan ketinggian sekitar 1000 – 1200 dpl. Akan tetapi, belum terlalu banyak orang yang mengatahui Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah ketika ditanam di tanah ataupun telah di potong sebagai bunga hias. Untuk itu, berikut uraian mengenai cara merawat bunga lily yang perlu anda ketahui.

Cara Merawat Tanaman Bunga Lily

Apabila anda tertarik untuk menanam bunga lily, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Tentukan lokasi penanaman umbu bunga lily.

Tempat yang baik adalah tempat yang mempunyai drainase serta mendapatkan sinar matahari secukupnya. Apabila anda salah menentukan letak atau lokasi penanaman maka bunga lily dapat terkena jamuran.

2. Tanam Di Media Yang Di Tentukan

Setelah mendapatkan umbi bunga lily anda bisa segera menanamnya dalam lokasi tanam yang telah dipilih. Jika anda belum sempat menanamnya, sebaiknya letakkan umbi bunga ditempat yang gelap dan dingin, missal di dalam lemari es.

3. Buat Galian Sekitar 15 cm

Cara menanam umbi bunga lily cukup mudah, buatlah lubang galian dengan kedalaman 10 – 15 cm dengan lebar yang disesuaikan dengan jumlah umbi bunga lily yang akan ditanam. Buat jarak tanam sekitar 15 cm antar umbi bunga tersebut. setelah umbi dimasukkan pada lubang tanam, taburi pupuk dan tutup kembali dengan tanah sekitar. Kemudian anda dapat menyiramnya agar tanah menjadi lembab.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Geranium Sebagai Pengusir Nyamuk

4. Apabila keadaan suhu diluar menjadi dingin

Anda bisa mnutupinya dengan jerami/mulsa di atas tanah tersebut untuk menghindari bunga lily terkena suhu rendah.

5. Beri Pupuk Secara Teratur

Selanjutnya anda dapat memberikan pupuk dan sirami secara rutin agar tidak kekeringan.

6. Pangkas Bunga Lili

Setelah tanaman bunga lily tumbuh mulai pada musim berbunga, anda bisa memangkas tanaman tersebut sekitar 1/3 batangnya agar tetap terangsang pertumbuhan ditahun-tahun berikutnya.

Cara Merawat Bunga Lily Putih Dalam Pot Sebagai Bunga Hias

Sementara jika anda sebagai penggemar bunga lily dalam pot atau sebagai tanaman hias bunga potong, berikut beberapa Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah serta tetap segar dan tahan lama.

  1. Sebelum mengisi vas dengan air sebaiknya bersihkan terlebih dahulu vas tersebut dengan pemutih. Hal ini bertujuan untuk mematikan bakteri yang ada dalam vas bunga.
  2. Kemudian terlebih dahulu anda diharuskan membuat air yang akan dimasukkan dalam vas. Campurkan air 1 liter dengan 2 tetes detergen pemutih yang berperan untuk membunuh bakteri serta perasan ½ buah jeruk lemon yang berperan untuk menurunkan pH air. Campuran air tersebut dapat membuat bunga lily potong terlihat tetap segar.
  3. Sebelum dimasukkan dalam vas berisi air, terlebih dahulu potong batang bunga lily dengaan bentuk miring sebesar 45 derajat.
  4. Kemudian masukkan bunga lily dan tata sesuai keinginan. Air di dalam vas dapat digantisecara rutin sekitar 3 hingga 4 hari ssekali dan potong bagian bataang yang membusuk sepanjang 1 cm. Semprot bunga dengan air bersih secara rutin setiap hari.
  5. Letakkan bunga lily dalam vas di dalam ruangan yang tidak terlalu dingin atau ruangan yang memakai AC dan jangan meletakkan ditempat yang terkena sinar matahaari langsung karena akan membuat bunga lily cepat layu.
  6. Bunga lily potong dapat bertahan hingga 7 hari lamanya.
Baca Juga :   8 Cara "Paling Mudah" Budidaya Bunga Hydrangea Terlengkap

Itulah beberapa Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah dan Selalu Merekah baik jika ditanam dalam tanah ataupun dijadikan sebagai bunga hias atau bunga potong. Kesan yang ditampilkan oleh bunga lily hias ataupun bunga lily tanam tetap terlihan cantik dan elegan dengan warna putih.

Baca juga:

7 Jenis Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi

Cara Menanam Bunga Desember Termudah