Cara Menanam Pohon Maple Dirumah Paling Mudah

Posted on

Cara Menanam Pohon Maple Dirumah Paling Mudah

Cara menanam pohon maple – bila kalian pecinta drama maupun film korea bahkan luar negri, maka tentu tidak asing dari salah satu tanaman yang kerao ikut disyuting yakni pohon mapel. Akan tetapi, bagi kalian yang belum mengenal tentang pohon ini maka disini akan kami bahas secara tuntas dan detai mengenai pohon mapel dan cara menanam pohon maple.

Cara Menanam Pohon Mapel Dirumah paling mudah

Karakteristik Pohon Maple

Pohon mapel kerap dikenal dengan nama acer saccharum yakni bagian dari tumbuhan yang hidupnya pada daerah negara 4 musim, seperti amerika utara, dan kanada. Apalagi di kanada ini menjadi pohon nasional sebab bentuk daunnya jadi lambang bendera kebangsaan.
Bagaimana ya bentuknya serta morfologi pada pohon mapel? Bila penasaran maka berikut ini lengkapnya mengenai pohon mapel.

Pohon mapel mempunyai daun indah nan unik. Di setiap helai daun mapel mempynyai 5 sisi lancip. Warnanya bisa berubah sesuai perubahan musim. Variasinya ini diantaraya orange, kuning, serta merah. Mitosnya, di korea ini jatuhnya daun mapel pada musim gugur saat bersama pasangan maka akan menjadi lambang hubungan yang awet. Sementara getahnya pohon mapel akan diambil ketika bulan april dan maret. Pohon ini pun bisa mempunyai buah bersayap dengan nama samara.

Baca Juga :   2 Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula

Sesudah kalian faham dan juga mengerti akan bentuk pohon mapel, maka pastinya kalian sudah bisa membayangkan ya.. nah saking indah nan bermanfaatnya pohon ini maka tak heran bila banyak orang yang berminat guna menanamnya termasuk juga di indonesia. Akan tetapi, bagaimana si hal ini terjadi, mengingat bahwa pohon mapel ini secara umum tumbuh pada daerah sub tropis?

Hal ini dapat terjadi begitu saja asal dalam memperlakukannya ini dapat menyesuaikan dengan lingkungan dari habitat aslinya. Kalian harus tahu bahwa bila pohon mapel mempunyai spesies yang banyak serta menyebar di semua daerah. Lebih uniknya lagi cara perkembangbiakannya ini pun menyesuaikan jenis spesiesnya. Sehingga, jangan sembarangan dalam menanam ya kawan. Teknik yang salah pun hanya akan mengakibatkan fatal serta gagal tumbuh.

Berdasarkan pakar profesional, pohon ini sulit sekali dikembangbiakkan. Khususnya teknik menyebarkan benih di musim semi maupun awal musim panas. Apalagi profesional juga memberikan persentase keberhasilan perkecambahan di pohon mapel hanya sekitar 20 higga 50 persen aja. Memang perlu tau dulu spesiesnya yang akan ditanam sebelum mengembangbiakkan, namun alternatif cara yang dapat dijalankan ialah dapat memakai metode stratifikasi yang dingin.

Metode Stratifikasi Dingin

Memang dalam tipe tanaman yang Cuma hidup didaerah khusus harus ada tips dan trik guna menanamnya agar berhasil. Sama seperti dengan menanam pohon kurma di indoesia serta cara menanam bunga lee yew. Begitu juga cara menanam pepaya california atau cara menanam jambu mete yang ada di rumah. Selain tau cara menanamnya, kalian harus faham bagaimana cara memelihara tanaman supaya bisa tumbuh secara subur sesudah ditanam sehingga bisa bertahan hidup.

Cara Menanam Pohon Maple

Simak cara menanam pohon mapel menggunakan metode stratifikasi ini :

Baca Juga :   Cara Menanam Padi dengan Ember yang Benar [ 100% WORK]

1.Tahap Perkecambahan

Metode stratifikasi dingin dalam menanam pohon mapel cocoknya guna sebagain besar benih mapel mulai mapel gula, mapel daun lebar, mapel jepang, hingga sejumlah jenis mapel merah dorman di musim dingin serta dapat berkecambah saat suhu mulai hangat. Pada tahap tersebut, kadang hal ini sudah mulai menjalankan metode perkecambaan kurang lebih 90 hingga 120 hari saat sebelum datang embun beku hingga akirnya musim dingin.

2.Tahap Mulai Terbentuk Di Media Plastik

Cara yang kedua yakni mulai membentuk media tumbuh dalam plastik. Istilah ini menggunakan satu genggam gambut, vermikulit dna kertas pengecambah. Pastikan pula plastiknya ini dapat dibuka tutup serta bahannya steril agar terbebas dari jamur. Upayakan ukuran plastik sama dengan kemasan ringan maupun tak terlalu besar. Harus kalian tahu bila benih mapel merah tak terlalu senang dengan suasana asam, maka dapat memlihin vermikulit basa maupun netral.

3. Tambahkan Air Secukupnya

Tahap kemudian yakni menambahan sedikit air dalam media tumbuh agar lembab. Maksudnya ialah jangan terlalu memberikan air banyak hingga media tumbuhnya ini bila diremas bisa mengeluarkan air.

4. Berikan Sedikit Fungsida

Bila perlu maka tambahkan juga sedikit fungisida. Fungsi dari fungisida ialah guna mencegah serangan dari jamur. Berikanlah bahan tersebut dikit saja sebab bila terlalu banyak hanya akan dapat merusak tanaman. Akan tetapi bila tak ingin, maka kalian dapat melakukannya alternatif lain misalnya membasuh benih itu di dalam larutan pemutih yang di buat dengan sangat encer.

5. Tutuplah Plastik Setelah Di Masukkan Benih

Tutup plastik setelah dimasukkan benih. Paling tidak, kalian masukkan 20 hingga 30 benih dalam kantong plastik. Lebih dulu nanti kalian gulung kantong plastiknya itu guna mengeluarkan udara kemudian tutuplah kembali.

Baca Juga :   6 Cara Budidaya Padi Hibrida Agar Panen Melimpah

6. Simpan Benih dalam Kulkas

Tahap berikutnya yakni simpan benih itu di dalam lemari es. Itulah penerapan pada stratifikasi dingin pada benih. Tujuannya guna memicu perkecambahan. Pada sejumlah spesies pohon mapel, suhu idealnya ialah 1 hingga 5 derajat celsius. Untuk lebih detailnya, maka konfirmasi ketepatan suhu lemari es menggunakan termometer. Untuk benih mapel boxelder serta norwegia lebih baik kalian tempatkan dalam suhu 5 derajat celsius sementara guna benih mapel lain lagi yang tak terlalu sensitif.

Nah, mungkin itu saja cara menanam pohon maple yang dapat kalian jadikan pedoman dirumah. Metode diatas ini memang membutuhkan ketatenan, jadi pastikan kalian sabar dan mencoba metode diatas tadi di sejumlah kantong plastik agar kemungkinan bisa berhasil tumbuh dengan besar ya sobat. Selamat mencoba.

Baca juga: