13 Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora dan Cara Mengatasinya

Posted on

13 Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora

13 penyebab jamur pada kucing– jamur merupakan penyakit kucing anggora yang bisa menularkan ke kucing lainnya dengan resiko kematian. Karena itu perlu kalian ketahui mengenai 13 penyebab jamur pada kucing berikut ini. Setelah diketahui penyebabnya, baru kita tahu langkah dan cara mengatasinya agar tidak menyebar dan menular ke yang lainya.

Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora dan Cara Mengatasinya

1. Lingkungan

Penyebab jamur kucing anggora ini sebab lingkungannya yaitu kebersihan lingkungan yang mana kucing ini berada. Mulai kandangnya dan sekelilingnya. Kucing anggora perlu ditempatkan pada kandang bersih dan kandang ini pun perlu diletakkan pada tempat bersih yaitu tempat kering, sering bersih serta terhindar terhadap kelembaban.

2. Kebersihan tubuh

Kal kedua ini yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tubuh kucing sendiri, kucing anggora perlu rutin dimandikan dan bulunya ini pasti kondisi kering. Kucing anggora pun perlu dihindarkan terhadap area yang mempunyai banyak debu maupun area berai dan lembab jadi bulunya kondisi kering dan bersih.

3. Pergaulan

Jamur yang dialami kulit kucing anggora selain dikarenakan lingkungan dan kebersihan tubuhnya bisa pula dikareanakan tertular pada kucing anggora lain. Karena itu, kucing anggora perlu diawasi pergaulannya, dan pastikan tidak berdekatan dan bergaul dengan kucing yang liar tak terjaga kebersihannya.

Baca Juga :   Jenis Lahan Budidaya Kacang Tanah

4. Produk shampo

Kucing anggora pun harus memperoleh produk perawatan kulit cocok, yakni contohnya yang kerap dipakai samponya ini khusus untuk kucing anggora dan pastinya dalam memandikan ini tidak mengakibatkan kulitnya bermasalah. Sampo ini harus yang nyaman dan jangan berganti ganti bila sudah cocok dengan salah satu produknya.

5. Cuaca

Cuaca pun bisa mengakibatkan jamur kucing, yakni cuaca terlalu dingin, terlalu lembab dan terlalu panas. Karena ituah kenapa anggora perlu diletakkan di cuaca yang kering dan tak terlalu panas maupun dingin. Cuaca lembab ini pun perlu dihindarkan untuk kucing anggora supaya kulitnya terhindar dari jamur dan kotoran.

6. Alergi

Kucing anggora dalam kodisi lingkungan atau jenis produk yang dipakai tak cocok bisa terjadi alergi, misalnya seperti kucing anggora yang diberikan produk perawatan manusia, kerap kali malah tidak cocok sampai mengakibatkan penyakit jamur kulit, sehhingga kucing anggora ini perlu diberikan semua jenis produk perawatan makanan khusus kucing.

7. Kekurangan gizi

Penyebab lain kucing ini selain faktor luar juga faktor dalamnya tubuh, yakni adanya kurangnya gizi kucing jadi mengakibatkan kulit cepat terinfeksi beragam penyakit serta daya tahan tubuhnya ini menjadi berkurang, kucing anggora pun jadi lemah dan gampang terkena jamur.

8. Kualitas makanan

Untuk makanan yang sudah diberikan kucing anggora pun akan mempengaruhi kesehatannya, ada beragam jenis makana tak sehat maupun kurang bagus kualitasnya jadi mengakibatkan tubuh kucing anggora akan kenar alergi serta menolak makanan itu. Hasilnya ini jadi alergi dan jamur pada makanannya.

9. Cara memandikan

Kucing anggora ini perlu dimandikan dengan membersihkan secara benar, yaitu mulai sampo diberikan khusus untuk kucing anggora secara bersih di semua kulit dan bulunya sampai kotorannya sudah terangkat dan kucing dikeringkan sampai tubuhnya benar bebas terhadap air dan kelembaban.

Baca Juga :   13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek

Mandikanlah Kucing ini dengan rutin supaya kulitnya terhindar dari jamur, lebih baik anggora dijemur langsung bawah sinar matahari pagi sesudah selesai mandikannya jadi tubuhnya ini bersih dan kering sempurna dan kulitnya terhindar terhadap kelembaban dan sisa air.

10. Kekurangan sinar matahari

Sinar matahari pagi sehat dan hangat mempunyai kandungan vitamin D alami yaitu dengan langsung bisa membunuh bakteri kulit kucing serta mencegah beragam jenis penyakit. Kucing anggora perlu dijalankan penjemuran dengan langsung dibawah sinar matahari pagi antara jam 7 sampai jam 9 untuk memperoleh asupan sinar matahari pagi hangat dan sehat.

Bila kucing anggora secara rutin memperoleh asupan sinar matahari pagi, maka tubuhnya akan terasa bugar segar. Ia mempunyai kulit sehat dan terhindar beragam penyakit kulit misalnya jamur. Kulitnya bebas terhadap kelembaban dan dengan alami kuman maupun bakteri bisa mati sebab terkena sinar matahari sehat.

11. Daya tahan tubuh

Daya tahan tubuhnya kucing ini lemah bisa memudahkan jamur menghampiri kulitnya yang disebabkan tak dapat bertahan lumayan lama adaptasinya terhadap cuaca. Sehingga menjadi lebih mudah terserang penyakit dan sulit mencapai kesembuhan sebab tak mempunyai bekas kesehatan cukup.

12. Riwayat penyakit

Penyakit dapat diturunkan untuk anaknya keturunan, termasuk pula untuk kucing anggora, kucing ini mempunyai riwayat keturunan daya tahan tubuh yang lemah sehingga wajib untuk diperhatikan nutrisi dna vitaminnya yaitu memperoleh semua perawatan paling bik jadi penyakit tak mudah menyerang dan menjadi penguat daya tahan tubuh.

13. Bahan kimia khusus

Penyebab jamur kucing anggora ini diebabkan bahan kimia khusus misalnya produk manusia terhirup kucing dan terkena bulunya misalnya bedak manusia yang dapat mengakibatkan penumpukan kulit kucing dan mengakibatkan jamur, karena itulah produk kulit kucing harus khsusus dan jangan disamakan dengan kepunyaan manusia.

Baca Juga :   44 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman Kacang Hijau

Karena, kucing dan manusia mempunyai kekuatan tubuh berbeda dan mempunyai jenis kulit yang beda. Jadi bila diberikan produk sama bisa menimbulkan reaksi berbeda dan saat mengalami ketidakcocokan bahan kimia ini yang tak dapat terurai di kulit bisa mengakibatkan jamur maupaun penyakit lainnya.

Demikianlah artikel ini tentang 13 penyebab jamur pada kucing, kususnya untuk anggora. Semoga menjadi wawasan tentang perawatan dan kesehatan hewan yang bisa memberikan dampak manfaat baik. Kucing anggora ini memang harus mendapatkan perawatan yang lebih detail, sebab tubuhnya berbeda dengan jenis kucing biasa. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Baca juga:

9 Makanan Tambahan Untuk Burung Gelatik

10 Cara “Termudah” Mengatasi Mental Ayam Muda