Anjing Mini Pom : Ciri – Ciri Dan Variasi Jenisnya Terlengkap

Posted on

Anjing Mini Pom : Ciri – Ciri Dan Variasi Jenisnya Terlengkap

ANJING MINI POM : Ciri – Ciri Dan Variasi Jenisnya Terlengkap – Sebagai hewan yang mempunyai sifat jinak dan penyayang, anjing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Hewan peliharaan merupakan hewan yang dirawat dan dibesarkan oleh seseorang di rumahnya. Salah satu jenis anjing yang banyak disukai oleh semua orang adalah anjing mini pom atau bisa dinamakan anjing Pomeranian.

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian merupakan salah satu jenis anjing dengan ras anjing Spitz atau berbulu tebal dan panjang dengan telinga sedikit kecil dan tegak. Anjing ini berasal dari Jerman. Pada artikel kali ini akan diulas secara rinci tentang ANJING MINI POM : Ciri – Ciri Dan Variasi Jenisnya Terlengkap. Berikut simak penjelasan di bawah ini :

CIRI – CIRI ANJING MINI POM

Ciri-ciri anjing Mini Pom dibedakan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan bagian tubuhnya, yaitu meliputi:

1. Ukuran Tubuh

Anjing Mini Pom memiliki berat ideal sekitar 3 sampai 7 pon atau sekitar 1,4 sampai 3.2 kg. Untuk Mini Pom yang dijadikan sebagai anjing show memiliki berat sekitar 1.8 sampai 2.7 kg. Ukuran tulangnya sedang dan panjang, kakinya proposional.

Baca Juga :   20 Cara Mudah Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

2. Bentuk Kepala

Anjing Pomeranian mempunyai kepala yang seimbang dengan badanya. Moncongnya pendek, lurus, bibir tidak terlalu tipis dan temperamennya tidak agresif. Anjing ini mempunyai ekspresi waspada dan terlihat seperti serigala. Tengkoraknya tertutup dan pada bagian atasnya sedikit lebih bulat dan berbentuk kubah. Kupingnya kecil dan tegak.

3. Bentuk Mata

Pada bola matanya berwarna hitam, berukuran sedang dan bentuknya seperti kacang almond. Letaknya di dalam tengkorak di kedua sisi dari stop. Warna pigmen hidung dan juga matanya hitam.

4. Bentuk Gigi

Anjing Mini Pom mempunyai gigi seperti gigitan gunting. Giginya kadang ada yang keluar dari barisan, namun masih bisa diterima atau bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan.

5. Bentuk Leher

Leher pada anjing Pomeranian pendek dan terletak di dalam bahu dengan baik. Leher tersebut dapat mendongak kepala sehingga terlihat tinggi. Bagian belakangnya pendek dan tulang belakangnya lurus. Tulang iganya terletak dengan brisket menyentuk sikunya. Ekornya indah dan terletak lurus dengan badan yang kecil.

6. Forequarters

Pada bagian depan anjing, dari mulai bahu hingga kaki mempunyai bahu layback yang cukup untuk mengongak. Bahu dak kaki Pomeranian agak berotot dan panjang tulang bahu dengan lengan bagian atas sama. Kaki bagian depan lurus dan paralel satu sama lain. Tinggi dari siku ke withes sama dengan tinggi dari tanah ke siku. Kakinya kuat dan lurus, kecil dan padat.

7. Hindquarters

Ciri untuk bagian belakang Pomeranian dari bahu hingga kaki yaitu seimbang dengan forequaters. Pantatnya tersembunyi dengan baik di bagian belakang ekornya. Pahanya berotot dengan lutut yang lentur. Pergelangan kaki Pomeranian lurus dengan tanah dan kakinya paralel satu sama lain. Kakinya kecil, padat dan tidak bengkok.

Baca Juga :   15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

8. Gerakan

Anjing Pomeranian mempunyai gerakan yang mulus, bebas, seimbang dan penuh semangat. Anjing ini mempunyai jangkauan yang baik di bagian depan tubuhnya. Gerakanya kuat di bagian belakangnya. Kaki bagian belakang bergerak segaris dengan kaki bagian depan. Tulang belakangnya seimbang dengan gerakanya.

9. Bulu

Anjing Pomeranian mempunyai bulu tebal dan halus. Bulu bagian luarnya lurus, panjang dan bertekstur sedikit kasar. Bulu bagian dalamnya menahan dan memberikan kemudahan untuk menjaga bulu tetap berdiri dan mengembang dengan indah. Bulu Pomeranian lebat pada bagian lehernya. Pada bagian bahu dan dada bulunya membentuk jumbaian yang melewati dada dan bahu. Pada bagian kepala dan kaki, bulunya tersusun sangat ketat dan lebih pendek. Pada bagian tubuh, paha dan kaki bulunya sangat indah dan halus. Dan pada bagian ekor, bulunya oanjang, kasar dan menyebar dengan baik.

10. Warna

Anjing jenis Mini Pom mempunyai warna yang bervariasi. Warna bulu anjing ini bisa emas, mera, orange, putih, coklat, coklat muda dan sebagainya. Bahkan mempunyai warna campuran seperti totol-totol atau garis-garis. Biasanya warna tersebut menyebar ke bagian bulu anjing sehingga tampak sangat lucu dan menggemaskan.

VARIASI JENIS ANJING MINI POM

Anjing Pomeranian mempunyai beberapa jenis tergantung pengelompokanya. Jenis anjing ini dikategorikan berdasarkan banyak hal, termasuk bentuk tubuh, bentuk bulu, warna dan sebagainya.
Jenis anjing Pomeranian adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Gendernya

Anjing jenis Pomeranian mempunyai dua jenis berdasarkan gendernya yaitu anjing Pomeranian jantan dan anjing Pomeranian betina. Sama seperti anjing lainya jantan dan betina tersebut akan menghasilkan anak anjing untuk mempertahankan keturunanya atau spesiesnya.

2. Berdasarkan Warna Bulu

Anjing Pomeranian mempunyai warna bulu yang beragam. Mulai dari anjing Pomeranian warna putih, warna coklat, warna merah, warna emas, warna krem, warna orange bahkan warna kombinasi seperti garis-garis dan totol-totol hitam.

Baca Juga :   Cara Membuat Pakan Alternatif Untuk Ternak Belut

3. Berdasarkan Beratnya

Berat untuk anjing Pomeranian peliharaan dan anjing Pomeranian untuk show adalah berbeda. Anjing Pomeranian peliharaan beratnya sekitar 1.4 sampai 3.2 kg, dan Pomeranian untuk show beratnya sekitar 1.8 sampai 2.7 kg.

4. Berdasarkan Geraknya

Anjing Pomeranian dapat dibedakan berdasarkan gerak atau keaktifanya. Terdapat Pomeranian yang lincah, berani, protektif, dan loyal. Ada juga yang masih belajar untuk mengenali lingkunganya atau pemiliknya.

5. Berdasarkan Ekornya

Anjing Pomeranian mempunyai ekor yang berbeda. Terdapat anjing dengan ekor yang tegak dan berbulu. Terdapat juga Pomeranian dengan ekor panjang dan berbulu. Ekor anjing Pomeranian ini seimbang dengan bentuk tubuhnya yang mungil dan kecil.

Sekian ulasan dari artikel kali ini mengenai ANJING MINI POM : Ciri – Ciri Dan Variasi Jenisnya Terlengkap, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga:

7 Cara Panen Kroto Agar Tidak Digigit

9 Cara Agar Bunga Asoka Cepat Berbunga Dan Selalu Subur