9 Makanan “Penting” Tambahan Untuk Burung Gelatik

Posted on

9 Makanan Tambahan Untuk Burung Gelatik

9 makanan tambahan untuk burung gelatik – burung gelatik merupakan jenis burung peliharaan yang popularitasnya dari tahun ke tahun tidak pernah surut. Burung seperti ini mempunyai paruh yang indah dan tidak hanya disebabkan warna bulunya indah, namun sebab suaranya. Rahasia supaya burung tersebut mau berkicau merdu yakni ada pada pakannya. Nah, berikut ini 9 makanan tambahan untuk burung gelatik.
Sebelumnya perhatikan dulu bagaimana cara merawat burung ini selama pagi dan sore.

9 Makanan Tambahan Untuk Burung Gelatik

Perawatan pagi hari

  • Bawalah burung gelatik di luar rumah selama 30 menit supaya burung gelatik ini memperoleh udara yang segar.
  • Mandikan burungnya dan pastikan semua tubuhnya sudah terbasahi, sebab ini akan membuat burung akan gacor.
  • Ketika burung gelatik sudah dimandikan, maka bersihkan pula kandang pakannya serta gantilah air minumnya. Jangan lupa kalian menyediakan buah dan sayur disekeliling kandang.
  • Sesudah dimandikan, kemudian keringkan buluunya dengan menjemurnya selama setengah sampai 1 jam antara jam 8 pagi hingga 11 siang.
  • Sesudah dijemur kalian gantung sangkarnya disekeliling halaman rumah. Periksa air minumnya kembali sebab ini sedikit menguap akibat paparan matahari.

Perawatan sore hari

  • Di siang sampai sore, putarlah suara master burung ini.
  • Bila dibutuhkan pula, burung ini mandikan lagi ketika sore. Akan tetapi, mandi sore ini perlu dilakukan dengan konsisten.
  • Periksa kembali persediaan air minum dan makanan di dalam sangkar.
  • Tutuplah kandang menggunakan sarung serta masukkan di dalam rumah. Dengarkan master suara sampai pagi menjelang.
Baca Juga :   Cara "Ampuh" Pengendalian Hama Dan Penyakit Ikan Bawal

1. Milet

Milet ini adalah bagian dari makanan tambahan yang perlu diberikan setiap hari bagi burung gelatik. Selain burung gelatik, milet pun disukai oleh sejumlah jenis burung lain, misalnya kenari dan blackthroat. Milet putih sifatnya netral, sementara milet merah fungsinya menjaga kstabilan birahi burung gelatik. Kalian pun dapat memberikan keduanya dengan terpisah maupun dengan mencampurnya.

2. Biji kenari

Biji kenari adalah makanan tambaha andalan guna membuat burung gelatik bisa gacor lebih lama. Manfaat pemberian biji kenari untuk burung gelatik ialah memperbaiki suara burung yang awalnya serak jadi nyaring lagi. Selain tersebut, biji kenari pun manfaatnya bisa menambah stamina, dan menyegarkan tubuh.
Kalian pilih biji kenari yang mulai tua, berikan dengan porsi yang cukup dan sesekali mencampur dengan milet. Makanan satu ini pun dapat pula membuat burung gelatik yang mulanya mogok makan kemudian mau buka paruhnya. Tak hanya burung ini, biji kenari pun sebagai salah satu makanan favorit diberagam jenis burung.

3. Biji oat/ haver

Pemberian biji oat ini khususnya sedang sakit mempunyai banyak manfaat. Kandungan kalori, protein dan karbohidratnya baik sekali untuk tubuh. Biji oat pun membuat burung gelatik tak mengalami stress, perbaikan pertumbuhan bulu, menjaga pencernaan, menghindarkan kulit terhadap iritasi, mencegah kolestrol serta mempercepat pertumbuhan anakan.

4. Jagung manis

Kandungan vitamin C dan B, beta karoten dan crypthoxanthin dalam jagung baik sekali guna meningkatkan kekebalan tubuh, otot burung gelatik. Sebelum kalian berikan untuk burung, maka hancurknlah jagung lebih dulu menggunakan mesin pembersih biji-bijian yang sekaligus dapat membuang kotoran serta bahan yang dapat membahayakan pencernaan burung.

5. Biskuit bayi

Aneka makanan untuk bayi misalnya sereal, bubur dan biskuit bayi bisa kalian berikan menjadi makanan tambahan untuk burung gelatik. Kandungan nutrisinya yang ada di dalam bisa kalian pakai sebagai burung gelatik yang aktif serta dapat rajin dalam berbunyi.
Cara pemberiannya ini pun bervariasi, ada yang saat memebrikan bercampur dengan air hingga dapat jadi bubur atau diberikan dalam bentuk remahan masih renyah.

Baca Juga :   Cara Pemberian, Manfaat dan Informasi tentang Vitamin Burung Gelatik

6. Buah-buahan yang manis

Burung gelatik pun suka dengan buah buahan yang berasa manis sekali. Kandungan gulanya ada yang berasal dari buah tinggi sekali dan bisa memberikan energi lumayan bagi burung gelatik dalam berkegiatannya sepanjang hari.
Keranekaragaman buah yang bisa kalian berikan untuk burung ini agar dapat rajin membunyikan. Mialnya seperti buah mangga, pepaya, pisang dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi, sebelum kalian memberikan, hendaknya buah ini direndam lebih dulu menggunakan air garam.

Hal tersebut dijalankan karena mempunyai tujuan yakni membuang sisa sisa toksin dan sisa pestisida yang ada secara umum menumpuk bila kita belu buah ini dipasar. Sehingga saat sebelum diberikan buah ini perlu ditiriskan lebih dulu.
Tidak hanya itu, sisa air rendaman menempel pada buah ini bisa kalian pakai untuk menambah daya yang dapat dipakai burung sehingga bisa jadi aktif dan rajin berkicau.

7. Nektar dan air gula

Nektar maupun sari bunga adalah cairan yang mempunyai rasa manis seperti gula didalam bunga tumbuhan. Nektar pun bisa diperoleh kedalam wujud serbuk yang terjual dipasaran atau kios burung.
Tak hanya itu, kalian pun bisa membuat nektar buatan dengan mencampurkan air putih dan gula perbandingannya 1:4. Untuk hasil yang maksimal berikan 2 s/d 3 kali nektar dalam seminggu.

8. Polen atau serbuk sari

Polen pun asalnya dari tumbuhan dan bunga. Makanan ini wujudnya serbuk atau tepung. Polen dinamai superfoof karena mempunyai kandungan gizi tinggi. Secara umum polen diberikan dengan mencampurkan pakan bijian atau tempat cepuk pakan memisah.

9. Sayuran segar

Sayuran mempunyai banyak manfaat guna menjaga kondisi tubuh burung gelantik supaya tak gampang terserang penyakit.

Baca Juga :   5 Cara "Sukses" Ternak Prenjak Kepala Merah Untuk Pemula

Itulah tadi informasi mengenai 9 makanan tambahan untuk burung gelatik. Burung ini mempunyai kicau yang merdu dan bulu yang indah. Namun keindahan dan kemerduan tersebut harus diimbangi dengan makanan tambahan yang baik bagi perkembangannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

10 Cara “Termudah” Mengatasi Mental Ayam Muda

Cara Budidaya Daun Binahong Di Halaman Rumah